Perencanaan Berbasis Data Berkaitan dengan Hasil Rapor Mutu Pendidikan Tahun 2022
Perencanaan Berbasis Data
Apa itu Perencanaan Berbasis Data?
Perencanaan Berbasis Data adalah perencanaan yang dilakukan oleh satuan pendidikan, program pendidikan, lembaga pendidikan, maupun pemerintah daerah yang didasarkan pada data Rapor Pendidikan. Perencanan berbasid data bertujuan untuk mencapai peningkatan dan perbaikan mutu pendidikan yang berkesinambungan.
Bagaimana penerapan Perencanaan Berbasis Data bagi satuan pendidikan/dinas pendidikan?
Satuan pendidikan dan pemerintah daerah dapat melakukan refleksi diri dengan menganalisis data dalam Rapor Pendidikan, mengidentifikasi akar masalah, dan menyusun rencana kegiatan dalam RKAS atau RKPD untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Apa hubungan Perencanaan Berbasis Data dengan Rapor Pendidikan?
Data yang digunakan dalam Perencanaan Berbasis Data berasal dari data Rapor Pendidikan.
Apa tujuan dari Perencanaan Berbasis Data?
Perencanaan Berbasis Data bertujuan memberikan perbaikan pembelanjaan anggaran yang efektif dan akuntabel sesuai dengan kebutuhan dinas maupun satuan pendidikan.
Apa yang perlu diketahui oleh satuan atau dinas pendidikan terkait dengan Perencanaan Berbasis Data?
Dalam konteks PBD, satuan pendidikan dan dinas pendidikan daerah dapat melakukan transformasi pendidikan dalam kerangka Merdeka Belajar dan melakukan perencanaan menggunakan data dari Rapor Pendidikan.
Terdapat 4 modul utama yang dapat menjelaskan secara rinci dan detail mengenai Perencanaan Berbasis Data:
Transformasi satuan pendidikan dan pendidikan daerah dalam kerangka Merdeka Belajar,
Rapor Pendidikan sebagai sumber utama dalam Perencanaan Berbasis Data,
Mekanisme perencanaan di satuan pendidikan,
Mekanisme perencanaan di dinas pendidikan daerah.
Apa saja tahapan dalam Perencanaan Berbasis Data?
Jika dibandingkan dengan perencanaan tanpa basis data yang memberikan hasil yang belum sesuai, Perencanaan Berbasis Data memiliki urgensi agar satuan pendidikan dan dinas pendidikan dapat melaksanakan program dan pengadaan yang tepat sasaran, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.
Umumnya terdapat 6 tahapan dari perencanaan yaitu:
Mengakses data dari platform rapor pendidikan,
Mengidentifikasi masalah dari capaian rapor pendidikan,
Menganalisis data untuk mencari akar masalah,
Merumuskan kegiatan sebagai intervensi untuk menyelesaikan masalah,
Menetapkan target capaian untuk kegiatan yang diintervensi,
Memasukkan kegiatan dalam dokumen perencanaan
Posting Komentar