IKLAN HEADER

 TRYOUT SOAL SJT UKPPPG GURU TERTENTU TAHUN 2024



1. Seorang guru sedang mengajar materi tentang "Peristiwa Alam". Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat laporan pengamatan tentang cuaca. Tugas tersebut bertujuan untuk ...


A. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.
B. Melatih keterampilan siswa dalam membuat laporan.
C. Melatih kreativitas siswa dalam belajar.
D. Meningkatkan motivasi belajar siswa.


2. Seorang guru sedang mengajar materi tentang "Etika Profesi Guru". Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat video tentang pentingnya menjaga kode etik guru. Tugas tersebut bertujuan untuk ...

A. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.
B. Melatih keterampilan siswa dalam membuat video.
C. Melatih kreativitas siswa dalam belajar.
D. Meningkatkan motivasi belajar siswa.

3. Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria yang telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif, kognitif, dan psikomotorik. Itu adalah prinsip penialaian....

a. beracuan kriteria dan menyeluruh
b. beracuan kriteria dan sistematis
c. akuntabel dan menyeluruh
d. objektif dan menyeluruh

4. Jika pada silabu terdapat diksi "memecahkan masalah sampah" hal itu terdapat pada komponen....

a. materi pembelajaran
b. kegiatan pembelajaran
c. kompetensi dasar
d. indikator pencapaian kompetensi
e. penilaian

5. Suatu hal saya mendapatkan tugas yang sepele, sikap saya....

a. marah karena kemampuan saya dianggap rendah
b. sedih karena saya merasa tidak dianggap oleh perusahaan
c. melimpahkan tugas tersebut pada rekan lainyang kapasitasnya lebih tepat
d. segera menyelesaikan tugas dengan sepenuh hati
e. meminta atasan untuk memberikan tugas lain yang sesuai


6. Terkait pada suatu kesanggupan melakukan hal tertentu pada umumnya saya akan....

a. dalam waktu yang sama melakukan berbagai kegiatan
b. hanya melakukan kegiatan yang relevan denga kegiatan utama
c. melakukan kegiatan lain sekadar sebagai selingan
d. lebih banyak melakukan kegiatan lain yang baru
e. menolak kegiatan lain sebelum tugas terselesaikan

7. Demi kelancaran acara eskok hari, divisi saya diminta kerja lembur, padahal saya sudah berjanji untuk mengnatar ibu saya ke dokter. Yang seharusnya saya lakukan adalah....

a. pulang dna teman-teman tidak mengetahuinya
b. pulang lebih cepat dengan pura-pura sakit
c. mencoba menghubungi ibu saya dan mengatakan saya akan sedikit terlamabat
d. lembur sampai pekerjaan selesai
e. meminta izin kepada atasan untuk mengantar ibu saya sebentar lalu kembali kerja


8. Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah ditetapkan, maka sebagai pimpinan saya....

a. tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik tatau tidak
b. mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika diperlukan
c. mendorong orang lain untuk bekerja dengna baik jika situasi memungkinkan
d. menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik
e. mengajak orang lain bersama-sama untuk bekerja dengan baik

9. Apa yang akan Anda lakukan jika sedang memperdebatkan sesuatu padahal kelompok Anda jelas-jelas tidak menyetujuinya?

a. saya akan tetap mempertahakan pendapat saya
b. saya akan menyimak pendapat lain terlebih dahulu
c. saya akan berpikir ulang dan mencari jalan tengah
d. saya akan mengalah saja
e. saya akan mengumpulkan teman terlebih dahulu untuk menyuarakan pendapat saya

10. Anda sedang mengemudi kendaraan, tiba-tiba handphone Anda berdering, apa yang akan Anda lakukan....

a. menepi untuk mengangkat handphone
b. menyuruh rekan yang di samping Anda untuk mengangkatnya
c. membiarkannya saja sampai ke tempat tujuan
d. mematikan handphone karena mengganggu konsentrasi saat berkendara
e. segera mengangkatnya karena membuat Anda tidak fokus berkendaran

11. Peserta didik Sekolah Dasar saat ini menghendaki kebebasan belajar, menyukai hal baru yang praktis serta rentang perhatian pendek. Untuk membantu peserta didik supaya dapat belajar sesuai dengan karakteristik tersebut maka hal yang tepat dilakukan guru adalah...

A. Proses pembelajaran guru dilakukan dengan mengemas materi pembelajaran ke dalam topik-topik kecil
B. Guru berupaya untuk mengganti buku cetak dengan buku elektronik
C. Menambah materi pembelajaran berupa bacaan agar peserta didik dapat membaca materi
D. Guru mengurangi jam pelajaran dan tatap muka agar peserta didik dapat belajar di rumah
E. Model pembelajaran yang satu-satunya dilakukan oleh guru ketika peserta didik belajar adalah belajar penemuan

12. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah...

 

A. Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni rupa
E. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan

13. Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan dan membedakan jenis-jenis unggas. Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif. Mendasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya...

A. Fakta
B. Prosedur
C. Keterampilan
D. Konsep
E. Prinsip

 

14. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek...

A. Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik
B. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
C. Pengembangan kurikulum
D. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
E. berkomunikasi pada peserta didik

15. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar...

A. Sibernetik
B. Kognitif
C. Humanistik
D. Behaviorisme
E. Konstruktivisme

16. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah...

A. Behaviorisme
B. Kognitif
C. Humanistik
D. Sibernetik
E. Konstruktivisme

17. Dalam mempersiapkan pembelajaran seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut...

A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru.
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan
E. Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci

18. Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswanya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu....

A. Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
B. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa didalam kelas
D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran

E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal

19. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi belajar rendah karena....

A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia sarana belajar yang lengkap
B. Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bermain
C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua
D. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu siswa
E. Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok

20. Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud RI No 22 tahun 2016 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup sekurang-kurangnya....

A. Kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
B. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar, model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar, dan bobot penilaian hasil belajar
C. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran, sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes
D. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar
E. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil belajar

1. Seorang guru menggunakan animasi video untuk menjelaskan materi prinsip kerja hukum Newton. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK dalam domain…

A. Rancangan kurikulum
B. Pengelolaan pembelajaran
C. Upaya memahami peserta didik
D. Memahami materi pembelajaran
E. Merepresentasikan data

2. Seorang guru menyediakan forum konsultasi secara online selama pembelajaran daring melalui WA. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK dalam domain…

A. Rancangan kurikulum
B. Pengelolaan pembelajaran
C. Upaya memahami peserta didik
D. Memahami materi pembelajaran
E. Merepresentasikan data

3. Yang merupakan contoh kegiatan guru menerapkan TIK untuk pengelolaan pembelajaran dalam TPACK adalah…

A. Menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah nilai
B. Menggunakan kuis online untuk menilai partisipasi peserta didik
C. Menggunakan grup chatting untuk memahami cara berkomunikasi melalui medsos
D. Menggunakan sistem informasi akademik

4. Pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan mengenai proses dan strategi pembelajaran merupakan pengertian dari…

A. TPACK
B. TPK
C. CK
D. PK

5. Agar TPACK bisa menjadi sebuah ekosistem pendidikan berbasis data, maka guru atau sekolah harus…

A. Mempelajari teknologi data
B. Menguasai internet
C. Mengaplikasikan sistem
D. Mengembangkan aplikasi komputer

6. Salah satu contoh dalam TPACK sebagai model global yang bisa diakses oleh semua orang untuk belajar adalah….

A. Website
B. Foseguare
C. Facebook
D. Instagram
E. Ruangguru.com

7. Bu Ana mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ana memeriksa laporan hasil observasi siswa.

Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas menunjukkan siswa memiliki kecenderungan gaya belajar berhasil baik melalui.....

A. Visual (pandangan mata) - Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran ) - Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik

8. Pembelajaran akan lebih efektif jika guru mengetahui terlebih dahulu karakteristik siswa terutama dari kemampuan awal yang dimilikinya. Berikut merupakan cara untuk menentukan kemampuan awal siswa, kecuali...

A. Memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang telah dipelajari terdahulu pada awal pembelajaran
B. Memberikan pretest pada awal pembelajaran menggunakan instrumen yang memadai tentang materi yang telah dipelajari terdahulu
C. Pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan belajar tentang materi yang telah dipelajarinya terdahulu
D. Pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan testimoni tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan sebelumnya

9. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ...

A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber bahan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

10. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru...

A. Memberi contoh penting toleransi
B. Mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi

11. Pak Sardi akan mengajarkan suatu materi pembelajaran di kelas X. Pak Sardi akan menerapkan suatu model pembelajaran yang memungkinkan para peserta didik belajar dalam kelompok, tetapi Pak Sardi hanya membantu peserta didik yang mengalami kesulitan secara individual. Model pembelajaran yang sesuai adalah...

A. Student Team Achievement Division
B. Team Assisted Individualization
C. Jigsaw
D. Team Game Tournament

12. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh guru sebelum menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah...

A. Merumuskan indikator capaian kompetensi dasar
B. Melakukan analisis materi pembelajaran
C. Merumuskan tujuan pembelajaran
D. Melakukan analisis kompetensi dasar

13. Berikut merupakan pernyataan yang paling tepat tentang bahan ajar yang dikembangkan oleh guru, kecuali...

A. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan hasil Analisis Materi Pelajaran (AMP) agar tidak terdapat materi yang signifikan terlewatkan
B. Bahan ajar memuat pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif tergantung karakteristik kompetensi dasar
C. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan kriteria keterurutan, keterkaitan, kedalaman dan keluasan
D. Bahan ajar memuat seluruh struktur pengetahuan tanpa kecuali

14. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali

A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

15. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki 3 fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali:

A. Teknologi sebagai alat bantu bagi Siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk

16. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan...

A. Kemampuan kognitif
B. Kemampuan interaksional
C. Kemampuan integrasi diri
D. Kemampuan komunikatif

17. Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan strategi.....

A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning

18. Struktur materi pembelajaran yang paling sesuai untuk dikembangkan berdasarkan tujuan pembelajaran “melalui demonstrasi, siswa mampu menjelaskan cara membuat model kelinci menggunakan teknik origami dengan cermat” adalah...

A. Fakta
B. Konsep
C. Prosedur
D. Prinsip

19. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia...

A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun

20. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ......

A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis

LINK TRYOUT SOAL SJT UKPPPG GURU TERTENTU TAHUN 2024

LINK TRYOUT UKPPG GURU TERTENTU PILOTING TAHUN 2024 

Tryout UKPPPG Guru Tertentu Piloting Tahun 2024

Tryout Soal PCK UKPPPG Guru Tahun 2024 Tertentu 2024 

Tryout Soal SJT UKPPPG Guru Tertentu Tahun 2024

 Tryout UKPPPG STJ &  PCK Guru Tertentu Tahun 2024 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL