IKLAN HEADER

SUSIRAHAYU.BLOGSPOT.COM- Materi dan soal latihan Prakarya kelas 9 SMP " Wawasan Kelistrikan".A. Wawasan Kelistrikan
Listrik merupakan teknologi mutakhir yang ditemukan oleh manusia. Dengan adanya listrik jarak dan waktu menjadi terasa dekat. Listrik menjangkau semua lapisan masyarakat, baik di kota maupun di desa. Meskipun demikian masih banyak daerah di Indonesia yang belum terjamah oleh listrik. Hal ini karena masyarakatnya masih mempertahankan tradisi nenek moyang sebagai contoh; suku badui dalam, suku kampong naga.

Dalam aktivitas sehari-hari kita tidak mudah lepas dari benda-benda elektronik yang digerakkan oleh listrik. Misalnya penggunaan handphone untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Handphone menggunakan baterai sebagai sumber listrik. Bila baterai listrik dayanya habis maka perlu adanya tindakan mengisi ulang daya listrik pada baterai handphone. Dibutuhkan sumber listrik untuk memperlancar dan membantu aktivitas manusia menjadi lebih mudah.

1. Pengertian Kelistrikan
Kelistrikan adalah sifat benda yang muncul dari adanya muatan listrik. Terdapat dua jenis muatan listrik yaitu: muatan listrik positif dan muatan listrik negatif. Suatu benda bermuatan negatif jika kelebihan elektron dan bermuatan listrik positif bila kekurangan elektron. Muatan listrik positif mengalir dari titik potensial tinggi ke titik potensial yang lebih rendah. 
Aliran ini disebut arah arus listrik konvensional. Akan tetapi sebenarnya muatan listrik yang bergerak didalam konduktor bukanlah muatan listrik positif , tetapi muatan listrik negatif (elektron) dana rah aliran elektron berlawanan dengan arah aliran muatan positif.
2. Jenis dan Manfaat 
Arus listrik adalah mengalirnya elektron secara kontinyu pada konduktor akibat perbedaan jumlah elektron pada beberapa lokasi yang jumlahnya tidak sama. Ada 2 jenis arus listrik yaitu:
  • Arus listrik searah atau DC ( Direct Current) adalah arus listrik yang arahnya tetap.
  • Arus listrik bolak-balik atau AC ( Alternating Current) adalah arus listrik yang besar dan arahnya berubah-ubah.
Satuan internasional arus listrik adalah Ampere (A). Satuan Ampere adalah arus konstan yang bila dipertahankan menghasilkan gaya 2 x 10-7 newton/meter diantara dua penghantar lurus sejajar dengan luas penampang yang diabaikan, berjarak 1 meter satu sama lain dengan ruang hampa udara.
Listrik menghasilkan medan elektromagnetik yang dilakukan ke muatan lainnya. Listrik muncul akibat adanya beberapa tipe fisika:
  1. Muatan listrik: sifat beberapa partikel subatomik yang menentukan interaksi elektromagnetik. Subtansi yang bermuatan listrik menghasilkan dan dipengaruhi oleh medan elektromagnetik.
  2. Medan Listrik: tipe medan elektromagnetik sederhana yang dihasilkan oleh muatan listrik ketika diam. Medan listrik menghasilkan gaya ke muatan lainnya.
  3. Potensial Listrik: kapasitas medan listrik untuk melakukan kerja pada sebuah muatan, listrik biasanya diukur dalam volt.
  4. Arus Listrik: Perpindahan atau aliran partikel bermuatan listrik biasanya diukur dalam ampere.
  5. Elektromagnet: Muatan perpindahan menghasilkan medan magnet. Arus listrik menghasilkan medan magnet dan perubahan medan magnet menghasilkan listrik.
Dengan adanya sumber listrik maka penerangan akan didapatkan. Penerangan seperti lampu membutuhkan arus listrik agar bisa menyala. Fungsi lain dari arus listrik adalah sebagai sumber listrik. 

Pada bidang teknik elektro listrik digunakan untuk menghidupkan peralatan eletronik yang berhubungan dengan sirkuit listrik yang melibatkan komponen listrik aktif seperti tabung vacuum, transistor, diode, dan sirkuit integrase.

Fleksibilitas listrik yang sangat beragam menjadikan penggunaannya yang hampir tidak terbatas seperti: transportasi, pemanasan, penerangan, telekomunikasi dan komputasi.

Pembangkit listrik adalah suatu alat yang dapat membangkitkan dan memproduksi tegangan  listrik dengan cara mengubah suatu energi tertentu menjadi energi listrik. Berikut ini adalah contoh jenis pembangkit listrik:
  1. PLTA( pembangkit listrik tenaga air). Pembangkit listrik tenaga air adalah pembangkit yang mengandalkan energi potensial dan kinetik dari air untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit ini biasanya disebut sebagai hidroelektrik. Hidroelektrik termasuk sumber energi terbaharui. Bentuk utama pembangkit jenis ini adalah generator yang dihubungkan ke turbin yang digerakkan oleh tenaga kinetik dari air. Contohnya PLTA Bakaru Sulawesi Selatan, PLTA Sigura-gura Sumatera Utara, PLTA Saguling Jawa Barat.
  2. PLTU (Pembangkit listrik tenaga uap). Pada PLTU, uap ditampung dan disalurkan untuk memutar turbin uap. Energi mekanis dari putaran turbin diubah menjadi energi listrik oleh generator. Contoh PLTU: PLTU Semarang, Jawa Tengah; PLTU Suralaya Cilegon, Banten.
  3. PLTN (Pembangkit listrik tenaga nuklir) Pembangkit ini menggunakan uap yang dihasilkan oleh reactor nuklir untuk memutar turbin uap. Dari turbin inilah energi mekanis dirubah menjadi energi listrik. Contoh PLTN di Jepang dan Obninks di Uni Soviet.
  4. PLTB( Pembangkit listrik tenaga batubara). Pembangkit ini menggunakan bahan bakar fosil berupa batubara untuk mendidihkan air agar menghasilkan uap. Uap yang dihasilkan digunakan untuk menggerakan turbin. Gerakan turbin uap/gas kemudian menghasilkan energi listrik. Contohnya PLTB Bukit Asam, Sumatera Utara.
  5. PLTS (Pembangkit listrik tenaga surya), Pembangkit ini menggunakan cahaya matahari sebagai bahan utama. Energi dari cahaya matahari dapat dirubah langsung menjadi energi listrik. melalui bantuan solarcell agar energi listrik yang di hasilkan dapat digunakan perlu disimpan pada baterai 
  6. Pembangkit listrik Tenaga Angin. Hembusan angina untuk memutarkan baling-baling kemudian putaran tersebut digunakan memutar generator. Dari generator ini energi mekanik dirubah menjadi energi listrik.
Soal latihan wawasan kelistrikan
1. Suku di Indonesia yang tidak menggunakan listrik dikarenakan mempertahankan tradisi nenek moyang adalah….
a. Jawa
b. Melayu
c. Madura
d. Budi Dalam

2. Ada berapa jeniskah muatan listrik ….
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

3. Aliran listrik positif mengalir dari titik potensial tinggi ke  ….
a. Kecil 
b. Besar
c. Rendah
d. Sedikit

4. Ada berapa jeniskah arus listrik ….
a. 5
b. 4
c. 3
d. 2

5. Satuan internasional untuk arus listrik adalah  adalah….
a. Joule
b. Newton
c. Ampere
d. Volt

6. Kapasitas medan listrik untuk melakukan kerja pada sebuah muatan, listrik biasanya diukur dalam volt adalah pengertian dari ….
a. Muatan Listrik
b. Arus Listrik
c. Potensial Listrik
d. Medan Listrik

7. Tipe medan elektromagnetik sederhana yang dihasilkan oleh muatan listrik ketika diam  adalah….
a. Muatan Listrik
b. Arus Listrik
c. Potensial Listrik
d. Medan Listrik

8. Fungsi lain dari arus listrik adalah….
a. Sumber energi
b. Cadangan energi
c. Energi alternatif
d. Energi pengganti

9. Pembangkit listrik yang memanfatkan cahaya matahari serta menggunakan bantuan solarcell agar energi listrik yang di hasilkan dapat digunakan perlu disimpan pada baterai adalah….
a. PLTA
b. PLTU
c. PLTS
d. PLTN

10. Dua negara di bawah ini yang menggunakan pembangkit listrik tenaga nuklir adalah  adalah….
a. Jepang dan korea
b. Uni Soviet dan Jerman
c. Jepang dan India
d. Uni Soviet dan Jepang

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL