IKLAN HEADER

 Mekanisme Terbaru Pemutakhiran Data Domisili Peserta Didik pada Aplikasi VervalPD


Susirahayu99.blogspot.com|| Mekanisme Terbaru Pemutakhiran Data Domisili Peserta Didik pada Aplikasi VervalPD ~ Bila anda sebagai operator sekolah dan membeka web vervalPD janganlah heran,  Kok jumlah Residu Peserta didik tiba-tiba meningkat? Ini terjadi karena danya standar pelayanan (SPM) sesuai dengan Permendagri Nomor 59 Tahun 2021 terkait Pemutakhiran data domisili peserta didik dalam rangka penanganan Anak Tidak Sekolah

Mekanisme Terbaru Pemutakhiran Data Domisili Peserta Didik pada Aplikasi VervalPD
Mekanisme Terbaru Pemutakhiran Data Domisili Peserta Didik pada Aplikasi VervalPD


Langkah-langkah  Pemutakhiran data domisili Peserta Didik pada Aplikasi VervalPD

1. Buka Aplikasi VervalPD

2. Klik Menu Residu

3. Periksa Kolom Desa/Kelurahan.

4. Bila tersilang merah berarti data desa belum valid( Hal ini dikarenakan operator sekolah belum mengisi/menginput dan harus melakukan perbaikan)

5. Klik Menu "Edit Identitas.

6. Pilih Peserta Didik

7. Perbaiki datanya mulai dari isian data identitas hingga isian domisili peserta didik saat ini

8. Klik Tombol "Validasi Data"

9. Perbaikan ini akan berhasil jika:

10. Lolos Pemadanan data dukcapil Pusat

11. Lolos indeks kemiripan data

12. Jika "Lolos" Maka klik tombol "Update Data" dan perbaikan akan tersimpan di asrip pusdatin

13. Jika "Tidak Lolos", Maka pemutakhiran data tidak dapat dilakukan


Beberapa hal yang perlu menjadi bahan perhatian dan menjadi catatan pada saat menjalankan Mekanisme Terbaru Pemutakhiran Data Domisili Peserta Didik pada Aplikasi VervalPD 


Jika isian identitas sudah sesuai dengan dokumen kependudukan, namun perbaikan data tidak dapat disimpan, maka informasikan kepada peserta didik/orang tua/wali untuk koordinasi lebih lanjut dengan dinas dukcapil. Koordinasi seperti ini diperlukan untuk memastikan proses update data dari dukcapil daerah ke dukcapil pusat. 



Jika isian identitas sudah sesuai dengan dokumen kependudukan, namun tidak lolos indeks validasi kemiripan data, maka laporkan ke pusdatin melalui dinas pendidikan terkait , maka informasikan kepada peserta didik/orang tua/wali untuk koordinasi lebih lanjut dengan dinas dukcapil. Koordinasi seperti ini diperlukan untuk memastikan proses update data dari dukcapil daerah ke dukcapil pusat. 



Isian tempat tinggal peserta didik (Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan diisikan sesuai dengan domisili saat ini berdasarkan yang tercatat pada kartu keluarga/surat keterangan domisili ( jika tempat tinggal saat ini berbeda dengan yang tercatat pada kartu keluarga)


Semoga informasi yang admin berikan pada postingan artikel ini yang berjudul Mekanisme Terbaru Pemutakhiran Data Domisili Peserta Didik pada Aplikasi VervalPD dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL