TRYOUT 8 SELEKSI AKADEMIK PPG DALJAB 2023
1. Komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang lengkap sesuai Permendikbud RI No 22 tahun 2016 adalah...
a. Identitas, mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar dan bobot penilaian hasil belajar
b. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar dan kunci jawaban tes
c. Kompetesi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran dan penilaian hasil belajar
d. Identitas, mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media sumber belajar, langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar
e. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, kompetensi inti, tujuan pembelajaran, kompetensi dasar, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar
2. Seorang guru SD melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar tematik berbasis TIK. Selama pembelajaran berlangsung, guru hanya menayangkan bahan ajar yang telah dikemasnya secara audio-visual dalam bentuk PowerPoint (ppt) dan dilanjutkan dengan memberikan lembar tes untuk diisi oleh peserta didik. Bagaimana menurut pendapat Anda tentang aktivitas guru selama pembelajaran tersebut?
A. Guru telah melaksanakan tugasnya dengan sangat baik dengan memanfaatkan TIK selama pembelajaran berlangsung.
B. Guru telah menempatkan TIK sesuai dengan perannya sehingga peserta didik aktif selama pembelajaran berlangsung.
C. Guru keliru memahami peran TIK sebagai alat pendukung pembelajaran, sehingga cenderung menggantikan perannya sebagai seorang guru. 4
D. Guru telah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan abad ke-21 dan menyiapkan peserta didik pada Era Revolusi Industri 4.0.
E. Guru keliru menggunakan bahan ajar berbasis TIK karena bahan ajar berbasis TIK pada umumnya akan membuat peserta didik menjadi pasif.
3. Salah satu tujuan dari pembelajaran tematik berbasis TIK adalah memudahkan kegiatan peserta didik untuk melihat hubungan-hubungan yang bermakna dari berbagai informasi yang didapatkannya. Kegiatan belajar di bawah ini yang menunjang tercapainya tujuan tersebut adalah...
A. Guru menggunakan aplikasi KAHOOT dalam pembelajaran yang membangun daya berpikir, konsentrasi, dan jiwa disiplin peserta didik sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
B. Guru membangun daya berpikir peserta didik dengan memberi kebebasan untuk mencari tahu segala hal yang berhubungan dengan materi pembelajaran berbantuan TIK sebelum guru menguatkannya.
C. Peserta didik mencari materi pembelajaran pada media online dan menyampaikan materi pembelajaran yang telah dipelajarinya kepada teman-temannya.
D. Guru menyampaikan materi dengan PowerPoint lalu peserta didik menyimak apa yang disampaikan oleh guru.
E. Peserta didik memahami materi pembelajaran melalui media pembelajaran berbasis TIK yang relevan dengan materi pembelajaran yang sedang dibahas tanpa penguatan dari guru.
4. Berikut merupakan pernyataan yang tepat tentang bahan ajar tematik berbasis TIK untuk pembelajaran remedial di SD kelas awal adalah
Select one:
A. Bahan ajar dikemas secara tematik dengan memadukan seluruh mata pelajaran yang terikat pada tema dengan memanfaatkan TIK sebagai alat pendukung pembelajaran.
B. Bahan ajar dikembangkan untuk setiap mata pelajaran yang terikat pada tema pembelajaran menggunakan dukungan TIK.
C. Bahan ajar dikemas secara lebih mendalam dan meluas berbasis tema yang memadukan seluruh mata pelajaran dengan memanfaatkan TIK sebagai alat pendukung pembelajaran.
D. Bahan ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur seperti bahan ajar pokok dalam pembelajaran harian dengan mengintegrasikan TIK.
E. Bahan ajar memuat konsep tentang TIK dan pemanfaatannya dalam pembelajaran di SD.
5. Persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia sangat dinamis. Adakalanya persatuan dan kesatuan bangsa itu begitu kokoh, tetapi ada juga masa ketika persatuan dan kesatuan bangsa mendapat ujian ketika dirongrong oleh gerakan-gerakan pemberontakan yang ingin memisahkan diri dari NKRI, serta segala bentuk teror yang bisa berdampak munculnya perpecahan di kalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa harus dilakukan. Berkaitan dengan hal tersebut, salah satu alasan pentingnya kita menjaga persatuan dan kesatuan bangsa adalah
A. persatuan dan kesatuan bangsa menentukan harkat dan derajat Bangsa Indonesia dalam pergaulan dengan bangsa lainnya
B.paham kedaerahan akan semakin kuat apabila persatuan dan kesatuan bangsanya pun semakin kokoh dan selalu dijaga
C. persatuan dan kesatuan merupakan alat bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur
D. kemajuan ekonomi suatu negara sangat ditentukan oleh kemampuan rakyatnya dalam menjaga persatuan dan kesatuan
E. Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mensejajarkan diri dengan bangsa lain dalam pergaulan internasional
6. Amir dapat menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 3 jam, sedangkan Budi dapat menyelesaikan dalam waktu 6 jam. Jika mereka bekerja bersama-sama, berapa waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut?
a. 5
b. 4
c. 9
d. 2
7. Materi pembelajaran di SD yang relevan dengan tujuan pembelajaran "melalui mengamati benda-benda di sekitar kelas, peserta didik dapat menunjukkan dua benda berbentuk kubus" adalah ...
A. Materi pembelajaran memuat paling tidak konsep tentang kubus.
B. Materi pembelajaran paling tidak memuat kekuatan dan kelemahan peserta didik ketika belajar tentang bangun ruang berbentuk kubus.
C. Materi pembelajaran memuat konsep, prinsip, dan prosedur tentang kubus secara lengkap dan mendetail.
D. Materi pembelajaran memuat paling tidak fakta tentang benda-benda berbentuk kubus.
E. Materi pembelajaran memuat paling tidak pinsip tentang rumus volume kubus.
8. Guru menggunakan media pembelajaran berbasis TIK berbentuk alat bantu pembelajaran di kelas, tetapi peserta didik cenderung bermain-main dengan alat tersebut. Apa yang harus guru lakukan agar pembelajaran dapat dilaksanakan dengan efektif?
A. Memarahi peserta didik yang tidak memperhatikan dan mengarahkannya supaya dapat belajar dengan tertib.
B. Membiarkan peserta didik bermain sepuasnya hingga akhirnya mengikuti pembelajaran.
C. Membuat aturan tegas yang disepakati bersama pada awal pembelajaran agar peserta didik tertib dalam belajar.
D. Menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran agar peserta didik dapat belajar sesuai dengan keunikannya.
E. Membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil untuk beraktivitas secara kelompok.
11. Berikut yang merupakan cara merancang program remedial berdasarkan informasi hasil penilaian pada aspek pengetahuan adalah
a. Memberi bimbingan secara perorangan bila terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan yang sama.
b. Memberi bimbingan dengan memanfaatkan tutor sebaya yang juga merupakan peserta didik yang harus diremedial baik secara individu maupun kelompok.
c. Metode pembelajaran yang diterapkan disesuaikan dengan kesulitan belajar peserta didik.
d. Memberi bimbingan secara kelompok bila terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan belajar yang berbeda.
e. Metode pembelajaran yang diterapkan sama dengan metode pembelajaran yang telah diterapkan sebelumnya.
12. Apakah yang dimaksud dengan equlibrasi?
a. Ketidak seimbangan antara apa yang telah diketahui dengan apa yang dilihat atau dialaminya sekarang
b. Proses penyesuaian struktur kognitif ke dalam situasi yang baru
c. Proses pengintegrasian atau penyatuan informasi baru ke dalam struktur kognitif yang telah dimiliki oleh individu
d. Penyesuaian berkesinambungan
e. Proses modifikasi informasi agar cocok dengan struktur kognitif yang telah dipunyai
Posting Komentar