IKLAN HEADER

susirahayu99.blogspot.com|| E-Coklit Alat Bantu Pantarlih Pemilu Serentah 2024 ~ Coklit  adalah pencocokan dan penelitian disingkat dengan istilah (Coklit).   Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) pada Pemilu 2024 akan melakukan proses pencocokan dan penelitian (coklit) kepada calon pemilih menggunakan aplikasi e-coklit sebuah aplikasi berbasis android yang dapat diunduh di playstore. 



Pada saat  melakukan coklit para pantarlih akan menggunakan apliaksi e-coklit sebagai alat bantunya. Perlu diketahui bersama bahwa  e-coklit merupakan bagian integral dari aplikasi Sidalih.  Dan  e-coklit sendiri adalah bagian dari Sidalih. 


Pantarlih dalam menjalankan tugasnya akan dibekali buku kerja yang berisi hal apa saja yang perlu dilakukan. Buku tersebut memiliki berfungsi untuk mengukur kinerja dari masing-masing Petugas Pantarlih. 



Terdapat buku kerja Pantarlih dan setiap 10 hari sekali mereka akan melaporkan hasil kerjanya melalui PPS dan kemudian PPK kepada KPU kabupaten/kota untuk melihat proses yang dilakukan, serta akan melakukan evaluasi-evaluasi dalam pelaksanaan coklit di lapangan.




Sedangkan Sidalih adalah aplikasi yang paling dikembangkan oleh KPU. Sidalih sendiri memuat banyak sekali data, yang menjadi salah satu tolak ukur pemeliharaan data pemilih yang ada di indonesia. 



Dalam pemutakhiran data pemilih agar tidak ada lagi DPTHP seperti yang lalu, karena itu berimplikasi pada pengadaan dan anggaran. Jika DPS sudah ditetapkan, maka semua pengadaan seperti kotak, bilik, tinta dll akan segera dilakukan, sehingga kesiapan logistik tidak ada keterlambatan.



Namun aplikasi e-coklit sampai saat ini belum resmi dirilis oleh KPU RI. Sebagai Petugas Pantarlih anda tidak perlu kuatir bahwa nanti akan ada bimtek khusus berkaitan dengan penggunaan aplikasi e coklit. Yang perlu anda persiapkan adalah HP android dan masih memiliki sisa ruang untuk menginstal aplikasi e-coklit tersebut. 



Anda juga memerlukan email dan nomor kontak HP yang aktif. Sebagai kelengkapan pendaftaran akun e-coklit tersebut


TWIBBON PPS,KPPS, PANTARLIH SIAP SUKSEKAN PEMILU SERENTAK 2024

Selain itu untuk mengakses login ke aplikasi e-coklit akan dibagikan akun e-coklit. Anda juga memerlukan email dan nomor kontak HP yang aktif. Sebagai kelengkapan pendaftaran akun e-coklit tersebut. Akun E-coklit akan dibagikan pada saat bimtek e-coklit atau dikonfirmasikan oleh KPUD melalui admin sidalihnya.


Semoga informasi berkaitan dengan E-Coklit Alat Bantu Pantarlih Pemilu Serentah 2024 dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL