KUNCI JAWABAN TRYOUT SELEKSI AKADEMIK MATERI PEDAGOGI SEMUA JURUSAN PPG 2023
file pdf ada pada bagian bawah artikel ini
1. Prinsip pembelajaran IPS untuk pengembangan kompetensi sikap adalah….*
A. tidak langsung yang menghasilkan dampak pengiring (nurturant effect)
B. langsung dengan tugas guru mengembangkan karakter siswa lebih lanjut
C. langsung dengan keteladanan guru, orang tua, pemuka agama, dan tokoh masyarakat
D. tidak langsung yang mendorong peserta didik mengembangkan diri
E. langsung yang memberi kesempatan pada peserta didik saling
berinteraksi
2. Pembelajaran sejarah yang mengarahkan peserta
didik memiliki karakter cinta
tanah air dan sesama umat manusia. Pendekatan pembelajaran yang digunakan
Pak Anton adalah ....
A. kognitivisme
B. konstruktivisme
C. saintifik
D. humanisme
E. problem possing
3. Dalam pembelajaran IPS, pak Agus mengalami
kebingungan tentang hasil belajar
dari peserta didiknya. Salah seorang peserta didiknya yang selalu aktif,
ternyata
selalu mendapatkan hasil belajar tidak memuaskan apabila diukur dengan tes
tulis.
Agar penilaian guru bersifat objektif, hal yang harus dilakukan guru adalah
....
A. memanfaatkan berbagai bukti hasil kerja siswa dari berbagai penilaian
B. menyesuaikan penilaian dengan pengamatannya terhadap anak
C. memanfaatkan hasil penilaian dari guru lain
D. melihat latar belakang psikologis siswa sebagai dasar penilaian
E. melihat interaksi siswa dengan siswa lain
4. Jika guru bertujuan agar siswa berempati
terhadap penderitaan rakyat pada masa
Tanam Paksa, maka pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan adalah ...
A. mengkaji kondisi masyarakat masa itu melalui karya sastra sejarah
masa Tanam Paksa
B. melakukan penelitian di daerah yang dikenai kebijakan tanam paksa
untuk mengetahui kondisi sosial ekonominya
C. melakukan pembelajaran melalui gambar tentang kondisi masa tanam
paksa
D. melakukan lawatan sejarah pada masyarakat di sekitar perusahaan-
perusahaan perkebunan yang menerapkan tanam paksa
E. membagi siswa dalam dua kelompok pro dan kontra tentang sistem tanam
paksa di Indonesia
5. Salah satu sikap guru profesional adalah
bersikap reflektif dapat tercermin
dari tindakan berikut….
a. Menggunakan pengalaman masa lalu sebagai sumber belajar
b. Mendokumentasikan kelebihan dan kekurangan diri
c. Merefleksikan setiap tindakan dan keputusan yang sudah diambil
sebagai bahan evaluasi diri
d. Mengkaji kualitas diri untuk menambah rasa percaya diri dan motivasi
diri
e. Memanfaatkan pengetahuan lokal sebagai strategi peningkatan diri
berkelanjutan
6. Lingkungan merupakan sumber belajar yang sangat
kaya. Dalam pembelajaran
IPS, penggunaaan lingkungan sebagai sumber belajar dapat diwujudkan melalui
pemanfaatan perpustakaan, ruang komputer, maupun ruang internet. Penggunaan
sarana-sarana tersebut berfungsi untuk ….
A. menelusuri berbagai sumber literasi belajar termasuk sumber digital
B. mencari data dan informasi untuk menyusun bahan ajar
C. memanfaatkan pusat-pusat sumber belajar di sekolah untuk pembelajaran
D. meningkatkan prestasi belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang
ada
E. mengembangkan diri dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi
7. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang tepat
untuk KD Mengolah
informasi teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke
Indonesia dengan menerapkan cara berpikir kritis serta mengemukakannya dalam
bentuk tulisan adalah …
A. Mengolah berbagai informasi pendukung teori-teori tentang proses
masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia dalam bentuk artikel populer
B. Mengolah berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan
Islam ke Indonesia dalam berbagai bentuk tulisan seperti puisi, prosa, dan
lainnya
C. Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama Islam ke
Indonesia beserta contoh-contohnya yang ada di surat kabar
D. Menyebutkan tulisan-tulisan di media massa yang menyajikan informasi
teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia
E. Menjelaskan tulisan-tulisan para tokoh tentang proses masuknya agama
dan kebudayaan Islam ke Indonesia yang mendukung berbagai teori yang ada
8. Manakah pernyataan berikut ini yang kurang tepat
mengenai konsep belajar
mandiri….
a. Adanya niat menguasai kompetensi tertentu
b. Mengalokasikan sumber daya dalam rangka mencapai kompetensi
c. Mengontrol proses dan memonitor kemajuan belajar sendiri
d. Melaksanakan pembelajaran secara aktif sebagai wujud fisik
e. Mengisolasi diri dalam melaksanakan proses belajar
9. Manakah sumber-sumber berikut yang paling layak
dijadikan sebagai bahan
dalam melakukan refleksi adalah ….
a. Rekaman video selama melaksanakan pembelajaran
b. Catatan hasil pengamatan sejawat tentang proses pembelajaran
c. Angket penilaian kualitas pembelajaran oleh peserta didik
d. Hasil penilaian orangtua peserta didik terhadap kinerja guru
e. Hasil perenungan dan refleksi diri guru terhadap pengalamannya
10. Guru akan dihadapkan kepada berbagai pilihan
kegiatan yang mengharuskan
untuk menentukan skala prioritas dan memilih yang paling sesuai. Tahap ini
merupakan salah satu tahap di dalam kegiatan refleksi yaitu….
a. Menarik kesimpulan
b. Menyusun rencana aksi
c. Melakukan analisis
d. Merasakan dan menghayati
e. Melaksanakan tindakan
11. Aktifitas pengembangan diri mulai dari refleksi
sampai dengan tindakan
terjadi berulang dan juga bersifat spiral mengandung pengertian ….
a. Memberikan dampak peningkatan profesionalisme secara akumulatif
b. Aktifitas pengembangan diri dapat melebar ke topik-topik lain
c. Terjadi secara mendalam dan melibatkan lebih banyak partisipan
d. Mengandung unsur kebebasan di dalam proses belajarnya
e. Melibatkan pengetahuan dan pengalaman guru sebelumnya
12. Dilihat dari dimensi pedagogis belajar mandiri
berarti….
a. Merupakan aktifitas berpikir reflektif
b. Merupakan wujud aktifitas fisik belajar aktif
c. Menunjukkan kemampuan kontrol atas aktifitas belajar
d. Pengambilan keputusan dan inisiatif dalam ruang otonominya
e. Belajar terpisah dengan guru dan atau tutor
13. Saudara menentukan tujuan belajar, memilih
sumber belajar, dan memilih
cara mengevaluasi kemajuan belajarnya sendiri merupakan konsep belajar
mandiri ditinjau dari dimensi….
a. Historis
b. Yuridis
c. Sosiologis
d. Psikologis
e. Pedagogis
14. Bu Ana sangat percaya diri dalam mengawali
belajar mandiri. Bu Ana juga
memiliki motivasi diri yang kuat. Kondisi Bu Ana yang demikian merupakan
gambaran belajar mandiri dilihat dari atribut….
a. Sosiologis
b. Kognitif
c. Kepribadian
d. Pedagogis
e. Kebebasan
15. Seseorang mampu menemukan strategi kognitif
yang tepat sebagai cara
belajar yang efektif. Kemampuan ini termasuk dalam keterampilan belajar
mandiri yang disebut….
*
a. Keterampilan merumuskan tujuan belajarnya
b. Keterampilan memproses informasi
c. Keterampilan khusus yang efektif
d. Keterampilan bersifat umum
e. Keterampilan menarik kesimpulan
16. Seorang guru menemukan suatu model pembelajaran
yang sangat inovatif dan
kemudian dipublikasikan oleh seorang wartawan di suatu media massa. Apa
yang dilakukan guru merupakan upaya pengembangan keprofesian
berkelanjutan dalam katagori....
a. Karya inovatif teknologi tepat guna
b. Publikasi ilmiah di media massa
c. Karya inovatif menciptakan karya
d. Pengembangan diri fungsional
e. Pengembangan diri kolektif
17. Alasan yang paling tepat mengapa guru harus
merancang pembelajaran
inovatif yaitu ...
1
a. Tuntutan tugas pokok guru dalam kompetensi pedagogik
b. Tuntutan tugas pokok guru dalam kompetensi profesional
c. Tuntutan karakter dan ketrampilan abad 21 bagi setiap lulusan
d. Tuntutan pemerintah dan masyarakat bagi guru dan lulusan
18. Suatu rancangan pembelajaran akan menentukan
...
a. Nilai siswa dalam evaluasi pembelajaran
b. Kinerja guru dalam mengajar
c. Pemahaman siswa dalam mempelajari materi
d. keberhasilan aktivitas pembelajaran
19. 1. KI 2. KD 3 IPK 4. Tujuan Pembelajaran
Dari 4 komponen RPP di atas, manakah yang paling banyak diterapkan atau
diintegrasikan dengan unsur-unsur pembelajaran Abad 21?
a. 1, 2
b. 2, 3
c. 3, 4
d. 2, 4
20. 1. Kompetensi Dasar 3. Tujuan
Pembelajaran
2. Indikator Pencapaian Kompetensi 4. Kegiatan Pembelajaran
Dari 4 komponen RPP tersebut, manakah yang paling memungkinkan
terbanyak diintegrasikan oleh unsur-unsur pembelajaran Abad 21?
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
21. Tujuan pembelajaran dalam RPP
berorientasi HOTS, bila ...
a. menggunakan kata kerja operasional kategori berpikir tingkat tinggi
b. menggunakan kata kerja operasional kategori berpikir tingkat rendah
c. mengandung unsur ABCD dengan redaksi yang jelas
d. mengandung unsur –unsur baru
22. Contoh rumusan tujuan pembelajaran berpusat
pada siswa yang paling
tepat, yaitu ...
a. Setelah dijelaskan guru, siswa mampu menjelaskan faktor-faktor
penyebab terjadinya gempa.
b. Setelah mengamati gambar tumbuhan, siswa mampu menyebutkan 6 kata
tanya dengan tepat
c. Setelah mengamati gambar tumbuhan, siswa mampu melaksanakan observasi
di lapangan
d. Siswa disajikan materi powerpoint mengenai kerusakan hutan.
23. Contoh ilustrasi deskripsi kegiatan
pembelajaran berpusat pada siswa yang
paling tepat, ialah ...
a. Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya
b. Siswa diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya
c. Siswa disajikan materi powerpoint yang berkaitan dengan materi
sebelumnya
d. Siswa bertanya jawab dengan guru berkaitan dengan materi sebelumnya
24. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
berorientasi HOTS yang paling
tepat, yaitu…
a. Siswa mampu menyebutkan macam-macam kata tanya
b. Siswa mampu menjelaskan tentang macam-macam kata tanya
c. Siswa mampu menulis kata tanya dengan bahasa yang benar
d. Siswa mampu menerapkan macam-macam kata tanya
25. Integrasi nilai-nilai Nasionalisme-PPK dalam
RPP dapat diintegrasikan
pada komponen ….
a. SKI dan KD
b. KD dan IPK
c. IPK dan Tujuan Pembelajaran
d. Tujuan dan Aktivitas Pembelajaran
26. Rumusan tujuan pembelajaran yang
mengintegrasikan ICT, yaitu…
a. Setelah mengamati tumbuhan di halaman, siswa mampu menyebutkan bentuk
dan fungsi bagian tumbuhan yang baik
b. Setelah mengamati amuba melalui microscope, siswa mampu menjelaskan
ciri-ciri mikro organism dengan benar
c. Setelah membaca dan menggunakan HP, siswa mampu mengerjakan pekerjaan
rumah dengan baik
d. Setelah melihat tayangan video vulcanology di youtube, siswa dapat
menjelaskan salah satu gejala gunung meletus
27. Untuk menyusun rancangan pembelajaran STEAM
dengan tepat, Pak
Yosep selaku guru Mata Pelajaran IPA SMP di salah satu wilayah Kota
Ambon sebaiknya menerapkan pendekatan STEAM secara...
a. Tertanam
b. Terpadu
c. Tertanam dan Terpadu
d. Tidak Keduanya
28. Di bawah ini yang merupakan contoh
metode-metode pembelajaran
yang paling sesuai dengan pendekatan STEAM adalah ...
a. Presentasi, Latihan, Demonstrasi, dan Resitasi
b. Latihan, Resitasi, Ceramah, dan Simulasi
c. Diskusi, Presentasi, Resitasi, dan Latihan
d. Diskusi, Eksperimen, Demonstrasi, dan Simulasi
29. Di bawah ini yang termasuk dalam kegiatan
pendahuluan adalah ...
a. Mengkomunikasikan temuan masalah
b. Menyampaikan bahan penarik perhatian
c. Mengolah atau mengasosiasi informasi
d. Mengevaluasi pembelajaran
30. Di bawah ini yang termasuk dalam kegiatan
penutup adalah ...
a. Mengkomunikasikan temuan masalah
b. Menyampaikan bahan penarik perhatian
c. Mengolah atau mengasosiasi informasi
d. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
31. Seorang guru mengajar di dalam kelas dengan
metode ceramah sehingga
proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif karena
hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam proses pendidikan yang
beraliran….
A. Behavioristik
B. Perenialisme
C. Humanisme
D. Esesnialisme
E. Rekonstuksionisme
32. Tujuan pendidikan Bangsa Indonesia yaitu
pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini implementasi sila ke 5 dalam
pendidikan sebagai Upaya pencapaian tujuan tersebut adalah...
A. Guru mengarahkan peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME
B. Orang tua memberi contoh pada anak untuk tidak melakukan diskriminasi
pada siapapun
C. Peserta didik diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam
negeri
D. Pendidik mengikuti PPG untuk meningkatkan kreativitas dan
profesionalitasnya
E. Sekolah melakukan program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan
peserta didiknya
33. Berikut ini contoh kegiatan yang tergolong
ke dalam praktik pendidikan
adalah
A. Ibu Ani sedang membaca buku psikologi pendidikan
B. Ibu Heni dan pak didi sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan
C. Pak Andi sedang mengajarkan konsep “bangun ruang” kepada peserta
didiknya
D. Pak Budi sedang mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya agar
giat belajar
E. Pak Hajar sedang mendownload file materi Pendidikan Pancasila
34. Sebagai humanisasi pendidikan bukan berarti
pembentukan manusia
(peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa
manusia atau peserta didik adalah…
A. Manusia merupakan makhluk otonom
B. Pribadi yang berkembang dan berakal
C. Makhluk sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lain
D. Makhluk yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk
E. Makhluk religius yang diciptakan oleh Tuhan
35. Seorang pendidik perlu memahami landasan
pendidikan. Salah satu manfaat
mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah
A. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang
peserta didik sebagai pribadi yang unik
B. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan
peserta didik
C. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang tepat
digunakan dalam situasi tertentu di kelas
D. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang
bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan
E. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di
Indoensia terkait dengan pendidikan
36. Beriku ini implikasi landasan historis dalam
proses pendidikan di Indonesia
adalah...
A. Guru melaksanakan perannya sesuai dengan semboyan “tut wuri
handayani”
B. Kurikulum pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psiklogi
perkembangan peserta didik
C. Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah
dengan masyarakat
D. Guru mengajarkan mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah
tempat mengajarnya
E. Terdapat program Bantuan Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah
negeri
37. Pengertian landasan dibagi dua yaitu landasan
fisik dan konseptual. Berikut
ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah....
A. Kurikulum dan silabus
B. Pancasila dan UUD 1945
C. Kerangka berfikir
D. Desain bangunan
E. Tujuan pendidikan
38. Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan
tahap-tahap dan tugas
pekermbangan peserta didik. Oleh kareananya pendidikan dilaksanakan
dengan mengacu pada landasan....
A. Psikologi pendidikan
B. Sosiologi pendidikan
C. Religi pendidikan
D. Ekonomi pendidikan
E. Ilmu pengetahuan dan Teknologi
39. Sila pertama pancalisa adalah keTuhanan YME
oleh sebab itu pendidikan
hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contoh
B. Landasan psikologis
C. Landasan religius
D. Landasan sosilogis
E. Landasan historis
40. Salah satu tripusat pendidikan bagi anak adalah
keluarga. Orang tua yang
dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang
ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak...
A. Hak dan kewajiban
B. Kejujuran dan toleransi
C. Gotong royong dan tangung jawab
D. Kedisiplinan dan tanggung jawab
E. Kejujuran dan Tenggang rasa
41. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah
Dasar berada pada taraf
operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi
pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses
pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:
A. Media gambar
B. Media benda nyata
C. Media grafis
D. Media poster
E. Media cetak
42. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan
hari itu bertepatan dengan
peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau
kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing.
Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama
aspek:
A. Status Sosial
B. Moral
C. Etnik
D. Minat
E. Motivasi
43. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan
proses pembelajaran
menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi
keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya
menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak
Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta
didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta
didik terutama:
A. Minat
B. Motivasi
C. Etnik
D. Kultural
E. Status social
44. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan
pembelajaran dengan topik
Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin
mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta
didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal
ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:
A. Kemampuan awalnya
B. Motivasi belajarnya
C. Perkembangan sosialnya
D. Perkembangan emosinya
E. Perkembangan motoriknya
45. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran
selalu menggunakan media,
kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang
menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan
tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya,
sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena
pertimbangan:
A. Etnik peserta didik
B. Gaya belajar peserta didik
C. Gender peserta didik
D. Minat peserta didik
E. Kultural peserta didik
46. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika
memberikan pembelajaran
menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya.
Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik
terutama:
A. Etnik
B. Minat
C. Gender
D. Status social
E. Kultural
47. Pada saat pembelajaran berlangsung guru
mengingatkan peserta didik yang
kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut
berarti memperhatikan aspek:
A. Motivasi
B. Kultural
C. Sosial
D. Status sosial
E. Etnik
48. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut
Kohberg terdiri dari
beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak
menilai baik-buruk berdasarkan:
A. Akibat perbuatan
B. Persetujuan orang lain
C. Kontrak/imbal jasa
D. Ketertiban sosial
E. Hati nurani
49. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya
beragam ada yang visual,
auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih
banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya
belajar tersebut, guru perlu:
A. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
B. Menggunakan program audio dan modul.
C. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
D. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
E. Menggunakan modul dan powerpoint.
50. Pada suatu proses pembelajaran di Taman
Kanak-Kanak peserta didik akan
dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan
peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:
A. Meronce membuat kalung
B. Menendang bola
C. Memasang puzzle
D. Mewarnai pola
E. Menjiplak huruf
51. Teori belajar yang mengutamakan perubahan
tingkah laku pada individu
yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon
merupakan teori belajar….
A. Kognitivistik
B. Behavioristik
C. Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Rekonstruktivistik
52. Apabila dalam proses belajar peserta didik
melakukan sesuatu sampai
dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang
diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini
merupakan prinsip belajar dari ....
*
A. Conditioning
B. Trial and error
C. Shaping
D. Konseptualisasi
E. Stimulus respon
53. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat
dilakukan oleh guru
dalam praktik pembelajaran adalah….
A. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
B. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang
keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
C. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan
belajar
D. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan
metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
E. Memberikan penjelasan pengetahuan baru
54. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan
yang sama yaitu
terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu
manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut
merupakan bagian dari teori ….
A. Behavioristik
B. Kognitivistik
C. Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Sibernetik
55. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan
siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta
memberi makna tentang halhal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya
belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan
aliran dari teori
….
A. Behavioristik
B. Kognitivistik
C. Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Sibernetik
56. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami
obyek-obyek atau dunianya
melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta
didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini
merupakan tahapan dari......
A. Enaktif
B. Intuitif
C. Ikonik
D. Simbolik
E. Konflik
57. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang
dimiliki oleh peserta didik
adalah.....
A. Mampu memecahkan masalah
B. Mampu membuat peraturan
C. Mampu memahami sebuah kejadian
D. Mampu mengalami sebuah kejadian
E. Mampu memahami permasalahan
58. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna
istilah kognitif adalah….
*
A. Kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. Kemampuan berinteraksi
D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
E. Kemampuan mengemukakan pendapat
59. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut
Habermas, kecuali ….
A. Belajar teknis
B. Belajar praktis
C. Belajar aktif
D. Belajar emansipatoris
E. Belajar konsep
60. Di dalam proses pembelajaran, para siswa
dihadapkan dengan situasi di
mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis),
mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum,
membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan
teori belajar….
A. Kognitivistik
B. Humanistic
C. Behavioristik
D. Konstruktivistik
E. Sibernetik
61. Kurikulum sebagai seluruh aktivitas peserta
didik baik yang dilakukan di
dalam maupun di luar kelas berarti....
A. Menyusun daftar mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa
selama menempuh pembelajaran di kelas
B. Menyusun rancangan kunjungan ke kebun binatang untuk menyelesaikan
projek pembelajaran sain
C. Menyusun aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk
menjadi dokumen sekolah
D. Menyusun modul pembelajaran yang memuat aktivitas belajar siswa
E. Menyusun daftar isi bahan pembelajaran agar mudah dipelajari oleh
siswa dalam proses pembelajaran
62. Kurikulum Indonesia telah mengalami perubahan
sebanyak sepuluh kali.
Jika dikelompokkan dalam jenisnya, kurikulum yang dikembangkan pada
tahun 2004-2013, termasuk jenis kurikulum …
A. Kurikulum berbasis pada pencapaian tujuan
B. Kurikulum berbasis pada pencapaian proses
C. Kurikulum sebagai rencana pelajaran
D. Kurikulum berbasis pada kompetensi
E. Kurikulum berbasis konten pembelajaran
73. Nilai-nilai kehidupan dan budaya dalam
masyarakat senantiasa
berkembang, maka peran kurikulum tidak hanya mewariskan nilai dan
budaya melainkan juga berperan untuk menilai dan memilih nilai budaya
serta pengetahuan baru yang akan diwariskan. Penjelasan tersebut
merupakan …
A. Peran konservatif
B. Peran kritis dan evaluatif
C. Peran kreatif
D. Peran social
E. Peran sumatif
64. Di bawah ini merupakan kajian pokok
implementasi kurikulum, kecuali ...
A. Mengembangkan program
B. Pelaksanaan Pembelajaran pembelajaran
C. Pengembangan kurikulum
D. Evaluasi proses yang dilaksanakan
E. Merancang dokumen kurikulum
65. Kurikulum bukan hanya dipandang sebagai
seperangkat mata pelajaran dan
silabus, namun juga harus dipandang sebagai …
A. Seperangkat alat pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta
didik
B. Seperangkat dokumen yang harus dilaksanakan
C. Rincian jadwal pelajaran
D. Materi yang harus disampaikan kepada peserta didik
E. Seperangkat tujuan pembelajaran
66. Dalam pelaksanan kurikulum 2013, peserta didik
memerlukan berbagai
macam sumber literasi untuk menunjang berbagai macam bacaan dan
literasi. Namun, masih ada sekolah yang tidak memilikinya. Hal tersebut
merupakan hambatan dari salah satu factor …
A. Factor lingkungan sekolah
B. Factor sarana dan fasilitas
C. Factor budaya dan ideologi
D. Factor administrasi
E. Faktor sekolah
67. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan
oleh seorang guru dalam
mengembangkan kurikulum yaitu tujuan Pendidikan nasional, visi, misi,
tujuan yang diharapkan masyarakat. Hal ini berarti …
A. Guru menyusun program pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam
sebuah tujuan nasional
B. Guru menyusun program pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang
ada berdasarkan tujuan yang ditetapkan.
C. Guru menyusun program pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan
Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan juga disesuaikan dengan kondisi
masyarakat
D. Guru melakukan pembelajaran hanya disesuaikan dengan kebutuhan
masyarakat setempat.
E. Guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan pengalamannya
yang menurutnya penting.
68. Menurut Friedman, perkembangan teknologi begitu
cepat namun manusia
belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Dalam
pengembangan sebuah kurikulum, fenomena tersebut bisa diartikan dan
digunakan untuk …
A. Identifikasi perkembangan zaman, sehingga pembelajaran harus
mengikuti perkembangan teknologi.
B. Mengidentifikasi perkembangan teknologi, menyiapkan strategi
antisipasi untuk mengejar ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi
C. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan
cara penggunaannya
D. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi
E. Memberi kebebasan belajar dengan HP
69. Seperti apa yang dikatakan oleh Friedman,
perkembangan teknologi begitu
cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan
teknologi. Sebagai seorang guru, maka yang harus dilakukan dalam rangka
menyesuaikan dengan perkembangan teknologi adalah …
A. Tidak menganjurkan peserta didik untuk membawa alat teknologi
B. Membebaskan peserta didik menggunakan alat teknologi di dalam kelas
C. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan
cara penggunaannya
D. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi
E. Memberi kebebasan belajar dengan HP
70. Dalam kurikulum 2013, terdapat integrasi antara
ilmu pengetahuan dan
karakter. Hal ini sesuai dengan arah baru program baru UNESCO yaitu …
A. Ekonomi, manusia, lingkungan, dan sosial diintegrasikan
B. Pikiran dan benda terintegrasi dalam pengembangan
C. Sains dan nilai religius terintegrasi
D. Pendidikan merupakan integral dari semua perkembangan
E. Pendidikan untuk semua
71. . Pernyataan berikut yang merupakan fenomena
pembelajaran abad 21 yang
menyebabkan era disrupsi pendidikan adalah…..
A. Semakin meningkatnya kemampuan TIK peserta didik
B. Peningkatan jumlah kepemilikan perangkat TIK
C. Berkembangnya massive online open course
D. Banyaknya media pembelajaran berkualitas
E. Standar kompetensi guru yang meningkat
72. Guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21
sebaiknya….
a. Mengutamakan agar peserta didik menguasai materi
b. Memfokuskan diri kepada penguasaan materi pembelajaran
c. Memfokuskan diri kepada penguasaan aplikasi komputer kontemporer
d. Menekankan kepada pengembangan keterampilan belajar
e. Menjadi pengendali utama terhadap materi pembelajaran
73. Generasi z memiliki rentang perhatian yang
pendek. Manakah pernyataan
berikut mencerminkan strategi paling tepat untuk melayani generasi z
adalah….
a. Mengurangi jam pelajaran dan tatap muka
b. Menambah materi pembelajaran berupa bacaan
c. Mengemas materi ke dalam topik-topik kecil
d. Mengganti buku cetak dengan buku elektronik
e. Meminta peserta didik untuk tetap fokus kepada guru
74. Berikut ini merupakan ciri generasi z yang
berkaitan dengan preferensi
belajarnya adalah…..
A. Menyukai komunikasi berbasis visual
B. Menyukai musik dan mendengarkan radio
C. Bersifat terbuka terhadap rekam jejak digitalnya
D. Suka membaca teks dari buku elektronik
E. Tidak suka berkolaborasi dan cenderung menyendiri
75. Guru perlu memastikan desain pembelajaran yang
dimediasi teknologi
merupakan keputusan pedagogis. Alasan paling masuk akal terkait pernyataan
di atas adalah…
A. Teknologi telah menggantikan peran guru di semua aspek pembelajaran
B. Guru sepenuhnya terbantu oleh peran teknologi abad 21 yang canggih
C. Pembelajaran abad 21 memerlukan penerapan prinsip-prinsip
pembelajaran
D. Pembelajaran yang dimediasi teknologi harus dilengkapi kelas
konvensional
E. Peserta didik dapat belajar mandiri meskipun tanpa kehadiran seorang
guru
76. Guru perlu bersikap luwes dalam merancang
pembelajaran abad 21.
Pernyataan ini mengandung pengertian….
A. Tidak perlu membuat rancangan pembelajaran yang operasional
B. Rancangan pembelajaran selalu mengintegrasikan teknologi
C. Pelaksanaan pembelajaran tidak perlu berurutan sesuai rancangan
D. Teknologi perlu disesuaikan dengan kebutuhan guru
E. Rancangan membuka peluang perubahan strategi dan materi
77. Pembelajaran abad 21 menekankan kepada hal-hal
berikut ini, kecuali….
A. Penyelesaian masalah, berpikir tingkat tinggi, dan kolaborasi
B. Keterampilan komunikasi, keterampilan belajar, dan metakognisi
C. Pengembangan keterampilan belajar mandiri, tanggungjawab, dan
mencipta
D. Penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi, dan pemahaman
teknologi
E. Mengembangkan kreatifitas, daya inovasi, dan keterampilan kognisi
78. Model pembelajaran abad 21 yang menekankan
dihasilkannya produk dan
menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang, melaksanakan, dan
mengevaluasi hasil belajarnya adalah…..
A. Bermain peran dan simulasi
B. Pembelajaran berbasis proyek
C. Pembelajaran kontekstual
D. Pembelajaran kooperatif
E. Pembelajaran diskusi online
79. Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas
mendorong seorang guru
menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan
baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran
terkait karya temannya. Hal ini merupakan pengintegrasikan teknologi pada
domain…..
a. Penilaian terhadap peserta didik
b. Pemahaman terhadap peserta didik
c. Strategi pembelajaran
d. Pemahaman materi pembelajaran
e. Pengelolaan pembelajaran
80. Seorang guru menggunakan animasi video untuk
menjelasksan materi prinsip
kerja hukum Newton. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK dalam
domain…..
a. Rancangan kurikulum
b. Pengelolaan pembelajaran
c. Upaya memahami peserta didik
d. Memahami materi pembelajaran
e. Merepresentasikan data
81. Paradigma dan keyakinan guru mempengaruhi cara
guru bertindak. Berikut
merupakan cara pandang guru abad 21 tentang pembelajran abad 21 yang
paling
tepat adalah …
a. Pembelajaran harus berpusat pada peserta didik aktif
b. Pembelajaran lebih berorientasi untuk menguasai konten
c. Pembelajaran berpusat peserta didik dengan guru tetap aktif
d. Guru aktif memfasilitasi peserta didik, peseta didik merespon
e. Pembelajaran di mediasi teknologi peserta didik aktif
82. Memahami karateristik peserta didik dari aspek
fisik, moral, sosial, kultural,
emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi…
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Profesional
e. Semua benar
83. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang
tinggi, rasa bangga menjadi guru
dan percaya diri merupakan kompetensi…
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Professional
e. Intelektual
84. Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik
dan masyarakat secara santun,
empatik, dan efektif, serta mengikutsertakan orang tua dan masyarakat dalam
program pembelajaran guna mengatasi kesulitan belajar peserta didik,
merupakan kompetensi…
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Professional
e. Humanis
85. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi
untuk berkomunikasi dan
mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d. Profesional
e. Intelektual
86. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi,
metode dan teknik pembelajaran
yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan
kompetensi inti pedagogi pada aspek…
*
a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. Berkomunikasi pada peserta didik
87. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran
merupakan kompetensi pedagogi pada aspek…
a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Melakukan tindakan reflektif
e. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
88. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran
untuk mendorong peserta didik
mencapai prestasi secara optimal dengan kreatifitasnya termasuk kemampuan
pedagogi pada aspek…
*
a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik
b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan kurikulum
d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
e. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik
89. Berikut aspek penting dalam pengelolaan
pembelajaran abad 21, kecuali…
a. Merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif
b. Menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran
c. Menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)
d. Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi
e. Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran
90. Indikator guru mampu memanfaatkan hasil
penilaian dan evaluasi yang dapat
mempengaruhi kebijakan adalah …
a. Memanfaatkan hasil refleksi dan penilaian untuk pengembangan mata
pelajaran yang diampu
b. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan
ketuntasan belajar
c. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang
program remedial dan pengayaan
d. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku
kepentingan
e. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
91. Guru merupakan profesi dengan keahlian khusus.
Pernyataan ini mengandung
makna….
a. Profesi guru harus bersertifikat pendidik dan memperoleh tunjangan
b. Keahliannya diperoleh melalui proses pendidikan yang lama
c. Hanya segelintir orang yang layak menjadi guru professional
d. Memiliki ikatan organisasi profesi sebagai wadah
e. Memiliki kode etik profesi yang dapat dipertanggungjawabkan
92. Menyusun program semester merupakan tugas pokok
guru dalam hal……
a. Merencanakan pembelajaran atau pembimbingan
b. Melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan
c. Menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan
d. Membimbing dan melatih peserta didik
e. Melakukan penilaian pembelajaran
93. Berikut ini adalah contoh penyesuaian tugas
pokok guru dalam melaksanakan
pembelajaran dalam menghadapi pembelajaran abad 21, yaitu…..
a. Menjadi tenaga ahli di bidang TIK untuk kepentingan pembelajaran
b. Menggunakan program aplikasi untuk mengelola nilai peserta didik
c. Menerapkan aplikasi untuk menyusun program semester
d. Menganalisis kekuatan dan kelemahan suatu model pembelajaran
e. Menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pengembangan HOTS
94. Contoh penyesuaian peran guru dalam
melaksanakan pembelajaran abad 21
adalah….
a. Guru bertindak sebagai pusat pembelajaran
b. Guru berperan sebagai pengawas penggunaan TIK
c. Guru berperan menjadi sumber belajar utama
d. Guru mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi
e. Guru menjadi mitra belajar bagi peserta didik
95. Guru abad 21 memiliki tugas pokok membimbing
peserta didik agar tidak
terjerumus kepada pemanfaatan teknologi yang salah. Tindakan yang dapat
dilakukan guru antara lain…
a. Melarang penggunaan smartphone di kelas
b. Penggunaan teknologi informasi hanya untuk guru
c. Mendampingi anak dalam mengeksplorasi sumber digital
d. Mengalihkan perhatian anak melalui kegiatan olah raga
e. Guru menghadirkan media pembelajaran yang menarik
96. Saudara selaku guru memberikan mengajak peserta
didik merefleksikan cara
belajarnya. Kegiatan ini termasuk jenis penilaian….
a. Assesment for learning
b. Assesment to learning
c. Assesment of learning
d. Assesment as learning
e. d. Assesment on learning
97. Adanya rasa tanggung jawab, sikap responsif dan
inovatif terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bentuk pelaksanaan
dari fungsi guru sebagai berikut ….
*
a. Memelihara komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu
pendidikan
b. Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik
guru, serta nilai-nilai agama dan etika;
c. Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif,
dinamis dan dialogis;
d. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa
e. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan
sesuai kepercayaan yang diberikan kepadanya
98. Bu Weny Hapsari dari SD Taman Hidayah
mendampingi peserta didiknya
mengunjungi panti ashuan. Bu Weny melihat salah satu peserta didik bernama
Lina diam termenung setelah mendengar kisah sedih salah seorang penghuni
panti asuhan bernama Andi. Bu Weny mendampingi Lina yang sedang
menghayati sesuatu. Bu Weny sebenarnya sedang mealksanakan tugas yang
disebut….. *
a. Mengajar
b. Mendidik
c. Membimbing
d. Melatih
e. Membina
99. Hal-hal berikut merupakan aspek yang potensial
dikembangkan dalam
pengkajian kurikulum, kecuali ….
*
a. Kedalaman materi, ruang lingkup, keluasan materi dan relevansi materi
b. Integrasi materi dan kesesuaian materi dengan kompetensi
c. Kesinambungan materi, kemasan materi, dan strategi penyampaian
d. Kesesuaian materi dan kompetensi menjawab tantangan masa depan
e. Urutan materi dan ruang lingkup materi
100. Pernyataan berikut paling tempat menggambarkan
tugas guru di masa yang
akan datang adalah …..
a. Peran guru semakin ringan karena banyak terbantu oleh teknologi
b. Guru lebih berfokus membantu peserta didik menguasai materi
c. Guru bertindak sebagai konsultan pembelajaran berbasis teknologi
d. Guru mengandalkan teknologi sebagai pengganti peran guru
e. Guru menjadi kolaborator sumber daya dan fasilitator pembelajaran
FILE PDF KUNCI JAWABAN TRYOUT SELEKSI AKADEMIK MATERI PEDAGOGI SEMUA JURUSAN PPG 2023
Posting Komentar