IKLAN HEADER


KUNCI JAWABAN TRYOUT SELEKSI AKADEMIK  MATERI PEDAGOGI SEMUA JURUSAN PPG 2023


file pdf  ada pada bagian bawah artikel ini


1. Prinsip pembelajaran IPS untuk pengembangan kompetensi sikap adalah….*

A. tidak langsung yang menghasilkan dampak pengiring (nurturant effect)

B. langsung dengan tugas guru mengembangkan karakter siswa lebih lanjut

C. langsung dengan keteladanan guru, orang tua, pemuka agama, dan tokoh masyarakat

D. tidak langsung yang mendorong peserta didik mengembangkan diri

E. langsung yang memberi kesempatan pada peserta didik saling berinteraksi

 

2. Pembelajaran sejarah yang mengarahkan peserta didik memiliki karakter cinta
tanah air dan sesama umat manusia. Pendekatan pembelajaran yang digunakan
Pak Anton adalah ....

A. kognitivisme

B. konstruktivisme

C. saintifik

D. humanisme

E. problem possing

 

3. Dalam pembelajaran IPS, pak Agus mengalami kebingungan tentang hasil belajar
dari peserta didiknya. Salah seorang peserta didiknya yang selalu aktif, ternyata
selalu mendapatkan hasil belajar tidak memuaskan apabila diukur dengan tes tulis.
Agar penilaian guru bersifat objektif, hal yang harus dilakukan guru adalah ....

A. memanfaatkan berbagai bukti hasil kerja siswa dari berbagai penilaian

B. menyesuaikan penilaian dengan pengamatannya terhadap anak

C. memanfaatkan hasil penilaian dari guru lain

D. melihat latar belakang psikologis siswa sebagai dasar penilaian

E. melihat interaksi siswa dengan siswa lain

4. Jika guru bertujuan agar siswa berempati terhadap penderitaan rakyat pada masa
Tanam Paksa, maka pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan adalah ...

A. mengkaji kondisi masyarakat masa itu melalui karya sastra sejarah masa Tanam Paksa

B. melakukan penelitian di daerah yang dikenai kebijakan tanam paksa untuk mengetahui kondisi sosial ekonominya

C. melakukan pembelajaran melalui gambar tentang kondisi masa tanam paksa

D. melakukan lawatan sejarah pada masyarakat di sekitar perusahaan- perusahaan perkebunan yang menerapkan tanam paksa

E. membagi siswa dalam dua kelompok pro dan kontra tentang sistem tanam paksa di Indonesia

 

5. Salah satu sikap guru profesional adalah bersikap reflektif dapat tercermin
dari tindakan berikut….

a. Menggunakan pengalaman masa lalu sebagai sumber belajar

b. Mendokumentasikan kelebihan dan kekurangan diri

c. Merefleksikan setiap tindakan dan keputusan yang sudah diambil sebagai bahan evaluasi diri

d. Mengkaji kualitas diri untuk menambah rasa percaya diri dan motivasi diri

e. Memanfaatkan pengetahuan lokal sebagai strategi peningkatan diri berkelanjutan

 

6. Lingkungan merupakan sumber belajar yang sangat kaya. Dalam pembelajaran
IPS, penggunaaan lingkungan sebagai sumber belajar dapat diwujudkan melalui
pemanfaatan perpustakaan, ruang komputer, maupun ruang internet. Penggunaan
sarana-sarana tersebut berfungsi untuk ….

A. menelusuri berbagai sumber literasi belajar termasuk sumber digital

B. mencari data dan informasi untuk menyusun bahan ajar

C. memanfaatkan pusat-pusat sumber belajar di sekolah untuk pembelajaran

D. meningkatkan prestasi belajar dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada

E. mengembangkan diri dalam pemanfaatan kemajuan teknologi informasi 

7. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) yang tepat untuk KD Mengolah
informasi teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke
Indonesia dengan menerapkan cara berpikir kritis serta mengemukakannya dalam
bentuk tulisan adalah …

A. Mengolah berbagai informasi pendukung teori-teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia dalam bentuk artikel populer

 

B. Mengolah berbagai teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia dalam berbagai bentuk tulisan seperti puisi, prosa, dan lainnya

C. Menganalisis berbagai teori tentang proses masuknya agama Islam ke Indonesia beserta contoh-contohnya yang ada di surat kabar

D. Menyebutkan tulisan-tulisan di media massa yang menyajikan informasi teori tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia

E. Menjelaskan tulisan-tulisan para tokoh tentang proses masuknya agama dan kebudayaan Islam ke Indonesia yang mendukung berbagai teori yang ada

 

8. Manakah pernyataan berikut ini yang kurang tepat mengenai konsep belajar
mandiri….

a. Adanya niat menguasai kompetensi tertentu

b. Mengalokasikan sumber daya dalam rangka mencapai kompetensi

c. Mengontrol proses dan memonitor kemajuan belajar sendiri

d. Melaksanakan pembelajaran secara aktif sebagai wujud fisik

e. Mengisolasi diri dalam melaksanakan proses belajar

 

9. Manakah sumber-sumber berikut yang paling layak dijadikan sebagai bahan
dalam melakukan refleksi adalah ….

a. Rekaman video selama melaksanakan pembelajaran

b. Catatan hasil pengamatan sejawat tentang proses pembelajaran

c. Angket penilaian kualitas pembelajaran oleh peserta didik

d. Hasil penilaian orangtua peserta didik terhadap kinerja guru

e. Hasil perenungan dan refleksi diri guru terhadap pengalamannya

  

10. Guru akan dihadapkan kepada berbagai pilihan kegiatan yang mengharuskan
untuk menentukan skala prioritas dan memilih yang paling sesuai. Tahap ini
merupakan salah satu tahap di dalam kegiatan refleksi yaitu….

a. Menarik kesimpulan

b. Menyusun rencana aksi

c. Melakukan analisis

d. Merasakan dan menghayati

e. Melaksanakan tindakan

 

11. Aktifitas pengembangan diri mulai dari refleksi sampai dengan tindakan
terjadi berulang dan juga bersifat spiral mengandung pengertian ….

a. Memberikan dampak peningkatan profesionalisme secara akumulatif

b. Aktifitas pengembangan diri dapat melebar ke topik-topik lain

c. Terjadi secara mendalam dan melibatkan lebih banyak partisipan

d. Mengandung unsur kebebasan di dalam proses belajarnya

e. Melibatkan pengetahuan dan pengalaman guru sebelumnya 

12. Dilihat dari dimensi pedagogis belajar mandiri berarti….

a. Merupakan aktifitas berpikir reflektif

b. Merupakan wujud aktifitas fisik belajar aktif

c. Menunjukkan kemampuan kontrol atas aktifitas belajar

d. Pengambilan keputusan dan inisiatif dalam ruang otonominya

e. Belajar terpisah dengan guru dan atau tutor 

13. Saudara menentukan tujuan belajar, memilih sumber belajar, dan memilih
cara mengevaluasi kemajuan belajarnya sendiri merupakan konsep belajar
mandiri ditinjau dari dimensi….

a. Historis

b. Yuridis

c. Sosiologis

d. Psikologis

e. Pedagogis

 

14. Bu Ana sangat percaya diri dalam mengawali belajar mandiri. Bu Ana juga
memiliki motivasi diri yang kuat. Kondisi Bu Ana yang demikian merupakan
gambaran belajar mandiri dilihat dari atribut….

a. Sosiologis

b. Kognitif

c. Kepribadian

d. Pedagogis

e. Kebebasan 

15. Seseorang mampu menemukan strategi kognitif yang tepat sebagai cara
belajar yang efektif. Kemampuan ini termasuk dalam keterampilan belajar
mandiri yang disebut….

*

a. Keterampilan merumuskan tujuan belajarnya

b. Keterampilan memproses informasi

c. Keterampilan khusus yang efektif

d. Keterampilan bersifat umum

e. Keterampilan menarik kesimpulan

 

16. Seorang guru menemukan suatu model pembelajaran yang sangat inovatif dan
kemudian dipublikasikan oleh seorang wartawan di suatu media massa. Apa
yang dilakukan guru merupakan upaya pengembangan keprofesian
berkelanjutan dalam katagori....  


a. Karya inovatif teknologi tepat guna

b. Publikasi ilmiah di media massa

c. Karya inovatif menciptakan karya

d. Pengembangan diri fungsional

e. Pengembangan diri kolektif

 

17. Alasan yang paling tepat mengapa guru harus merancang pembelajaran
inovatif  yaitu ...

1

a. Tuntutan tugas pokok guru dalam kompetensi pedagogik

b. Tuntutan tugas pokok guru dalam kompetensi profesional

c. Tuntutan karakter dan ketrampilan abad 21 bagi setiap lulusan

d. Tuntutan pemerintah dan masyarakat bagi guru dan lulusan

18. Suatu rancangan pembelajaran akan menentukan ...

a. Nilai siswa dalam evaluasi pembelajaran

b. Kinerja guru dalam mengajar

c. Pemahaman siswa dalam mempelajari materi

d. keberhasilan aktivitas pembelajaran

 

19. 1. KI 2. KD 3 IPK 4. Tujuan Pembelajaran
Dari 4 komponen RPP di atas, manakah yang paling banyak diterapkan atau
diintegrasikan dengan unsur-unsur pembelajaran Abad 21?

a. 1, 2

b. 2, 3

c. 3, 4

d. 2, 4

 

20. 1. Kompetensi Dasar     3. Tujuan Pembelajaran
2. Indikator Pencapaian Kompetensi  4. Kegiatan Pembelajaran


Dari 4 komponen RPP tersebut, manakah yang paling memungkinkan
terbanyak diintegrasikan oleh unsur-unsur pembelajaran Abad 21?

a. 1

b. 2

c. 3

d. 4

21. Tujuan pembelajaran dalam  RPP berorientasi HOTS,  bila ...
 

a. menggunakan kata kerja operasional kategori berpikir tingkat tinggi

b. menggunakan kata kerja operasional kategori berpikir tingkat rendah

c. mengandung unsur ABCD dengan redaksi yang jelas

d. mengandung unsur –unsur baru

 

22. Contoh rumusan tujuan pembelajaran berpusat pada siswa yang paling
tepat, yaitu ...

a. Setelah dijelaskan guru, siswa mampu menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa.

b. Setelah mengamati gambar tumbuhan, siswa mampu menyebutkan 6 kata tanya dengan tepat 

c. Setelah mengamati gambar tumbuhan, siswa mampu melaksanakan observasi di lapangan

d. Siswa disajikan materi powerpoint mengenai kerusakan hutan.

 

23. Contoh ilustrasi deskripsi kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa yang
paling tepat, ialah ...

a. Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya

b. Siswa diberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi sebelumnya

c. Siswa disajikan materi powerpoint yang berkaitan dengan materi sebelumnya

d. Siswa bertanya jawab dengan guru berkaitan dengan materi sebelumnya

 

 

24. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) berorientasi HOTS yang paling
tepat, yaitu…

a. Siswa mampu menyebutkan macam-macam kata tanya

b. Siswa mampu menjelaskan tentang macam-macam kata tanya

c. Siswa mampu menulis kata tanya dengan bahasa yang benar

d. Siswa mampu menerapkan macam-macam kata tanya

 

25. Integrasi nilai-nilai Nasionalisme-PPK dalam RPP dapat diintegrasikan
pada komponen ….

a. SKI dan KD

b. KD dan IPK

c. IPK dan Tujuan Pembelajaran

d. Tujuan dan Aktivitas Pembelajaran

 

 

26. Rumusan  tujuan pembelajaran yang mengintegrasikan ICT, yaitu…

a. Setelah mengamati tumbuhan di halaman, siswa mampu menyebutkan bentuk dan fungsi bagian tumbuhan yang baik

b. Setelah mengamati amuba melalui microscope, siswa mampu menjelaskan ciri-ciri mikro organism dengan benar

c. Setelah membaca dan menggunakan HP, siswa mampu mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik

d. Setelah melihat tayangan video vulcanology di youtube, siswa dapat menjelaskan salah satu gejala gunung meletus

  

27. Untuk menyusun rancangan pembelajaran STEAM dengan tepat, Pak
Yosep selaku guru Mata Pelajaran IPA SMP di salah satu wilayah Kota
Ambon sebaiknya menerapkan pendekatan STEAM secara... 

a. Tertanam

b. Terpadu

c. Tertanam dan Terpadu 

d. Tidak Keduanya

 

28. Di bawah ini yang merupakan contoh metode-metode pembelajaran
yang paling sesuai dengan pendekatan STEAM adalah ...


a. Presentasi, Latihan, Demonstrasi, dan Resitasi

b. Latihan, Resitasi, Ceramah, dan Simulasi

c. Diskusi, Presentasi, Resitasi, dan Latihan

d. Diskusi, Eksperimen, Demonstrasi, dan Simulasi

 

29. Di bawah ini yang termasuk dalam kegiatan pendahuluan adalah ...

a. Mengkomunikasikan temuan masalah

b. Menyampaikan bahan penarik perhatian

c. Mengolah atau mengasosiasi informasi

d. Mengevaluasi pembelajaran

 

 

30. Di bawah ini yang termasuk dalam kegiatan penutup adalah ...

a. Mengkomunikasikan temuan masalah

b. Menyampaikan bahan penarik perhatian

c. Mengolah atau mengasosiasi informasi

d. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran

 

31. Seorang guru mengajar di dalam kelas dengan metode ceramah sehingga
proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif karena
hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam proses pendidikan yang
beraliran….

A. Behavioristik 

B. Perenialisme

C. Humanisme

D. Esesnialisme

E. Rekonstuksionisme

 

32. Tujuan pendidikan Bangsa Indonesia yaitu pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini implementasi sila ke 5 dalam pendidikan sebagai Upaya pencapaian tujuan tersebut adalah...

A. Guru mengarahkan peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME

B. Orang tua memberi contoh pada anak untuk tidak melakukan diskriminasi pada siapapun

C. Peserta didik diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri

D. Pendidik mengikuti PPG untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitasnya

E. Sekolah melakukan program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan peserta didiknya

 

33. Berikut ini contoh kegiatan yang tergolong  ke dalam praktik pendidikan
adalah

A. Ibu Ani sedang membaca buku psikologi pendidikan

B. Ibu Heni dan pak didi sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan

C. Pak Andi sedang mengajarkan konsep “bangun ruang” kepada peserta didiknya

D. Pak Budi sedang mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya agar giat belajar

E. Pak Hajar sedang mendownload file materi Pendidikan Pancasila

 

34. Sebagai humanisasi pendidikan bukan berarti pembentukan manusia
(peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa
manusia atau peserta didik adalah…

A. Manusia merupakan makhluk otonom

B. Pribadi yang berkembang dan berakal

C. Makhluk sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lain

D. Makhluk yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk

E. Makhluk religius yang diciptakan oleh Tuhan

 

35. Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat
mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah

A. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi yang unik

B. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik

C. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembalajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas

D. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan

E. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indoensia terkait dengan pendidikan

 

36. Beriku ini implikasi landasan historis dalam proses pendidikan di Indonesia
adalah...

A. Guru melaksanakan perannya sesuai dengan semboyan “tut wuri handayani” 

B. Kurikulum pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psiklogi perkembangan peserta didik

C. Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah dengan masyarakat

D. Guru mengajarkan mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat mengajarnya

E. Terdapat program Bantuan Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah negeri

 

37. Pengertian landasan dibagi dua yaitu landasan fisik dan konseptual. Berikut
ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah....

A. Kurikulum dan silabus

B. Pancasila dan UUD 1945

C. Kerangka berfikir

D. Desain bangunan

E. Tujuan pendidikan

 

38. Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan tugas
pekermbangan peserta didik. Oleh kareananya pendidikan dilaksanakan
dengan mengacu pada landasan....

A. Psikologi pendidikan

B. Sosiologi pendidikan

C. Religi pendidikan

D. Ekonomi pendidikan

E. Ilmu pengetahuan dan Teknologi

 

39. Sila pertama pancalisa adalah keTuhanan YME oleh sebab itu pendidikan
hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contoh

B. Landasan psikologis

C. Landasan religius

D. Landasan sosilogis

E. Landasan historis

 

40. Salah satu tripusat pendidikan bagi anak adalah keluarga. Orang tua yang
dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang
ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak...

A. Hak dan kewajiban

B. Kejujuran dan toleransi

C. Gotong royong dan tangung jawab

D. Kedisiplinan dan tanggung jawab

E. Kejujuran dan Tenggang rasa

 

41. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf
operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi
pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja.  Proses
pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

A. Media gambar

B. Media benda nyata 

C. Media grafis

D. Media poster

E. Media cetak

 

42. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan
peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau
kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing.
Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama
aspek:

A. Status Sosial

B. Moral

C. Etnik

D. Minat

E. Motivasi

43. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran
menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi
keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya
menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak
Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta
didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta
didik terutama:

A. Minat

B. Motivasi

C. Etnik

D. Kultural

E. Status social

 

 

44. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan  topik
Tata Surya  melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin
mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta
didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal
ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:

A. Kemampuan awalnya

B. Motivasi belajarnya

C. Perkembangan sosialnya

D. Perkembangan emosinya

E. Perkembangan motoriknya

 

45. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media,
kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang
menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan
tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya,
sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena
pertimbangan:

A. Etnik peserta didik

B. Gaya belajar peserta didik

C. Gender peserta didik

D. Minat peserta didik

E. Kultural peserta didik

46. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran
menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya.
Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik
terutama:

A. Etnik

B. Minat

C. Gender

D. Status social

E. Kultural

 

 

47. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang
kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut
berarti memperhatikan aspek: 

A. Motivasi

B. Kultural

C. Sosial

D. Status sosial

E. Etnik

 

48. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari
beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak
menilai baik-buruk berdasarkan: 

A. Akibat perbuatan

B. Persetujuan orang lain

C. Kontrak/imbal jasa

D. Ketertiban sosial

E. Hati nurani

 

49. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual,
auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih
banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya
belajar tersebut, guru perlu: 

A. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

B. Menggunakan program audio dan modul.

C. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

D. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

E. Menggunakan modul dan powerpoint.

 

50.  Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan
dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan
peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

A. Meronce membuat kalung

B. Menendang bola

C. Memasang puzzle

D. Mewarnai pola

E. Menjiplak huruf

 

51. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu
yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon
merupakan teori belajar….


A. Kognitivistik

B. Behavioristik

C. Konstruktivistik

D. Humanistik

E. Rekonstruktivistik

 

52. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai
dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang
diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini
merupakan prinsip belajar dari ....
*

A. Conditioning

B. Trial and error

C. Shaping

D. Konseptualisasi

E. Stimulus respon

 

53. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru
dalam praktik pembelajaran adalah…. 

A. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru

B. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya

C. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar 

D. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut

E. Memberikan penjelasan pengetahuan baru

 

54. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu
terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu
manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut
merupakan bagian dari teori …. 

A. Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Konstruktivistik

D. Humanistik

E. Sibernetik

 

55. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang halhal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori
…. 

A. Behavioristik

B. Kognitivistik

C. Konstruktivistik

D. Humanistik

E. Sibernetik

 

56. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya
melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta
didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini
merupakan tahapan dari......


A. Enaktif

B. Intuitif

C. Ikonik

D. Simbolik

E. Konflik

 

57. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik
adalah.....

A. Mampu memecahkan masalah

B. Mampu membuat peraturan

C. Mampu memahami sebuah kejadian

D. Mampu mengalami sebuah kejadian

E. Mampu memahami permasalahan

 

58. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….

*

A. Kemampuan berkomunikasi

B. Kemampuan untuk memecahkan masalah

C. Kemampuan berinteraksi

D. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri

E. Kemampuan mengemukakan pendapat

 

59. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ….
  

A. Belajar teknis

B. Belajar praktis

C. Belajar aktif

D. Belajar emansipatoris

E. Belajar konsep

 

60. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di
mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis),
mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum,
membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan
teori belajar….


A. Kognitivistik

B. Humanistic

C. Behavioristik

D. Konstruktivistik

E. Sibernetik

 

61. Kurikulum sebagai seluruh aktivitas peserta didik baik yang dilakukan di
dalam maupun di luar kelas berarti....

A. Menyusun daftar mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa selama menempuh pembelajaran di kelas

B. Menyusun rancangan kunjungan ke kebun binatang untuk menyelesaikan projek pembelajaran sain

C. Menyusun aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk menjadi dokumen sekolah

D. Menyusun modul pembelajaran yang memuat aktivitas belajar siswa

E. Menyusun daftar isi bahan pembelajaran agar mudah dipelajari oleh siswa dalam proses pembelajaran

 

62. Kurikulum Indonesia telah mengalami perubahan sebanyak sepuluh kali.
Jika dikelompokkan dalam jenisnya, kurikulum yang dikembangkan pada
tahun 2004-2013, termasuk jenis kurikulum …

A. Kurikulum berbasis pada pencapaian tujuan

B. Kurikulum berbasis pada pencapaian proses

C. Kurikulum sebagai rencana pelajaran

D. Kurikulum berbasis pada kompetensi

E. Kurikulum berbasis konten pembelajaran

 

73. Nilai-nilai kehidupan dan budaya dalam masyarakat senantiasa
berkembang, maka peran kurikulum tidak hanya mewariskan nilai dan
budaya melainkan juga berperan untuk menilai dan memilih nilai budaya
serta pengetahuan baru yang akan diwariskan. Penjelasan tersebut
merupakan …

A. Peran konservatif

B. Peran kritis dan evaluatif

C. Peran kreatif

D. Peran social

E. Peran sumatif 

64. Di bawah ini merupakan kajian pokok implementasi kurikulum, kecuali ...

A. Mengembangkan program

B. Pelaksanaan Pembelajaran pembelajaran

C. Pengembangan kurikulum

D. Evaluasi proses yang dilaksanakan

E. Merancang dokumen kurikulum

 

65. Kurikulum bukan hanya dipandang sebagai seperangkat mata pelajaran dan
silabus, namun juga harus dipandang sebagai …

A. Seperangkat alat pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta didik

B. Seperangkat dokumen yang harus dilaksanakan

C. Rincian jadwal pelajaran

D. Materi yang harus disampaikan kepada peserta didik

E. Seperangkat tujuan pembelajaran

 

66. Dalam pelaksanan kurikulum 2013, peserta didik memerlukan berbagai
macam sumber literasi untuk menunjang berbagai macam bacaan dan
literasi. Namun, masih ada sekolah yang tidak memilikinya. Hal tersebut
merupakan hambatan dari salah satu factor …

A. Factor lingkungan sekolah

B. Factor sarana dan fasilitas

C. Factor budaya dan ideologi

D. Factor administrasi

E. Faktor sekolah

 

67. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang guru dalam
mengembangkan kurikulum yaitu tujuan Pendidikan nasional, visi, misi,
tujuan yang diharapkan masyarakat. Hal ini berarti … 

A. Guru menyusun program pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam sebuah tujuan nasional

B. Guru menyusun program pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang ada berdasarkan tujuan yang ditetapkan.

C. Guru menyusun program pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat

D. Guru melakukan pembelajaran hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

E. Guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang menurutnya penting.

 

68. Menurut Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia
belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Dalam
pengembangan sebuah kurikulum, fenomena tersebut bisa diartikan dan
digunakan untuk …

A. Identifikasi perkembangan zaman, sehingga pembelajaran harus mengikuti perkembangan teknologi.

B. Mengidentifikasi perkembangan teknologi, menyiapkan strategi antisipasi untuk mengejar ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi

C. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya

D. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi

E. Memberi kebebasan belajar dengan HP

 

69. Seperti apa yang dikatakan oleh Friedman, perkembangan teknologi begitu
cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan
teknologi. Sebagai seorang guru, maka yang harus dilakukan dalam rangka
menyesuaikan dengan perkembangan teknologi adalah …


A. Tidak menganjurkan peserta didik untuk membawa alat teknologi

B. Membebaskan peserta didik menggunakan alat teknologi di dalam kelas

C. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya

D. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi

E. Memberi kebebasan belajar dengan HP

 

70. Dalam kurikulum 2013, terdapat integrasi antara ilmu pengetahuan dan
karakter. Hal ini sesuai dengan arah baru program baru UNESCO yaitu …

A. Ekonomi, manusia, lingkungan, dan sosial diintegrasikan

B. Pikiran dan benda terintegrasi dalam pengembangan

C. Sains dan nilai religius terintegrasi

D. Pendidikan merupakan integral dari semua perkembangan

E. Pendidikan untuk semua

 

71. . Pernyataan berikut yang merupakan fenomena pembelajaran abad 21 yang
menyebabkan era disrupsi pendidikan adalah…..


A. Semakin meningkatnya kemampuan TIK peserta didik

B. Peningkatan jumlah kepemilikan perangkat TIK

C. Berkembangnya massive online open course

D. Banyaknya media pembelajaran berkualitas

E. Standar kompetensi guru yang meningkat

 

72. Guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 sebaiknya…. 

a. Mengutamakan agar peserta didik menguasai materi

b. Memfokuskan diri kepada penguasaan materi pembelajaran

c. Memfokuskan diri kepada penguasaan aplikasi komputer kontemporer

d. Menekankan kepada pengembangan keterampilan belajar

 

e. Menjadi pengendali utama terhadap materi pembelajaran 

73. Generasi z memiliki rentang perhatian yang pendek. Manakah pernyataan
berikut mencerminkan strategi paling tepat untuk melayani generasi z
adalah….

a. Mengurangi jam pelajaran dan tatap muka

b. Menambah materi pembelajaran berupa bacaan

c. Mengemas materi ke dalam topik-topik kecil

d. Mengganti buku cetak dengan buku elektronik

e. Meminta peserta didik untuk tetap fokus kepada guru

 

74. Berikut ini merupakan ciri generasi z yang berkaitan dengan preferensi
belajarnya adalah…..

A. Menyukai komunikasi berbasis visual

B. Menyukai musik dan mendengarkan radio

C. Bersifat terbuka terhadap rekam jejak digitalnya

D. Suka membaca teks dari buku elektronik

E. Tidak suka berkolaborasi dan cenderung menyendiri

 

75. Guru perlu memastikan desain pembelajaran yang dimediasi teknologi
merupakan keputusan pedagogis. Alasan paling masuk akal terkait pernyataan
di atas adalah…
 

A. Teknologi telah menggantikan peran guru di semua aspek pembelajaran

B. Guru sepenuhnya terbantu oleh peran teknologi abad 21 yang canggih

C. Pembelajaran abad 21 memerlukan penerapan prinsip-prinsip pembelajaran

D. Pembelajaran yang dimediasi teknologi harus dilengkapi kelas konvensional

E. Peserta didik dapat belajar mandiri meskipun tanpa kehadiran seorang guru

76. Guru perlu bersikap luwes dalam merancang pembelajaran abad 21.
Pernyataan  ini mengandung pengertian….

A. Tidak perlu membuat rancangan pembelajaran yang operasional

B. Rancangan pembelajaran selalu mengintegrasikan teknologi

C. Pelaksanaan pembelajaran tidak perlu berurutan sesuai rancangan

D. Teknologi perlu disesuaikan dengan kebutuhan guru

E. Rancangan membuka peluang perubahan strategi dan materi

  

77. Pembelajaran abad 21 menekankan kepada hal-hal berikut ini, kecuali….

A. Penyelesaian masalah, berpikir tingkat tinggi, dan kolaborasi

B. Keterampilan komunikasi, keterampilan belajar, dan metakognisi

C. Pengembangan keterampilan belajar mandiri, tanggungjawab, dan mencipta

D. Penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi, dan pemahaman teknologi

E. Mengembangkan kreatifitas, daya inovasi, dan keterampilan kognisi

 

78. Model pembelajaran abad 21 yang menekankan dihasilkannya produk dan
menekankan otonomi belajar sejak mulai merancang, melaksanakan, dan
mengevaluasi hasil belajarnya adalah…..

A. Bermain peran dan simulasi

B. Pembelajaran berbasis proyek

C. Pembelajaran kontekstual

D. Pembelajaran kooperatif

E. Pembelajaran diskusi online

 

79. Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru
menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan
baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran
terkait karya temannya. Hal ini merupakan pengintegrasikan teknologi pada
domain…..

a. Penilaian terhadap peserta didik

b. Pemahaman terhadap peserta didik

c. Strategi pembelajaran 

d. Pemahaman materi pembelajaran

e. Pengelolaan pembelajaran

 

80. Seorang guru menggunakan animasi video untuk menjelasksan materi prinsip
kerja hukum Newton. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK dalam
domain…..

a. Rancangan kurikulum

b. Pengelolaan pembelajaran

c. Upaya memahami peserta didik

d. Memahami materi pembelajaran

 

e. Merepresentasikan data

 

81. Paradigma dan keyakinan guru mempengaruhi cara guru bertindak. Berikut
merupakan cara pandang guru abad 21 tentang  pembelajran abad 21 yang paling
tepat  adalah …

a. Pembelajaran harus berpusat pada peserta didik aktif

b. Pembelajaran lebih berorientasi untuk menguasai konten

c. Pembelajaran berpusat peserta didik dengan guru tetap aktif

d. Guru aktif memfasilitasi peserta didik, peseta didik merespon

e. Pembelajaran di mediasi teknologi peserta didik aktif

 

82. Memahami karateristik peserta didik dari aspek fisik, moral, sosial, kultural,
emosioal dan intelektual termasuk dalam kompetensi…


a. Pedagogi

b. Kepribadian

c. Sosial

d. Profesional

e. Semua benar

 

83. Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru
dan percaya diri merupakan kompetensi…

a. Pedagogi

b. Kepribadian

c. Sosial

d. Professional

e. Intelektual

 

84. Berkomunikasi dengan orang tua peserta didik dan masyarakat secara santun,
empatik, dan efektif, serta mengikutsertakan orang tua dan masyarakat dalam
program pembelajaran guna mengatasi kesulitan belajar peserta didik,
merupakan kompetensi…

a. Pedagogi

b. Kepribadian

c. Sosial

d. Professional

e. Humanis 

85. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan
mengembangkan diri termasuk dalam kompetensi


a. Pedagogi

b. Kepribadian

c. Sosial

d. Profesional

e. Intelektual

 

86. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran
yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan
kompetensi inti pedagogi pada aspek…

*

a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik

b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

c. Pengembangan kurikulum

d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

e. Berkomunikasi pada peserta didik

 

87. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
merupakan kompetensi pedagogi pada aspek…


a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik

b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

c. Pengembangan kurikulum

d. Melakukan tindakan reflektif

e. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

 

88. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik
mencapai prestasi secara optimal dengan kreatifitasnya termasuk kemampuan
pedagogi pada aspek… 
*

a. Penguasaan terhadap karateristik peserta didik

b. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran

c. Pengembangan kurikulum

d. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik

e. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik

 

 

89. Berikut aspek penting dalam pengelolaan pembelajaran abad 21, kecuali…

a. Merancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif

b. Menghindari penggunaan smartphone yang berlebihan dalam pembelajaran

c. Menerapkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking)

d. Menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi

e. Mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran

 

90. Indikator guru mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi yang dapat
mempengaruhi kebijakan adalah …

a. Memanfaatkan hasil refleksi dan penilaian untuk pengembangan mata pelajaran yang diampu

b. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar

c. Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan

d. Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan

e. Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran 

91. Guru merupakan profesi dengan keahlian khusus. Pernyataan ini mengandung
makna….

a. Profesi guru harus bersertifikat pendidik dan memperoleh tunjangan

b. Keahliannya diperoleh melalui proses pendidikan yang lama

c. Hanya segelintir orang yang layak menjadi guru professional

d. Memiliki ikatan organisasi profesi sebagai wadah

e. Memiliki kode etik profesi yang dapat dipertanggungjawabkan

 

92. Menyusun program semester merupakan tugas pokok guru dalam hal……
a. Merencanakan pembelajaran atau pembimbingan

b. Melaksanakan pembelajaran atau pembimbingan

c. Menilai hasil pembelajaran atau pembimbingan

d. Membimbing dan melatih peserta didik

e. Melakukan penilaian pembelajaran

 

93. Berikut ini adalah contoh penyesuaian tugas pokok guru dalam melaksanakan
pembelajaran dalam menghadapi pembelajaran abad 21, yaitu…..

a. Menjadi tenaga ahli di bidang TIK untuk kepentingan pembelajaran

b. Menggunakan program aplikasi untuk mengelola nilai peserta didik

c. Menerapkan aplikasi untuk menyusun program semester

d. Menganalisis kekuatan dan kelemahan suatu model pembelajaran

e. Menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pengembangan HOTS

  

94. Contoh penyesuaian peran guru dalam melaksanakan pembelajaran abad 21
adalah….


a. Guru bertindak sebagai pusat pembelajaran

b. Guru berperan sebagai pengawas penggunaan TIK

c. Guru berperan menjadi sumber belajar utama

d. Guru mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi

e. Guru menjadi mitra belajar bagi peserta didik

 

 

95. Guru abad 21 memiliki tugas pokok membimbing peserta didik agar tidak
terjerumus kepada pemanfaatan teknologi yang salah. Tindakan yang dapat
dilakukan guru antara lain…


a. Melarang penggunaan smartphone di kelas

b. Penggunaan teknologi informasi hanya untuk guru

c. Mendampingi anak dalam mengeksplorasi sumber digital

d. Mengalihkan perhatian anak melalui kegiatan olah raga

e. Guru menghadirkan media pembelajaran yang menarik

 

96. Saudara selaku guru memberikan mengajak peserta didik merefleksikan cara
belajarnya. Kegiatan ini termasuk jenis penilaian….


a. Assesment for learning

b. Assesment to learning

c. Assesment of learning

d. Assesment as learning

e. d. Assesment on learning

 

97. Adanya rasa tanggung jawab, sikap responsif dan inovatif terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan bentuk pelaksanaan
dari fungsi guru sebagai berikut ….
*

a. Memelihara komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan

b. Menjunjung tinggi peraturan perundang-undangan, hukum, dan kode etik guru, serta nilai-nilai agama dan etika;

c. Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis;

d. Memelihara dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa

e. Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai kepercayaan yang diberikan kepadanya

 

98. Bu Weny Hapsari dari SD Taman Hidayah mendampingi peserta didiknya
mengunjungi panti ashuan. Bu Weny melihat salah satu peserta didik bernama
Lina diam termenung setelah mendengar kisah sedih salah seorang penghuni
panti asuhan bernama Andi. Bu Weny mendampingi Lina yang sedang
menghayati sesuatu. Bu Weny sebenarnya sedang mealksanakan tugas yang
disebut….. 
*

a. Mengajar

b. Mendidik

c. Membimbing

d. Melatih

e. Membina

 

99. Hal-hal berikut merupakan aspek yang potensial dikembangkan dalam
pengkajian kurikulum, kecuali ….

*

a. Kedalaman materi, ruang lingkup, keluasan materi dan relevansi materi

b. Integrasi materi dan kesesuaian materi dengan kompetensi

c. Kesinambungan materi, kemasan materi, dan strategi penyampaian

 

d. Kesesuaian materi dan kompetensi menjawab tantangan masa depan

e. Urutan materi dan ruang lingkup materi

 

100. Pernyataan berikut paling tempat menggambarkan tugas guru di masa yang
akan datang adalah …..


a. Peran guru semakin ringan karena banyak terbantu oleh teknologi

b. Guru lebih berfokus membantu peserta didik menguasai materi

c. Guru bertindak sebagai konsultan pembelajaran berbasis teknologi

d. Guru mengandalkan teknologi sebagai pengganti peran guru

e. Guru menjadi kolaborator sumber daya dan fasilitator pembelajaran

  

FILE PDF KUNCI JAWABAN TRYOUT SELEKSI AKADEMIK  MATERI PEDAGOGI SEMUA JURUSAN PPG 2023


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL