IKLAN HEADER

 

Soal Pilihan Ganda PCK: Profesionalisme dalam Pendidikan

Bagi yang memerlukan file pdf soal ini silahkan anda unduh pada bagian bawah artikel ini. 

  1. Manakah dari berikut ini yang menjadi inti dari profesionalisme seorang pendidik dalam konteks nilai-nilai Pancasila?

A. Menguasai materi pelajaran dengan baik.

B. Memiliki kemampuan mengajar yang menarik.

C. Mengembangkan potensi peserta didik secara holistik.

D. Menjunjung tinggi kemanusiaan yang adil dan beradab.

E. Berorientasi pada hasil belajar yang tinggi.

Kunci Jawaban:

D Pembahasan: Nilai-nilai Pancasila, khususnya sila kedua, menekankan pada pentingnya menjunjung tinggi kemanusiaan yang adil dan beradab. Ini menjadi dasar seorang pendidik dalam berinteraksi dengan peserta didik.

  1. Seorang guru yang selalu berusaha untuk meningkatkan kompetensinya dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan merupakan contoh penerapan nilai-nilai profesionalisme yang berkaitan dengan...

A. Tanggung jawab.

B. Disiplin.

C. Pengembangan diri.

D. Kerjasama.

E. Kepemimpinan.

Kunci Jawaban:

C Pembahasan:

Pengembangan diri merupakan salah satu aspek penting dalam profesionalisme seorang pendidik. Dengan terus belajar dan meningkatkan kompetensi, seorang guru dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas.

  1. Perilaku seorang guru yang membeda-bedakan peserta didik berdasarkan latar belakang sosial ekonomi menunjukkan pelanggaran terhadap...

A. Etika profesi.

B. Nilai-nilai Pancasila.

C. Standar kompetensi guru.

D. Kurikulum nasional.

E. Semua benar.

Kunci Jawaban: E

Pembahasan:

Perilaku tersebut melanggar etika profesi, nilai-nilai Pancasila (sila kelima), dan juga standar kompetensi guru yang mengharuskan pendidik bersikap adil dan tidak diskriminatif.

  1. Seorang guru yang memiliki jiwa kewirausahaan akan cenderung...

A. Fokus pada materi ajar yang statis.

B. Menciptakan suasana belajar yang inovatif.

C. Terpaku pada buku teks.

D. Mengabaikan pentingnya kolaborasi.

E. Menyerahkan seluruh tanggung jawab pada siswa.

Kunci Jawaban:

B Pembahasan: Jiwa kewirausahaan mendorong seorang guru untuk kreatif, inovatif, dan selalu mencari solusi baru dalam proses pembelajaran.

  1. Manakah dari berikut ini yang BUKAN merupakan contoh penerapan nilai-nilai Pancasila dalam konteks profesionalisme guru?

A. Mengutamakan kepentingan pribadi di atas kepentingan siswa.

B. Menumbuhkan semangat gotong royong di kelas.

C. Menghargai perbedaan individu.

D. Menanamkan sikap demokratis.

 E. Membina hubungan yang harmonis dengan sesama guru.

Kunci Jawaban: A Pembahasan: Mengutamakan kepentingan pribadi bertentangan dengan sila-sila Pancasila yang menekankan pada kepentingan bersama dan kesejahteraan sosial.

Soal Pilihan Ganda PCK: Analisis Materi Pembelajaran

6. Bu Ani seorang guru Matematika kelas 7. Ia akan mengajarkan materi pecahan. Untuk mempermudah pemahaman siswa, Bu Ani memutuskan untuk mengawali pembelajaran dengan konsep bilangan bulat. Manakah urutan pembelajaran yang paling tepat?

A. Pecahan biasa - pecahan campuran - operasi hitung pecahan - bilangan bulat.

B. Bilangan bulat - pecahan biasa - pecahan campuran - operasi hitung pecahan.

C. Operasi hitung pecahan - pecahan biasa - pecahan campuran - bilangan bulat.

D. Pecahan campuran - pecahan biasa - bilangan bulat - operasi hitung pecahan.

E. Bilangan bulat - operasi hitung pecahan - pecahan biasa - pecahan campuran.

Kunci Jawaban: B Pembahasan: Konsep bilangan bulat merupakan dasar yang baik untuk memahami pecahan. Dengan memahami bilangan bulat terlebih dahulu, siswa akan lebih mudah memahami konsep pecahan sebagai bagian dari keseluruhan.

7. Pak Budi akan mengajarkan materi sistem pencernaan pada siswa kelas 4. Ia memiliki berbagai media pembelajaran seperti video animasi, model organ pencernaan, dan gambar. Manakah urutan penggunaan media yang paling efektif?

  • A. Video animasi - model organ pencernaan - gambar.
  • B. Gambar - video animasi - model organ pencernaan.
  • C. Model organ pencernaan - video animasi - gambar.
  • D. Video animasi - gambar - model organ pencernaan.
  • E. Gambar - model organ pencernaan - video animasi.

Kunci Jawaban: D Pembahasan: Urutan ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan gambaran umum melalui video animasi, kemudian detail melalui gambar, dan akhirnya pemahaman yang lebih konkret melalui model organ pencernaan.

8. Seorang guru IPA ingin mengajarkan konsep ekosistem. Ia memiliki banyak sumber belajar seperti buku teks, artikel ilmiah, dan video dokumenter. Manakah sumber belajar yang paling tepat untuk mengajarkan konsep interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem?

  • A. Buku teks
  • B. Artikel ilmiah
  • C. Video dokumenter tentang kehidupan hewan di hutan hujan
  • D. Video animasi tentang rantai makanan
  • E. Gambar diagram ekosistem

Kunci Jawaban: C

  • Pembahasan: Video dokumenter tentang kehidupan hewan di hutan hujan dapat memberikan visualisasi langsung tentang interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem yang kompleks.

9. Bu Dewi akan mengajarkan materi teks laporan hasil observasi. Ia ingin siswa dapat menulis teks laporan yang baik dan benar. Manakah langkah awal yang paling tepat untuk dilakukan Bu Dewi?

A. Menjelaskan struktur teks laporan hasil observasi.

B. Meminta siswa untuk mengamati suatu objek atau peristiwa.

C. Memberikan contoh teks laporan hasil observasi.

D. Menjelaskan tujuan pembelajaran.

E. Melakukan evaluasi awal kemampuan menulis siswa.

Kunci Jawaban: B Pembahasan: Pengalaman langsung mengamati akan membantu siswa memahami konsep teks laporan hasil observasi dan memberikan bahan untuk dituliskan dalam laporan mereka.

10. Pak Andi akan mengajarkan materi sistem peredaran darah. Ia ingin siswa dapat menjelaskan fungsi jantung. Manakah strategi pembelajaran yang paling efektif untuk mencapai tujuan tersebut?

A. Ceramah

B. Diskusi kelompok

C. Praktikum membedah jantung hewan

D. Pemutaran video animasi tentang sistem peredaran darah

E. Membuat model jantung dari plastisin

Kunci Jawaban: D Pembahasan: Video animasi dapat memberikan visualisasi yang jelas tentang struktur dan fungsi jantung, serta cara kerja sistem peredaran darah secara keseluruhan.

 

5 Soal Pilihan Ganda PCK: Penetapan Tujuan Pembelajaran

11. Bu Ani ingin mengembangkan sikap toleransi pada siswa. Manakah dari berikut ini yang merupakan indikator yang paling tepat untuk mengukur pencapaian sikap tersebut?

A. Siswa dapat menyebutkan pengertian toleransi.

B. Siswa dapat membedakan berbagai macam agama.

C. Siswa dapat bekerja sama dengan teman yang berbeda agama.

D. Siswa dapat menghafal ayat-ayat tentang toleransi.

E. Siswa dapat menjelaskan sejarah toleransi di Indonesia.

C: Bekerja sama dengan teman yang berbeda agama merupakan tindakan nyata yang menunjukkan sikap toleransi.

 

12.Pak Budi ingin mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pembelajaran sejarah. Manakah dari berikut ini yang merupakan indikator yang paling menantang untuk mengukur pencapaian tujuan tersebut?

A. Siswa dapat membandingkan dua peristiwa sejarah yang berbeda.

B. Siswa dapat menganalisis penyebab dan akibat suatu peristiwa sejarah.

C. Siswa dapat mengevaluasi berbagai sumber sejarah.

D. Siswa dapat merancang sebuah eksperimen untuk membuktikan suatu teori sejarah.

E. Siswa dapat menyusun argumen yang didukung oleh bukti-bukti sejarah.

 

D: Merancang eksperimen untuk membuktikan teori sejarah merupakan kemampuan tingkat tinggi yang membutuhkan pemikiran kritis dan kreatif.

 

13. Seorang guru SD ingin mengembangkan kemampuan literasi numerasi siswa. Dalam pembelajaran tentang pecahan, guru tersebut memberikan soal cerita yang melibatkan situasi sehari-hari. Manakah dari berikut ini yang merupakan indikator yang paling sesuai untuk tujuan pembelajaran tersebut?

A. Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pecahan.

B. Siswa dapat membandingkan dua pecahan yang berbeda.

C. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita tentang pembagian pizza.

D. Siswa dapat menggambar model pecahan.

E. Siswa dapat menghafal rumus-rumus operasi pada pecahan.

C: Menyelesaikan soal cerita yang kontekstual menunjukkan pemahaman siswa tentang penerapan konsep pecahan dalam kehidupan sehari-hari

14.Seorang guru ingin menanamkan nilai gotong royong pada siswanya. Manakah kegiatan pembelajaran yang paling efektif untuk mencapai tujuan tersebut?

A. Memberikan tugas individu.

B. Melakukan diskusi kelompok.

C. Menonton video tentang gotong royong.

D. Memberikan ceramah tentang pentingnya gotong royong.

E. Mengadakan lomba individu.

B: Diskusi kelompok mendorong siswa untuk berinteraksi, berbagi ide, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

 

15. Bu Dewi ingin siswa dapat mempresentasikan hasil proyek kelompoknya dengan percaya diri. Indikator yang paling tepat untuk mengukur pencapaian tujuan tersebut adalah...

A. Siswa dapat membuat slide presentasi yang menarik.

B. Siswa dapat berbicara di depan kelas dengan suara yang jelas.

C. Siswa dapat menjawab pertanyaan dari teman sekelas.

D. Siswa dapat bekerja sama dalam kelompok.

E. Semua jawaban benar.

E: Semua indikator tersebut penting untuk mengukur kemampuan presentasi yang baik, termasuk kemampuan teknis, komunikasi, dan kerjasama.

 

5 Soal Pilihan Ganda PCK: Perancangan Proses Pembelajaran

16. Bu Ani ingin mengajarkan materi siklus air kepada siswa kelas 4. Ia memiliki berbagai media pembelajaran seperti video animasi, model siklus air, dan eksperimen sederhana. Manakah urutan penggunaan media yang paling efektif untuk membantu siswa memahami konsep siklus air secara menyeluruh?

A. Video animasi - eksperimen - model siklus air

B. Model siklus air - video animasi - eksperimen

C. Eksperimen - video animasi - model siklus air

D. Video animasi - model siklus air - eksperimen

E. Model siklus air - eksperimen - video animasi

Kunci Jawaban: C Pembahasan: Memulai dengan eksperimen akan memberikan pengalaman langsung kepada siswa. Kemudian, video animasi dapat memperkuat pemahaman konsep secara visual, dan model siklus air dapat digunakan untuk merangkum dan mengulang materi.

17. Pak Budi akan mengajarkan materi pecahan kepada siswa kelas 5. Ia ingin siswa dapat mengaplikasikan konsep pecahan dalam kehidupan sehari-hari. Manakah aktivitas pembelajaran yang paling sesuai untuk mencapai tujuan tersebut?

A. Memberikan soal-soal latihan hitung pecahan

B. Meminta siswa membuat kue dengan berbagai ukuran

C. Menjelaskan konsep pecahan secara detail di papan tulis

D. Menayangkan video tentang pecahan

E. Memberikan kuis tentang pecahan

Kunci Jawaban: B Pembahasan: Aktivitas membuat kue memungkinkan siswa untuk secara langsung mengukur dan membagi bahan-bahan, sehingga mereka dapat menghubungkan konsep pecahan dengan pengalaman nyata.

17. Seorang guru Bahasa Indonesia ingin meningkatkan kemampuan menulis siswa. Manakah strategi pembelajaran yang paling efektif untuk mencapai tujuan tersebut?

A. Memberikan tugas menulis setiap hari

B. Meminta siswa menghafal tata bahasa

C. Mengadakan lomba menulis cerpen

D. Membahas bersama-sama contoh teks yang baik

E. Memberikan banyak soal pilihan ganda

Kunci Jawaban: D Pembahasan: Dengan membahas bersama-sama contoh teks yang baik, siswa dapat belajar dari contoh yang konkret dan mengembangkan kemampuan menulis mereka.

19.  Bu Putri Anggita ingin mengajarkan materi sistem pencernaan pada siswa kelas 6. Ia ingin siswa dapat menjelaskan proses pencernaan makanan secara berurutan. Manakah pendekatan pembelajaran yang paling sesuai?

A. Pendekatan ekspositori

B. Pendekatan inkuiri

C. Pendekatan kontekstual

D. Pendekatan kooperatif

E. Pendekatan berbasis masalah

Kunci Jawaban: B Pembahasan: Pendekatan inkuiri akan mendorong siswa untuk mencari tahu sendiri proses pencernaan melalui berbagai aktivitas seperti mengamati, bertanya, dan menyimpulkan.

20.  Pak Andi ingin mengajarkan materi energi kepada siswa kelas 8. Ia ingin siswa dapat membedakan berbagai jenis energi dan memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Manakah media pembelajaran yang paling tepat untuk mendukung pembelajaran ini?

A. Buku teks

B. Powerpoint

C. Video eksperimen sederhana tentang energi

D. Lembar kerja

E. Semua jawaban benar

Kunci Jawaban: C Pembahasan: Video eksperimen sederhana dapat memberikan pengalaman visual yang menarik dan membantu siswa memahami konsep energi secara lebih konkret.

 

 Link unduhan Soal Pilihan Ganda PCK: Profesionalisme dalam Pendidikan pdf 

 

 

 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL