IKLAN HEADER

  Inilah Materi, Soal dan Referensi Jawaban Bimtek Guru Belajar seri AKM SD Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD

susirahayu99.blogspot.com|| Inilah Materi, Soal dan Referensi Jawaban Bimtek Guru Belajar seri AKM SD Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD ~ Inilah Materi, Soal dan Referensi Jawaban Bimtek Guru Belajar seri AKM SD Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD


Salah satu upaya meningkatkan kompetensi guru secara mandiri yang diselenggarakan oleh kementerian pendididkan kebudayaan riset dan teknologi melalai dirjen GTK dengan menggunakan aplikasi guru pembelajar yang dikenal dengan istilah SIM PKB.


 Tahap selanjutnya yang dilalui oleh peserta  Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum SD yaitu Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD.


Tahap Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional ini merupakan tahap ke 5 (lima) dari Rincian Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum untuk Tingkat SD.


Adapun materi untuk Bimtek Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum SD Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD terdiri sebagai berikut:

  • Konsep Literasi Membaca
  • Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca
  • Menganalisis Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD
  • Contoh Butir Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD
  • Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD
  • Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD
  • Perayaan Belajar dan Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca
  • Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca


Untuk itu simak catatan materi sebelum menuju ke Soal dan Referensi Jawaban Bimtek Guru Belajar seri AKM SD Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD.


Konsep Literasi Membaca

Literasi membaca termasuk dalam kompetensi yang paling mendasar yang ingin dievaluasi dalam Asesmen Kompetensi Minimum. Sebelum membahas lebih jauh mengenai asesmen Literasi membaca dalam AKM, Bapak dan Ibu perlu meninjau kembali apa yang dimaksud dengan literasi membaca dan menulis. 


Literasi baca dan tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis, menanggapi, dan menggunakan teks tertulis untuk mencapai tujuan, mengembangkan pemahaman dan potensi, serta untuk berpartisipasi di lingkungan sosial.


Literasi membaca dan menulis, tidak seperti sebutannya, mencakup kemampuan yang lebih dari sekedar mampu mengeja kalimat dan menuliskannya. Literasi membaca dan menulis, perlu dikembangkan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih bermakna terkait berbagai cakupan dan konteks kehidupan. Di dalam lingkungan satuan pendidikan, kompetensi literasi yang terus berkembang memungkinkan siswa untuk dapat menggunakannya dalam berbagai mata pelajaran.


Mengenal Asesmen Kompetensi Minimum Literasi Membaca

Asesmen Kompetensi Minimum merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua siswa untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM, yaitu literasi membaca dan numerasi. 


Pada topik ini, Bapak dan Ibu guru akan mempelajari lebih jauh mengenai Asesmen Literasi Membaca yang berlaku untuk Asesmen Kompetensi Minimum yang akan diberikan pada siswa. Dalam penilaiannya asesmen literasi membaca tidak hanya mengukur topik atau konten tertentu tetapi berbagai konten, berbagai konteks dan pada beberapa tingkat proses kognitif. 


Konten pada Literasi Membaca menunjukkan jenis teks yang digunakan, dalam hal ini dibedakan dalam dua kelompok yaitu teks informasi dan teks fiksi. Kemudian, tingkat proses kognitif menunjukkan proses berpikir yang dituntut atau diperlukan untuk dapat menyelesaikan masalah atau soal. Pada Literasi Membaca, level tersebut adalah menemukan informasi, interpretasi dan integrasi serta evaluasi dan refleksi. Sedangkan konteks menunjukkan aspek kehidupan atau situasi untuk konten yang digunakan. Konteks pada AKM dibedakan menjadi tiga, yaitu personal, sosial budaya, dan saintifik.


Menganalisis Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD

Pada tingkat SD terdapat 3 level pembelajaran, mari kita pelajari setiap level pembelajaran yang ada pada tingkat SD. 


Pada level pembelajaran 1 untuk kelas 1 dan 2, siswa akan menemukan informasi dengan cara mengakses dan mencari informasi dalam teks. Selain itu siswa akan memahami teks secara literal, kemudian menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak. Siswa juga akan mengevaluasi dan merefleksi dengan menilai format penyajian dalam teks. Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link Level Pembelajaran 1 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level Pembelajaran 1 Literasi Membaca Teks Informasi.


Pada level pembelajaran 2 untuk kelas 3 dan 4, sama seperti level pembelajaran 1 siswa juga akan belajar sesuai tingkat kognitif pada literasi membaca hanya saja siswa pada kelas 3 dan 4 akan menggunakan konten yang sesuai dengan jenjangnya. Siswa akan mengevaluasi menilai format penyajian dalam teks, selain itu siswa juga merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi.  Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link Level Pembelajaran 2 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level Pembelajaran 2 Literasi Membaca Teks Informasi.


Pada level pembelajaran 3 untuk kelas 5 dan 6, sama seperti level pembelajaran 2 siswa juga akan belajar sesuai tingkat kognitif pada literasi membaca hanya saja siswa pada kelas 5 dan 6 akan menggunakan konten yang sesuai dengan jenjangnya. Bapak dan Ibu juga dapat melihat penjelasan yang lebih lengkap melalui link Level Pembelajaran 3 Literasi Membaca Teks Fiksi dan Level Pembelajaran 3 Literasi Membaca Teks Informasi.


Contoh Butir Soal Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD

Pada topik ini, Bapak dan Ibu akan mengenal contoh-contoh butir asesmen literasi membaca teks fiksi dan juga teks informasi tingkat SD


Berikut ini merupakan contoh-contoh soal kompetensi, simak pada tautan-tautan berikut:
  1. Contoh-Contoh Butir Soal Kompetensi Level 1
  2. Contoh-Contoh Soal Kompetensi Level 2
  3. Contoh-contoh soal kompetensi 3 Level 1
  4. Contoh-contoh soal kompetensi 4 Level 1
  5. Contoh-contoh soal kompetensi 5 Level 1
  6. Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 1
  7. Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 1
  8. Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 1
  9. Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 1
  10. Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 1
  11. Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 2
  12. Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 2
  13. Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 2
  14. Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 2
  15. Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 2
  16. Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 2
  17. Contoh-contoh butir soal kompetensi 7 level 2
  18. Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 2
  19. Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 2
  20. Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 2
  21. Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 2
  22. Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 2
  23. Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 2
  24. Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 3
  25. Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 3
  26. Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 3
  27. Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 3
  28. Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 3
  29. Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 3
  30. Contoh-contoh butir soal kompetensi 1 level 3
  31. Contoh-contoh butir soal kompetensi 2 level 3
  32. Contoh-contoh butir soal kompetensi 3 level 3
  33. Contoh-contoh butir soal kompetensi 4 level 3
  34. Contoh-contoh butir soal kompetensi 5 level 3
  35. Contoh-contoh butir soal kompetensi 6 level 3
Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD
Dari penjelasan pada aktivitas-aktivitas sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa butir-butir soal asesmen literasi AKM melibatkan proses penalaran yang tidak dapat dipersiapkan melalui program bimbingan belajar intensif yang berfokus pada latihan-latihan soal saja. Proses penalaran siswa justru perlu lebih banyak dikembangkan dan dipupuk melalui strategi pembelajaran di kelas.

Pertanyaan-pertanyaan yang dikembangkan atas dasar kompetensi, bukan hafalan materi semata, memberikan kesempatan pada siswa untuk terus mengembangkan kemampuan dasar literasinya dalam penalaran. Kompetensi literasi sendiri tidak dapat berkembang dengan baik dengan hanya melalui latihan soal. Namun diperlukan strategi pembelajaran yang lebih berbasis kompetensi.

Referensi Jawaban Latihan Membuat Soal Asesmen Literasi Tingkat SD

Pertanyaan
Teks bacaan mana yang Anda pilih. Mengapa? Kompetensi literasi apa yang ingin Anda ukur? Silakan menuliskan 3 butir soal yang telah Anda buat disini.
Referensi Jawaban
Teks bacaan mana yang Anda pilih. Mengapa?
Teks fiksi untuk pembelajaran level 1 kelas 1 dan 2.
Melalui teks tersebut, dapat mengukur beberapa kompetensi yang dilatihkan.
Kompetensi literasi apa yang ingin Anda ukur?
Menemukan informasi tersurat pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya.
Silakan menuliskan 3 butir soal yang telah Anda buat disini.
Contoh soal:
(1) Hewan apa yang Sukma dan Trisna tangkap? (2) Bagaimana perasaan Sukma dan Trisna setelah menyelesaikan tugas dari Bu guru? (3) Apa kegiatan Sukma dan Trisna sebelum pergi ke lapangan untuk mencari serangga?

Perayaan Belajar dan Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca
Pada tahap ini peserta diminta untuk menulis hasil dari refleksi atas materi yang disampakian.

Simak Referensi Jawaban Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca

Pertanyaan
Apa yang Anda pelajari dari pembelajaran mengenai contoh butir soal literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Dasar? Apakah Anda setuju bahwa kompetensi literasi tidak dapat dikembangkan hanya melalui latihan soal ujian?
Referensi Jawaban Refleksi
Apa yang Anda pelajari dari pembelajaran mengenai contoh butir soal literasi membaca pada Asesmen Kompetensi Dasar?
Jawab: Bapak dan Ibu Guru selaku Peserta mengenal contoh-contoh butir asesmen literasi membaca teks fiksi dan juga teks informasi untuk mengukur beberapa kompetensi yang dilatihkan tingkat SD.
Apakah Anda setuju bahwa kompetensi literasi tidak dapat dikembangkan hanya melalui latihan soal ujian?
Jawab: Setuju.

Setelah peserta menuliskan Refleksi Topik 3: Asesmen Literasi Membaca, maka Bimtek Guru Belajar seri AKM SD Tahap Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD dianggap selesai.

Peserta akan diarahkan untuk menuju topik selanjutnya, yaitu: Asesmen Numerasi Tingkat SD.

Simak selanjutnya Materi, Soal dan Referensi Jawaban Bimtek Guru Belajar seri AKM SD Tahap Asesmen Numerasi Tingkat SD.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL