CONTOH PROGRAM KOMUNITAS BELAJAR (KOMBEL)
susirahayu99.blogspot.com|| Contoh Program Komunitas Belajar (Kombel) ~ Sebuah kegiatan akan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan apabila memiliki program yang jelas dan terukur sesuai dengan kesepakatan bersama dan sesuai dengan aturan yang berlaku.
Begitu juga dengan komunitas belajar guru, yang biasanya disingkat dengan kombel. Komunitas belajar adalah sebuah terobosan bagi pendidik untuk saling berbagi praktik baik dalam mencari dan mengembangkan diri guna memberikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan dunia peserta didik.
Untuk itu pada setiap satuan pendidikan diharapkan memiliki sebuah komunitas belajar. Agar komunitas belajar berjalan maka perlu sebuah program yang dibuat, disepakati dan dijalankan oleh warga sekolah.
Apakah satuan pendidikan anda sudah memiliki komunitas belajar? Bila belum segera didaftarkan komunitas belajar tersebut di aplikasi PMM ya. Bagi satuan pendidikan yang belum memiliki program komunitas belajar ayo segera buat programnya.
Dalam membuat program komunitas belajar yang tepat harus berdasarkan kondisi satuan pendidikan, sarana prasarana, peserta didik dan lain sebagainya, dengan menerapkan pripsip kolaborasi antar warga sekolah.
Bagi anda yang belum memiliki Program Komunitas Belajar dapat menggunakan contoh ini sebagai referensi dan dapat diedit serta dikembang sesuai dengan kondisi satuan pendidikan anda. Dokumen Contoh Program Komunitas Belajar ini menggunakan MS.Word sehingga mudah di edit ya. Bagi anda yang memerlukan file Contoh Program Komunitas Belajar. Dapat anda unduh pada bagian bawah artikel ini yaaaaa.....!
Berikut ini beberapa komponen dari Contoh Program Komunitas Belajar.
KATA PENGANTAR
Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat Nya sehingga penyusunan Program Kerja Komunitas Belajar (Kombel) SD Negeri 3 Beji Mulyo tahun 2024 dapat disusun guna memudahkan pelaksanaan kegiatan komunitas belajar.
Program komunitas belajar SD Negeri 3 Beji Mulyo ini kami susun melalui rapat dewan guru dan staf sekolah. Program kegiatan ini dimaksudkan sebagai pedoman pelaksanaan dalam penyelenggaraan kegiatan Kombel SD Negeri 3 Beji Mulyo tahun 2024. Agar kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lancar tentunya dalam penyusunan program ini masih banyak kekurangan dan kelemahan yang perlu dibenahi dan tak lupa kami ucapkan terimakasih
kepada semua pihak yang membantu dalam penyelesaian program komunitas sekolah ini.
Demikian program komunitas belajar SD Negeri 3 Beji Mulyo tahun 2024 ini disusun dengan penuh pertimbangan dan perhitungan, serta dapat dijadikan sebagai acuan untuk memperlancar pelaksanaan kegiatan yang dimaksud.
Mengetahui,
Kepala SD Negeri 3 Beji Mulyo
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN SAMPUL................................................................................ i
KATA PENGANTAR ................................................................................ ii
DAFTAR ISI ........................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN ..................................................................... 1
A. Latar Belakang ................................................................... 1
B. Tujuan ................................................................................ 2
C. Manfaat ............................................................................. 2
D. Landasan Hukum ............................................................... 3
BAB II VISI DAN MISI SEKOLAH ......................................................
5 A. Visi......................................................................................
5 B. Misi .....................................................................................
5 C. Tujuan ................................................................................
BAB III PROGRAM KOMUNITAS BELAJAR......................................
8 A. Program Kegiatan Kombel ..................................................
8 B. Struktur Pengurus Komunitas Belajar..................................
9 C. Jadwal Program Kerja Komunitas .......................................
10 BAB IV PENUTUP................................................................................ 12
LAMPIRAN .............................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Komunitas belajar dalam sekolah adalah sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan dalam satu sekolah yang belajar bersama-sama dan berkolaborasi secara rutin dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar peserta didik. Pembelajaran yang efektif membutuhkan kehadiran sosok guru yang kompeten, yaitu guru yang memiliki kapabilitas untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik. Pembelajaran yang efektif adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan strategi yang efektif, pengelolaan kelas yang efektif, serta desain kurikulum yang efektif pula (Marzano, 2007; 5). Pembelajaran yang efektif terwujud melalui perilaku guru yang meliputi kejelasan penjelasan guru, variasi cara mengajar, orientasi tugas, dan optimalisasi keterlibatan belajar siswa (Borich, 1996; 11). Artinya, pembelajaran yang efektif hanya bisa dilakukan oleh guru yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan perundang-undangan.
Komunitas belajar dalam sekolah sangat penting karena komunitas belajar menjadi wadah untuk merealisasikan terjadinya kolaborasi antar pendidik. Pendidik belajar bersama (tidak terisolasi), pendidik bersepakat tentang standar umum seperti pembelajaran yang efektif, rubrik/indikator penilaian, pendidik bersepakat bahwa pendidikan semua peserta didik adalah tanggung jawab kolektif. Dengan adanya komunitas belajar dalam sekolah, ketimpangan kompetensi antar pendidik dapat diminimalisir, sehingga peserta didik memeroleh pengalaman belajar dengan kualitas yang sama siapapun pendidiknya. Proses belajar dalam komunitas yang terjadi secara berkelanjutan akan membentuk ekosistem dan budaya belajar yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Komunitas belajar dalam sekolah terdiri dari para pendidik yang ada pada satu sekolah. Komunitas belajar di SD Negeri 3 Beji Mulyo dibagi menjadi dua kelompok dengan masing-masing anggota yang berbeda. Adapun komunitas belajar kelompok yang kami ajukan bernama ......... .
Nama tersebut dibuat dengan harapan mampu menjadi inspirasi dan meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 3 Beji Mulyo . Selanjutnya kegiatan komunitas belajar telah disusun terstruktur dengan jadwal terlampir dan disesuaikan dengan kondisi sekolah.
B. Tujuan
Adapun tujuan dari program komunitas belajar sekolah di SD Negeri 3 Beji Mulyo adalah :
1. Mengedukasi anggota komunitas dengan mengumpulkan dan berbagi informasi terkait pertanyaan dan masalah terkait praktik.
2. Mendukung dengan merancang interaksi dan kolaborasi antara anggota komunitas.
3. Membina anggota kelompok dengan mengajak anggota kelompok untuk mulai belajar dan belajar secara berkelanjutan.
4. Mendorong anggota dengan mempromosikan pekerjaan dari anggota melalui saling berbagi dan diskusi.
5. Mengintegrasikan pembelajaran yang didapatkan melalui komunitas dalam pekerjaan sehari-hari (Wenger, 1998).
C. Manfaat
Adapun manfaat dari program komunitas belajar sekolah di SD Negeri adalah
1. Membangun jejaring antara pendidik yang sebelumnya tidak memiliki kesempatan untuk berdiskusi.
2. Memberikan ruang bagi pendidik untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, isu kontekstual, pengalaman pribadi yang dapat membangun pemahaman dan wawasan terkait pembelajaran.
3. Membangun dialog atau diskusi antar rekan sejawat yang dapat mengeksplorasi strategi dan solusi baru atas tantangan yang dihadapi dan saling mendukung dalam proses pengembangan diri.
4. Menstimulasi pembelajaran dengan menjadi wadah untuk komunikasi, mentoring, coaching, dan refleksi diri.
5. Membagikan pengetahuan yang ada untuk membantu anggota dalam meningkatkan praktik mereka dengan menyediakan forum untuk mengidentifikasi solusi untuk masalah umum dan proses untuk mengumpulkan dan mengevaluasi praktik terbaik.
6. Mendorong anggota komunitas untuk mengembangkan aksi nyata dengan hasil yang terukur.
7. Menghasilkan pengetahuan baru untuk membantu anggota mengubah praktik untuk mengakomodasi perubahan kebutuhan dan teknologi.
C. Landasan Hukum
Landasan Yuridis dalam penyusunan program komunitas belajar SD Negeri dikembangkan, berlandaskan pada ketentuan peraturan perundang undangan sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan;
3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
5. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 6. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
7. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Setrategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024
9. Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran;
10. Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
11. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah;
12. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 tentang Standar Isi Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah;
13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 16 Tahun 2022 tentang Standar Proses pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah;
14. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 21 Tahun 2022 tentang Standar Penilaian Pendidikan pada
Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah;
15. Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
16. Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 7607/B.B1/HK.03/2023 tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah.
BAB II
VISI DAN MISI SEKOLAH
A. Visi SD Negeri 3 Beji Mulyo
Visi SD Negeri :
…….
B. Misi SD Negeri 3 Beji Mulyo
1. ....
2. ....
BAB III
PROGRAM KOMUNITAS BELAJAR
A. Program Komunitas Belajar SD Negeri 3 Beji Mulyo
Program komunitas belajar ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran melalui kolaborasi dan pembelajaran bersama antara pendidik. Adapun program komunitas belajar SD Negeri 3 Beji Mulyo adalah :
1. Review KOSP : Kegiatan ini mencakup peninjauan terhadap Kurikulum Sekolah dan Pedoman (KOSP) yang digunakan dalam proses pembelajaran.
2. Review RPP dan Modul Ajar: Dalam komunitas belajar, anggota akan berkumpul untuk meninjau dan memeriksa Rencana Pembelajaran (RPP) dan Modul Ajar yang telah disiapkan.
3. Review Alur Tujuan Pembelajaran: Komunitas belajar akan mengulas alur atau langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
4. Review Bahan Ajar: Pada poin ini, anggota komunitas belajar akan mengevaluasi materi ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran.
5. Asesmen: Ini mencakup evaluasi tentang bagaimana peserta didik diukur dalam mencapai tujuan pembelajaran.
6. Penilaian Asesmen dan Rapor: Pada tahap ini, komunitas belajar akan mengkaji hasil asesmen yang telah dilakukan terhadap peserta didik.
7. Review Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5):
Komunitas belajar akan mengulas alur atau langkah-langkah yang diperlukan untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).
8. Praktik Baik: Anggota komunitas akan berbagi pengalaman positif dalam mengajar dan mengelola kelas.
9. Pembelajaran Berdiferensiasi: Pada poin ini, komunitas belajar akan membahas bagaimana mereka dapat mengadaptasi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan beragam peserta didik.
10. PMM dan Aksi Nyata: Anggota komunitas belajar akan merencanakan tindakan nyata (aksi).
B. Struktur Pengurus Komunitas Belajar
Komunitas Belajar ...... SD Negeri 3 Beji Mulyo beranggotakan
dari sembilan guru. Adapun struktur kepengurusannya sebagai berikut:
No NAMA JABATAN
1. Penanggungjawab
2. Ketua
3. Wakil
4. Sekertaris
5. Bendahara
6. Anggota
7. Anggota
8. Anggota
9. Anggota
C. Jadwal Program Komunitas Belajar SD Negeri
Pelaksanaan Komunitas Belajar SD Negeri 3 Beji Mulyo dilaksanakan setiap Sabtu setiap bulannya dan diikuti oleh semua anggota Komunitas Belajar. Adapun program komunitas belajar terjadwal seperti pada tabel berikut :
No Waktu Kegiatan Sasaran Ket
1. • Pembentukan dan
menyusun program
komunitas belajar
• Review Modul P5
• Pembelajaran
Berdiferensiasi Anggota
Komunitas
2. • Review Alur Tujuan
Pembelajaran (ATP)
• Review RPP dan Modul Ajar
• PMM dan Aksi Nyata Anggota
Komunitas
3. • PMM dan Aksi Nyata
• Review Bahan Ajar
• Menyusun Asesmen Anggota
Komunitas
4. • PMM dan Aksi Nyata
• Review Bahan Ajar
• Menyusun Asesmen Anggota Komunitas
5. • PMM dan Aksi Nyata Anggota
• Praktik Baik
• Menysusun Asesmen Komunitas
6. • Penilaian Asesmen dan Rapor Anggota Komunitas
7. • Review Modul P5
• Pembelajaran Berdiferensiasi Anggota Komunitas
8. • Review RPP dan Modul Ajar
• PMM dan Aksi Nyata
• Menysusun Asesmen Anggota
Komunitas
9. • PMM dan Aksi Nyata
• Review Bahan Ajar
• Menyusun Asesmen Anggota Komunitas
10. • PMM dan Aksi Nyata
• Review Bahan Ajar
• Menyusun Asesmen Anggota Komunitas
11. • PMM dan Aksi Nyata
• Praktik Baik
• Menysusun Asesmen Anggota Komunitas
12. • Penilaian Asesmen dan Rapor
• Review KOSP Anggota Komunitas
BAB IV
PENUTUP
Dalam penyelenggaraan komunitas belajar memiliki visi dan komitmen yang kuat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan pendidikan. Rencana yang telah disusun menjadi langkah awal yang penting menuju perubahan yang diharapkan. Dalam penutup ini, ingin menegaskan beberapa poin penting yang perlu menjadi fokus saat kita menjalankan program ini.
1. Pertama-tama, komunitas belajar adalah wadah yang sangat berharga untuk kolaborasi dan pertukaran gagasan. Ketika program ini dimulai, mari kita aktif berpartisipasi dalam diskusi, perencanaan, dan evaluasi untuk memastikan bahwa program ini berjalan dengan baik.
2. Kedua, evaluasi berkala akan menjadi kunci dalam menilai dampak program ini terhadap kualitas pembelajaran. Kita akan menggunakan metrik dan indikator yang telah disepakati bersama untuk mengukur kemajuan kita dan membuat perubahan yang dibutuhkan.
3. Ketiga, dalam proses ini, mari kita tetap terbuka terhadap ide-ide inovatif dan perubahan yang diperlukan dalam pembelajaran. Dunia pendidikan terus berubah, dan kita perlu siap untuk beradaptasi dengan perkembangan terbaru.
Terakhir, tetaplah termotivasi oleh tujuan yang telah disusun untuk memberikan pendidikan yang lebih baik bagi peserta didik. Dengan kolaborasi dan kerja keras, kita dapat mencapai tujuan ini dan memberikan dampak positif pada masa depan generasi mendatang.
Saat kita memasuki tahap pelaksanaan program ini, mari kita lanjutkan dengan semangat dan tekad yang sama seperti dalam perencanaan. Bersama-sama, kita akan mencapai perubahan yang kita inginkan dalam dunia pendidikan. Terima kasih atas komitmen dan dedikasi Anda untuk masa depan pendidikan yang lebih baik.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1. SK Komunitas Belajar
2. Catatan Pertemuan Komunitas Belajar
Semoga informasi berkaitan dengan Contoh Program Komunitas Belajar dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
Posting Komentar