IKLAN HEADER

 KUMPULAN PERMASALAHAN, PENYEBAB DAN SOLUSI ANBK DARING TAHUN 2022

Susirahayu99.blogspot.com || Kumpulan permasalahan, penyebab dan solusi ANBK daring tahun 2022~ Kendati masih dalam masa simulasi , namun anbk moda daring sudah bermunculan permasalahan yang harus dapat diselesaikan oleh proktor dan tim teknis pada satuan pendidikan yang akan melaksanakan simulasi dan ANBK tahun 2022.

Harapannya dengan adanya informasi ini dapat  menangani kendala-kendala teknis yang tidak dapat diselesaikan oleh sekolah/lokasi tes dapat menghubungi no kontak tim teknis tingkat kota/kabupaten, tingkat provinsi, atau tingkat pusat di laman komunikasi. Berikut ini akan dijelaskan berbagai macam kendala teknis yang mungkin muncul saat pelaksanaan tes dan bagaimana cara mengatasinya.

Kurang terlebih terdapat 19 kendala yang sangat perlu diperhatikan oleh tim teknis dan proktor anbk tahun 2022.

KUMPULAN PERMASALAHAN, PENYEBAB DAN SOLUSI ANBK DARING TAHUN 2022
KUMPULAN PERMASALAHAN, PENYEBAB DAN SOLUSI ANBK DARING TAHUN 2022


Berikut ini adalah kumpulan Kumpulan permasalahan, penyebab dan solusi ANBK daring tahun 2022 antara lain sebagai berikut:

1. Mengecek bit komputer

• Windows 10 atau Windows 8.1 

1) klik  Start

2) klik  Settings 

3) klik  System

4) klik  About 

5) di lihat pada “System Type”. 


Windows 7

1) klik  Start 

2) klik kanan pada Computer

3) klik Properties

4) dilihat pada System Type 


2. “Reset Peserta” 

Penyebab: 

Dipaksa keluar dari aplikasi karena koneksi terputus, listrik padam, atau error di

komputer peserta.


Solusi: 

1. ketikkan username/password,

2. Klik tombol “Reset Peserta”,

3. Menunggu Proktor mereset peserta, kemudian login kembali ke aplikasi tes. 


3. “Maaf, Username anda belum diaktifkan” 

Penyebab:

Peserta mencoba login di hari berbeda.


Solusi:

Login menggunakan username/password sendiri di hari pelaksanaan tes.


4. “Anda sudah menyelesaikan tes” 

Penyebab:

Peserta mencoba login masuk kembali ke aplikasi tes setelah menyelesaikan semua tes.

Solusi:

Peserta hanya dapat mengerjakan tes sampai selesai satu kali.

5. Display Resolution tersilang merah 
Penyebab: 
Resolusi layar komputer kurang dari resolusi persyaratan minimal.

Solusi:
Merubah seting layar komputer minimal 1024 x 720 px dengan cara: 
a. Klik kanan pada desktop, kemduian pilih Display Setting
b. Klik Display Resolution. 1920 x 1080 (recommended

c. Setelah selesai merubah layar komputer, silahkan matikan dan jalankan  Exambrowser.

6. Versi aplikasi tersilang merah 

Penyebab: 
Exambrowser yang diunduh tidak sesuai dengan bit OS yang digunakan untuk tes.
 
Solusi:
Mengunduh ulang Exambrowser sesuai dengan bit komputer yang digunakan untuk tes. Silahkan lihat bagian mengecek bit komputer di buku manual ini.

7. Koneksi Internet tersilang merah
Penyebab:
Peserta memiliki kendala internet dalam mengakses wesite kemendikbudristek atau aplikasi Exambrowser dalam mode ujian semi-online.

Solusi: 
- Cek jaringan internet yang digunakan.
- Lakukan speedtest menggunakan: noc.kemdikbud.go.id.
- Buka seting exambrowser menggunakan password 12345 dan merubah  seting exambrowser ke online.
- Matikan fitur IPv6 pada komputer peserta dengan cara: 
a. Buka Settings, klik tab Wifi/Ethernet, Klik Change Adapter Options
b. Pada ethernet internet klik kanan dan pilih Properties
c. Uncek Internet Protocol Version 6 

8. Waktu komputer peserta tersilang merah 
Penyebab:
Seting waktu di komputer klien tidak sesuai dengan waktu sesungguhnya.

Solusi:
Merubah seting waktu di date and time pada komputer dengan cara: 
1. Klik waktu pada pojok kanan bawah komputer
2. Pilih Date and Time Settings
3. Set time automatically: ON, Set time zone automatically: ON
4. Klik tombol Sync now 

 
9. Aplikasi tidak ditemukan 
Penyebab:
Aplikasi Exambrowser dianggap sebagai virus oleh aplikasi antivirus.

Solusi: 
 
- Meng-exclude Exambrowser dari aplikasi antivirus yang digunakan.
- Menambahkan folder aplikasi ke dalam Exclusion Windows Security dengan 
cara:
1. Masuk kedalam “Virus & Threat Protection – Virus & Threat Protection 
Seeting – Manage Setting”
2. Klik “+ Add an Exclusion”, kemudian pilih “Folder”
3. Pilih folder “ProktorBrowser” atau “ExamBrowser” 
- Download dan ekstrak kembali Exambrowser.
- Alternatif solusi: Jalankan aplikasi langsung menggunakan aplikasi archive  tanpa melakukan extract.
 
10. The archive is either in unknown format or damaged 
Penyebab:
Peserta langsung menjalankan Exambrowser langsung dari file zip/rar tanpa mengekstrak terlebih dahulu. Atau, Peserta mengekstrak Exambrowser dari aplikasi WinZip versi lama. 

Solusi: 
- Ekstrak Exambrowser sebelum digunakan untuk tes.
- Gunakan aplikasi zip gratis atau gunakan aplikasi WinZip terbaru. 

11. Exambrowser has stopped Working on Win7 
Penyebab:
Peserta menjalankan Exambrowser tanpa koneksi internet.

Solusi: 
- Cek jaringan internet yang digunakan.
- Lakukan speedtest menggunakan: noc.kemdikbud.go.id. 

12. Peserta tidak dapat login
Penyebab: 
Proktor belum mengaktifkan tes

Solusi:
Proktor mengaktifkan tes pada menu Status Tes di aplikasi Proktor Browser.
 
13. Token tidak valid 

Penyebab: 
Token yang dimasukkan oleh peserta tes sudah kadaluarsa

Solusi:
Proktor merilis token di menu status tes pada Proktor Browser dan menginformasikan kepada peserta. 

14. Logout merah 

Penyebab:

Logout ini terjadi ketika koneksi internet mati ditengah pengerjaan tes.


Solusi:

Silahkan klik tombol logout merah dan login kembali ke aplikasi tes menggunakan tombol reset peserta.

 

15. Error 402 

Penyebab:

Peserta menggunakan versi lama exambrowser.

Solusi:

Gunakan versi terbaru dari aplikasi exambrowser.

16. -106_ERR_INTERNET_DISCONNECT 

Penyebab: 

Koneksi internet terputus pada saat tes berlangsung.

Solusi:

Cek koneksi internet yang digunakan.

Tutup dan buka kembali Exambrowser. 


17. Error 101 err_connection_reset 

Penyebab:

Koneksi internet peserta tidak stabil saat mengerjakan tes.


Solusi: 

- Tekan tombol F5 di keyboard untuk merefresh laman soal

- Gunakan jaringan internet alternatif untuk mengerjakan tes.

 

18. Layar menjadi hitam 

Penyebab:

Aplikasi antivirus Smadav tidak mengijinkan Exambrowser untuk terbuka.


Solusi:

Merubah seting di Smadav agar Exambrowser dikenali sebagai trusted application.

 

19. “exambrow” cannot be opened because the developer cannot be verified (macOS users) 

Penyebab:

Pengembang Exambrowser tidak terverifikasi di MacOS.


Solusi:

1. Tutup dan buka Exambrowser

2. Lakukan langkah-langkah berikut ini: 

- Buka terminal,

- ketikkan: sudo spctl --master-disable,

- Klik Anywhere di seting privacy seperti gambar dibawah ini.

Semoga dengan adanya Kumpulan permasalahan, penyebab dan solusi ANBK daring tahun 2022 dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL