IKLAN HEADER

SUSIRAHAYU99.BLOGSPOT.COM- Materi SBK kelas 7 ini berkaitan dengan menyanyi dengan suara satu. Menyanyi merupakan aktivitas yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Menyanyi jenis ini sering disebut dengan menyanyi perseorangan. Menyanyi secara unisono tidak dapat dilakukan seorang diri, tetapi dilakukan oleh sekumpulan orang dengan satu suara. Saat menyanyi unisono dibutuhkan kerja sama dan saling peduli sehingga suara yang ditimbulkan menjadi harmoni.
MATERI SBK KELAS 7 " MENYANYI DENGAN SATU SUARA"


A. Bernyanyi Secara Unisono

Warisan budaya Indonesia beraneka ragam. Lagu-lagu daerah merupakan kekayaan dan warisan budaya Indonesia. Warisan budaya Indonesia dikelompokkan menjadi warisan alam, cagar alam atau situs, dan karya tidak benda. Warisan budaya yang telah diakui dunia (UNESCO) antara lain Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Leuser di Aceh, Candi Borobudur dan Prambanan, Situs manusia purba di Sangiran, wayang kulit, keris, batik, angklung, subak di Bali, noken dari Papua, dan tari Saman dari Aceh.

Bernyanyi unisono adalah bernyanyi satu suara seperti menyanyikan melodi suatu lagu. Partitur lagu bernyanyi unisono hanya melodi pokoknya saja. Lagu daerah yang merupakan warisan budaya dapat dinyanyikan secara unisono. Mari kita praktikkan lagu daerah berikut secara unisono.

Do= G
1) Anging Mamiri

2) Bolelebo


3) Bungong Jeumpa

B. Teknik Vokal dan Organ Suara Manusia

1. Teknik Vokal

Pada acara pencarian bakat di televisi istilah-istilah dalam teknik vokal sering kita dengar dari komentar dewan juri. Istilah-istilah itu antara lain: kejelasan ucapan, kebenaran pemenggalan ucapan pada kalimat lagu (frasering), sikap dalam bernyanyi, dan kemampuan menyanyikan nada tinggi dan rendah.  Berikut ini arti istilah tersebut.

a. Artikulasi adalah cara peng ucapan kata demi kata yang baik dan jelas.
b. Phrasering adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah di mengerti dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku.
c. Intonasi adalah tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat.

2. Teknik Pernapasan

Pernapasan dalam teknik vokal dikelompokkan menjadi tiga sebagai berikut. 
a. Pernapasan Dada
Dilakukan dengan cara mengisi  udara dalam paru-paru bagian atas. Pernapasan ini sangat pendek dan tidak cocok digunakan dalam vokal. Dalam pernapasan dada, bagian tubuh yang mengembang adalah dada. jenis pernapasan ini biasa dipakai untuk menghasilkan nada-nada rendah.

Namun, kelemahannya sang penyanyi akan mudah kehabisan napas sehingga kurang baik dipakai ketika bernyanyi.

b. Pernapasan Perut

Dilakukan dengan cara membuat perut berongga besar sehingga udara luar dapat masuk. Pernapasan ini kurang efektif untuk vokal karena udara dengan cepat dapat keluar sehingga paru-paru menjadi lemah dan cepat letih. Dalam pernapasan perut, bagian tubuh yang mengembang adalah perut. Jenis pernapasan ini dapat menghasilkan suara sangat keras. Namun, perna asan perut tidak begitu baik digunakan dalam bernyanyi.


c. Pernapasan Diafragma

Saat diafragma menegang  atau lurus  rongga dada dan rongga perut menjadi longgar dan volume menjadi bertambah. Volume yang bertambah ini mengakibatkan tekanan berkurang sehingga udara dari luar dapat masuk ke paru-paru dan napas yang dikeluarkan dapat diatur secara sadar oleh diafragma dan otot-otot bagian samping kiri. 

Pernapasan ini paling cocok untuk bernyanyi  karena dapat mengambil napas sebanyak-banyaknya dan mengeluarkan secara perlahan-lahan dan teratur. Dalam pernapasan diafragma udara ditarik sedalam mungkin dan disimpan dalam diafragma. Kemudian, udara dikeluarkan secara perlahan sewaktu bernyanyi. Pernapasan ini memungkinkan kita menghasilkan suara murni dengan  napas yang panjang.

C. Berlatih Vokal


Latihan vokal dapat dilakukan sambil menyanyi, yaitu dengan melakukan eksplorasi lagu model (lagu yang sudah dikenal dan digunakan untuk mengenal konsep elemen musik). Lagu model tersebut dinyanyikan dengan cara  nada dasar secara berturut-turut naik dan turun.



35 Komentar

  1. Billie Armadan Nasution
    Kelas 71...terima kasih materinya buk dan alhamdulilah bisa saya pahami

    BalasHapus
  2. Nama:Sheila ayu saputri
    Klas:73b
    Materinya terimakasih banyak ya buk dan Alhamdulillah saya bisa memahami materi dari ibu

    BalasHapus
  3. Nama:mikha juwita sari
    Kls:7¹b
    Trima kasih buk atas materi yang telah ibu berikan, dan saya sudah mengerti.
    Terima kasih🙏

    BalasHapus
  4. Nama:mikha juwita sari
    Kls:7¹b
    Trima kasih buk atas materi yang telah ibu berikan, dan saya sudah mengerti.
    Terima kasih🙏

    BalasHapus
  5. Saya sangat suka dengan lagu² nya dan bernyanyi dengan vokal

    BalasHapus
  6. Nama: Iqbal Adi pribowo
    Kls:74 terimakasih buklagu yg Ibuk berikan sangat di mengerti

    BalasHapus
  7. Nama :Daniel Gultom
    Kelas 73 terimakasih buk,buat materinya.dan saya belajar lagu nya walau kurang ku mengerti.tapi..saya belajar lagunya,dan saya suka.terimakasih

    BalasHapus
  8. Suci Bella Prawes Wari
    74b
    Alhamdulillah saya sangat mengerti setelah saya membaca menteri yang ibu kasih,makasih buk atas meteri yang ibu berikan

    BalasHapus
  9. Selamat pagi bapak/ibu guru
    Saya Putri Titian kelas:71b
    Menuucapkan terima kasih karna saya telah mengerti tentang materi SBK"Menyanyi Dengan Satu Suara"yang diberikan.

    BalasHapus
  10. Nama:willia saputri
    Alhamdulillah dengan membaca literasi tersebut saya dapat memahami isi materi tersebut dengan baik.,terima kasih

    BalasHapus
  11. Nama:willia saputri
    Alhamdulillah dengan membaca literasi tersebut saya dapat memahami isi materi tersebut dengan baik.,terima kasih

    BalasHapus
  12. Nama:willia saputri
    Alhamdulillah dengan membaca literasi tersebut saya dapat memahami isi materi tersebut dengan baik.,terima kasih

    BalasHapus
  13. Nama Haryadi zamal Udin Alhamdulillah dengan saya membaca literasi tersebut bisa menjawab soal

    BalasHapus
  14. Asalamulaikum
    Nama:Anggi Safitri Amelia
    Kls:7²A
    Alhamdulialah,terimakasi buk dengan materi nya,karena dengan saya membaca materi saya bisa mengerjakan soal.🙏🙏🙏

    BalasHapus
  15. Nama saya Prita Sephira Rahmadani 👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍👍

    BalasHapus
  16. Nama:Allif Muhamad Iqbal
    Alhamdulillah setelah membaca leterasi tersebut saya dapat memahami materi tersebut

    BalasHapus
  17. Nama:Dimas randi asmoro
    Teks tersebut sangat membantu sayadqn saya dapat memahaminya

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum nama saya DEVITA SARI
    7².setelah saya membaca materi ini saya
    bisa mengerjakan soal.sekian dari saya assalamualaikum wb

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum Wr. Wb, nama saya Fharel Yufhistira kelas 7.1, setelah saya membaca materi yang ibu berikan saya jadi dengan mudah mengerjakan soal yang ibu berikan.

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum wr.wb,nama saya Muhammad lintang Abi Al faizi kls7³ setelah saya membaca materi yang ibu berikan saya sangat berterimakasih karena menteri ini sangat mudah untuk diingat dan sangat jelas materinya terima kasih

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum We.Wb,nama saya Davin Kurniawan sya kelas 73,setelah saya membaca semua materi yg ibuberikan saya lebih cepat mangerjakan daring nya

    BalasHapus
  22. Nama: Imam hannafi.kls:7³a.menurut saya materi yg ibuk kasih saya sudah gampang mengerjakan nya.

    BalasHapus
  23. Bayu Zikri Anggara
    Kls 74

    Materinya mudah dipahami bu

    BalasHapus
  24. Nama: Joshuel Nikolaus Ziliwu. Kelas:74. Menurut saya materi yang Bu guru berikan sangat gampang dan mudah di pahami

    BalasHapus
  25. Nama:jihan Wulandari
    Kls:73b
    Terimakasih banyak buk atas materi yg telah ibu berikan itu sangat berguna sekali

    BalasHapus
  26. Nama:Deni Revan prasetyo
    Kelas 7¹
    Terimakasih atas materinya buk,sangat bermanfaat dan berguna sekali

    BalasHapus
  27. Nama:muhamad yusub
    Kelas:74
    Saya sudah membacanya dan memahami materi nya

    BalasHapus
  28. Nama :Saskia marselina
    Kls:V11 4b.
    Dalam pembelajaran sbk hari ini saya mulai paham dengan seni budanya indonesia

    BalasHapus
  29. Nama :Saskia marselina
    Kls:V11 4b.
    Dalam pembelajaran sbk hari ini saya mulai paham dengan seni budanya indonesia

    BalasHapus
  30. Nama :Saskia marselina
    Kls:V11 4b.
    Dalam pembelajaran sbk hari ini saya mulai paham dengan seni budanya indonesia

    BalasHapus
  31. Nama: VICKY FIRMANSYAH
    KLS: 71-B
    SAYA TELAH MEMBACA DAN SAYA MEMAHAMINYA

    BalasHapus
  32. nama ERICHE FITRIANA
    KELAS 73
    tera kasih buk dengan menteri tersebut saya bisa menjawab soalnya dengan mudah ya walau tidak dapat 100 terima kasih buk

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA:LESTARI HULU
      KLS:7.3
      MAKASIH BUK MATERINYA SAYA SUDAH MEMBACA NY

      Hapus
  33. NAMA: MUHAMMAD ABDUL ROZAK
    KLS:7,3
    MAKASIH BUK ATAS MATERI NYA

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL