IKLAN HEADER

Download Pedoman Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024

susirahayu99.blogspot.com || Download Pedoman Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 ~ Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia telah mengeluarkan surat edaran pada tanggal 22 April 2024 dengan nomor surat : 11911/MPK.A/TU.02.03/2024 yang berisi Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024


Surat edaran tentang  Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 ditujukan kepada Yth. 1.   Menteri Agama Republik Indonesia ; 2.   Duta Besar/Kepala Perwakilan Indonesia di Luar Negeri; 3.   Gubernur; 4.   Bupati/Wali kota;  5.  Pimpinan Unit Utama di Lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan  Teknologi ; 6.   Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri/Swasta ; 7.   Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi ; 8.  Kepala Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ; 9.   Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi/Kabupaten/Kota ; 10. Kepala Satuan Pendidikan di Indonesia dan Luar Negeri.



Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024, kami informasikan hal-hal sebagai berikut.
1. Ketentuan Umum  
a. Menetapkan bahwa seiring peringatan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024, bulan Mei tahun 2024 juga dicanangkan sebagai bulan Merdeka Belajar. 

b. Menetapkan bahwa tema peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”. 
 
c. Menetapkan logo peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 sebagai berikut. 
 



d. Logo Hari Pendidikan Nasional serta Sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset,  dan Teknologi dapat diunduh di laman www.kemdikbud.go.id. 

e. Mengimbau agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik  Indonesia di luar negeri turut memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 melalui berbagai media publikasi cetak, elektronik, serta media sosial dengan menggunakan logo dan tema di atas.  

2. Upacara Bendera 

a. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Upacara  Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 pada tanggal 2 Mei 2024 pukul 07.30 WIB secara tatap muka.  

b. Instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri diimbau untuk menyelenggarakan upacara bendera dengan berpedoman pada ketentuan yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagaimana terlampir.  

3. Ragam Aktivitas 
Mengimbau agar instansi pusat, daerah, satuan pendidikan, serta kantor perwakilan Republik
Indonesia di luar negeri dapat 

a. menyelenggarakan aktivitas/kegiatan untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional Tahun 
2024 dan bulan Merdeka Belajar 2024 secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar, serta mendorong pelibatan dan partisipasi publik, 

b. mengunggah konten publikasi peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 dan bulan
Merdeka Belajar 2024 di media sosial dengan menggunakan tagar #Hardiknas2024 #LanjutkanMerdekaBelajar. 
 

Demikian kami sampaikan untuk dapat menjadi perhatian dan pedoman penyelenggaraan peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. 


Pedoman Pelaksanaan Upacara Bendera Dalam Rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024. 


Ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan di negeri ini. Penetapan Hari Pendidikan Nasional dilatarbelakangi oleh sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan kita, Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.


Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan pada setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional, namun lebih merupakan sebuah momentum untuk kembali menumbuhkan rasa patriotisme dan nasionalisme bagi seluruh insan pendidikan.


Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan tujuan tersebut adalah dengan menetapkan pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Hal ini dimaksudkan agar semua insan pendidikan mengingat kembali filosofi dari nilai perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam menegakkan fondasi pendidikan di
Indonesia.


B. Tujuan, Sasaran dan Tema

1. Tujuan
a. Memperkuat komitmen seluruh insan pendidikan akan penting dan strategisnya pendidikan bagi peradaban dan daya saing bangsa;

b. Mengingatkan kembali kepada seluruh insan pendidikan akan filosofi perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam meletakkan dasar dan arah pendidikan bangsa;

c. Meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan insan pendidikan.


2. Sasaran
a. Para ASN di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Kementerian Agama;

b. Para ASN Kementerian, Lembaga, serta Pemerintah Daerah; 

Susunan upacara bendera
  1. Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;
  2. Pembina upacara tiba di tempat upacara;
  3. Penghormatan kepada pembina upacara;
  4. Laporan pemimpin upacara;
  5. Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara;
  6. Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;
  7. Pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;
  8. Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  9. Pembacaan Keputusan Presiden RI tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan
  10. Satyalancana Karya Satya dan pemberian piagam kepada penerima Satyalancana Karya Satya (jika ada);
  11. Amanat pembina upacara (Pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi);
  12. Pembacaan do’a *);
  13. Laporan pemimpin upacara;
  14. Penghormatan kepada pembina upacara;
  15. Pembina upacara meninggalkan mimbar upacara;
  16. Upacara selesai, barisan dibubarkan.
Bagi anda yang memerlukan aset berkaitan dengan pedoman, logo, dan tata susuanan upacara dapat anda unduh pada link di bawah ini.

Unduh file Pedoman Peringatan Hardiknas 2024 di sini

Unduh file Logo Tut Wuri Handayani di sini

Unduh file Logo Merdeka Belajar di sini

Unduh file Logo Hardiknas 2024 di sini

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL