TRYOUT SOAL SJT UKPPPG GURU TERTENTU TAHUN 2024
1. Seorang guru sedang mengajar materi tentang
"Peristiwa Alam". Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat
laporan pengamatan tentang cuaca. Tugas tersebut bertujuan untuk ...
A. Meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.
B. Melatih keterampilan siswa dalam membuat laporan.
C. Melatih kreativitas siswa dalam belajar.
D. Meningkatkan motivasi belajar siswa.
2. Seorang guru sedang mengajar materi tentang "Etika Profesi Guru".
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat video tentang pentingnya
menjaga kode etik guru. Tugas tersebut bertujuan untuk ...
A. Meningkatkan pemahaman siswa
terhadap materi.
B. Melatih keterampilan siswa dalam membuat video.
C. Melatih kreativitas siswa dalam belajar.
D. Meningkatkan motivasi belajar siswa.
3. Guru mengadakan penilaian yang mengacu pada kriteria yang
telah ditetapkan dan mencakup semua aspek kompetensi baik afektif, kognitif,
dan psikomotorik. Itu adalah prinsip penialaian....
a. beracuan kriteria dan menyeluruh
b. beracuan kriteria dan sistematis
c. akuntabel dan menyeluruh
d. objektif dan menyeluruh
4. Jika pada silabu terdapat diksi "memecahkan masalah
sampah" hal itu terdapat pada komponen....
a. materi pembelajaran
b. kegiatan pembelajaran
c. kompetensi dasar
d. indikator pencapaian kompetensi
e. penilaian
5. Suatu hal saya mendapatkan tugas yang sepele, sikap
saya....
a. marah karena kemampuan saya dianggap rendah
b. sedih karena saya merasa tidak dianggap oleh perusahaan
c. melimpahkan tugas tersebut pada rekan lainyang kapasitasnya lebih tepat
d. segera menyelesaikan tugas dengan sepenuh hati
e. meminta atasan untuk memberikan tugas lain yang sesuai
6. Terkait pada suatu kesanggupan melakukan hal tertentu pada umumnya saya
akan....
a. dalam waktu yang sama melakukan berbagai kegiatan
b. hanya melakukan kegiatan yang relevan denga kegiatan utama
c. melakukan kegiatan lain sekadar sebagai selingan
d. lebih banyak melakukan kegiatan lain yang baru
e. menolak kegiatan lain sebelum tugas terselesaikan
7. Demi kelancaran acara eskok hari, divisi saya diminta
kerja lembur, padahal saya sudah berjanji untuk mengnatar ibu saya ke dokter.
Yang seharusnya saya lakukan adalah....
a. pulang dna teman-teman tidak mengetahuinya
b. pulang lebih cepat dengan pura-pura sakit
c. mencoba menghubungi ibu saya dan mengatakan saya akan sedikit terlamabat
d. lembur sampai pekerjaan selesai
e. meminta izin kepada atasan untuk mengantar ibu saya
sebentar lalu kembali kerja
8. Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah ditetapkan, maka sebagai pimpinan
saya....
a. tidak mempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja
dengan baik tatau tidak
b. mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika diperlukan
c. mendorong orang lain untuk bekerja dengna baik jika situasi memungkinkan
d. menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik
e. mengajak orang lain bersama-sama untuk bekerja
dengan baik
9. Apa yang akan Anda lakukan jika sedang memperdebatkan
sesuatu padahal kelompok Anda jelas-jelas tidak menyetujuinya?
a. saya akan tetap mempertahakan pendapat saya
b. saya akan menyimak pendapat lain terlebih dahulu
c. saya akan berpikir ulang dan mencari jalan tengah
d. saya akan mengalah saja
e. saya akan mengumpulkan teman terlebih dahulu untuk menyuarakan pendapat saya
10. Anda sedang mengemudi kendaraan, tiba-tiba handphone
Anda berdering, apa yang akan Anda lakukan....
a. menepi untuk mengangkat handphone
b. menyuruh rekan yang di samping Anda untuk mengangkatnya
c. membiarkannya saja sampai ke tempat tujuan
d. mematikan handphone karena mengganggu konsentrasi saat berkendara
e. segera mengangkatnya karena membuat Anda tidak fokus berkendaran
11. Peserta didik Sekolah Dasar saat ini menghendaki
kebebasan belajar, menyukai hal baru yang praktis serta rentang perhatian
pendek. Untuk membantu peserta didik supaya dapat belajar sesuai dengan
karakteristik tersebut maka hal yang tepat dilakukan guru adalah...
A. Proses pembelajaran guru
dilakukan dengan mengemas materi pembelajaran ke dalam topik-topik kecil
B. Guru berupaya untuk mengganti buku cetak dengan buku elektronik
C. Menambah materi pembelajaran berupa bacaan agar peserta didik dapat membaca
materi
D. Guru mengurangi jam pelajaran dan tatap muka agar peserta didik dapat
belajar di rumah
E. Model pembelajaran yang satu-satunya dilakukan oleh guru ketika peserta
didik belajar adalah belajar penemuan
12. Pada rancangan pembelajaran terdapat contoh kompetensi
dasar yaitu mengidentifikasi jenis, sifat, dan fungsi bahan alam dari tanaman
untuk produk karya seni rupa dan kriya, maka rumusan indikator yang bisa
dikembangkan guru pada tingkatan kognitif mencipta (C6) yang tepat, adalah...
A. Mengelompokan bahan alam dari tanaman pandan untuk produk
karya seni rupa
B. Menyebutkan fungsi tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
C. Menjelaskan sifat tanaman pandan untuk produk karya seni rupa
D. Membedakan sifat tanaman pandan dengan tanaman suji untuk produk karya seni
rupa
E. Membuat produk karya seni rupa dari tanaman pandan
13. Pada saat menyusun perencanaan pembelajaran pokok materi
tentang Unggas, seorang guru merumuskan tujuan pembelajaran agar siswa dapat
mendefinisikan hewan unggas, mengelompokan dan membedakan jenis-jenis unggas.
Adapun pilihan strategi pembelajaran untuk menjelaskan materi kepada siswa
tersebut yaitu strategi pembelajaran deduktif. Mendasarkan tujuan dan strategi
pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya...
A. Fakta
B. Prosedur
C. Keterampilan
D. Konsep
E. Prinsip
14. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode dan
teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan
teknologi merupakan kompetensi inti pedagogik pada aspek...
A. Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik
B. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip
pembelajaran
C. Pengembangan kurikulum
D. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
E. berkomunikasi pada peserta didik
15. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan
dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan
(hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan
(pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan
benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar...
A. Sibernetik
B. Kognitif
C. Humanistik
D. Behaviorisme
E. Konstruktivisme
16. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari
siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara
rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya
(law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah...
A. Behaviorisme
B. Kognitif
C. Humanistik
D. Sibernetik
E. Konstruktivisme
17. Dalam mempersiapkan pembelajaran seorang guru akan
selalu bertemu dengan istilah silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama
sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut...
A. Silabus berisi kompetensi dasar
sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP
bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru.
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satuan pendidikan
E. Dalam silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi secara rinci
18. Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang
tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswanya sehingga kesulitan dalam
mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar
demikian yaitu....
A. Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah
terhadap prestasi belajar
B. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara
rasional
C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa dan antar siswa
didalam kelas
D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
E. Berikan kesempatan memperoleh
pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun
prestasinya minimal
19. Seorang guru menjumpai kelas yang motivasi dan prestasi
belajar siswanya rendah, hal utama yang menyebabkan motivasi dan prestasi
belajar rendah karena....
A. Suasana kelas kurang kondusif karena tidak tersedia
sarana belajar yang lengkap
B. Siswa pasif dalam belajar dan lebih senang bermain
C. Siswa tidak mendapat bimbingan belajar dari orang tua
D. Pembelajaran kurang menghargai perbedaan individu
siswa
E. Siswa cenderung lebih suka belajar dalam kelompok
20. Dengan mencermati silabus, seorang guru akan merancang
pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud RI
No 22 tahun 2016 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mencakup
sekurang-kurangnya....
A. Kompetensi inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran,
materi ajar, model pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran,
dan penilaian hasil belajar
B. Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, materi ajar,
model pembelajaran, metode pengajaran, sumber belajar, penilaian hasil belajar,
dan bobot penilaian hasil belajar
C. Standar kompetensi, kompetensi dasar, metode pengajaran, media pembelajaran,
sumber belajar, langkah pembelajaran, tes hasil belajar, dan kunci jawaban tes
D. Identitas mata pelajaran, tujuan pembelajaran, materi ajar, model
pembelajaran, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan penilaian hasil
belajar
E. Identitas sekolah, identitas mata pelajaran, tujuan
pembelajaran, materi ajar, media, sumber belajar, langkah pembelajaran, dan
penilaian hasil belajar
1. Seorang guru menggunakan animasi video untuk menjelaskan
materi prinsip kerja hukum Newton. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK
dalam domain…
A. Rancangan kurikulum
B. Pengelolaan pembelajaran
C. Upaya memahami peserta didik
D. Memahami materi pembelajaran
E. Merepresentasikan data
2. Seorang guru menyediakan forum konsultasi secara online
selama pembelajaran daring melalui WA. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK
dalam domain…
A. Rancangan kurikulum
B. Pengelolaan pembelajaran
C. Upaya memahami peserta didik
D. Memahami materi pembelajaran
E. Merepresentasikan data
3. Yang merupakan contoh kegiatan guru menerapkan TIK untuk
pengelolaan pembelajaran dalam TPACK adalah…
A. Menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah nilai
B. Menggunakan kuis online untuk menilai partisipasi peserta didik
C. Menggunakan grup chatting untuk memahami cara berkomunikasi melalui medsos
D. Menggunakan sistem informasi akademik
4. Pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan
mengenai proses dan strategi pembelajaran merupakan pengertian dari…
A. TPACK
B. TPK
C. CK
D. PK
5. Agar TPACK bisa menjadi sebuah ekosistem pendidikan
berbasis data, maka guru atau sekolah harus…
A. Mempelajari teknologi data
B. Menguasai internet
C. Mengaplikasikan sistem
D. Mengembangkan aplikasi komputer
6. Salah satu contoh dalam TPACK sebagai model global yang
bisa diakses oleh semua orang untuk belajar adalah….
A. Website
B. Foseguare
C. Facebook
D. Instagram
E. Ruangguru.com
7. Bu Ana mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik
petani untuk mengamati tanaman jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu
Ana memeriksa laporan hasil observasi siswa.
Dari hasil klasifikasi kecenderungan gaya belajar siswa di
peroleh peringkat hasil belajar peringkat terbaik dari pembelajaran berupa
observasi di luar kelas menunjukkan siswa memiliki kecenderungan gaya belajar
berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata) - Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran ) - Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik
8. Pembelajaran akan lebih efektif jika guru mengetahui
terlebih dahulu karakteristik siswa terutama dari kemampuan awal yang
dimilikinya. Berikut merupakan cara untuk menentukan kemampuan awal siswa,
kecuali...
A. Memberikan pertanyaan-pertanyaan tentang materi yang
telah dipelajari terdahulu pada awal pembelajaran
B. Memberikan pretest pada awal pembelajaran menggunakan instrumen yang memadai
tentang materi yang telah dipelajari terdahulu
C. Pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk menuliskan kesulitan-kesulitan
belajar tentang materi yang telah dipelajarinya terdahulu
D. Pada awal pembelajaran, siswa diminta untuk
menuliskan testimoni tentang pembelajaran yang telah dilaksanakan sebelumnya
9. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut
...
A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari
pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan tambahan sumber bahan tambahan yang lebih
mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda
10. Upaya membimbing siswa untuk mengembang keterampilan
pengetahuan terlihat dalam upaya guru...
A. Memberi contoh penting toleransi
B. Mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan
disekitar siswa
C. Melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. Melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi
11. Pak Sardi akan mengajarkan suatu materi pembelajaran di
kelas X. Pak Sardi akan menerapkan suatu model pembelajaran yang memungkinkan
para peserta didik belajar dalam kelompok, tetapi Pak Sardi hanya membantu
peserta didik yang mengalami kesulitan secara individual. Model pembelajaran
yang sesuai adalah...
A. Student Team Achievement Division
B. Team Assisted Individualization
C. Jigsaw
D. Team Game Tournament
12. Langkah pertama yang harus dilakukan oleh guru sebelum
menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah...
A. Merumuskan indikator capaian
kompetensi dasar
B. Melakukan analisis materi pembelajaran
C. Merumuskan tujuan pembelajaran
D. Melakukan analisis kompetensi dasar
13. Berikut merupakan pernyataan yang paling tepat tentang
bahan ajar yang dikembangkan oleh guru, kecuali...
A. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan hasil Analisis Materi
Pelajaran (AMP) agar tidak terdapat materi yang signifikan terlewatkan
B. Bahan ajar memuat pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan
metakognitif tergantung karakteristik kompetensi dasar
C. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan kriteria keterurutan, keterkaitan,
kedalaman dan keluasan
D. Bahan ajar memuat seluruh struktur pengetahuan tanpa
kecuali
14. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
memiliki tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam
pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk
15. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran
memiliki 3 fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali:
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi Siswa dalam
pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai bahan dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk
16. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi masalah
yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk
mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini berkaitan dengan perkembangan...
A. Kemampuan kognitif
B. Kemampuan interaksional
C. Kemampuan integrasi diri
D. Kemampuan komunikatif
17. Konsep menyodorkan berbagai situasi kepada siswa dan
mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya adalah konsep dan
strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning
18. Struktur materi pembelajaran yang paling sesuai untuk
dikembangkan berdasarkan tujuan pembelajaran “melalui demonstrasi, siswa mampu
menjelaskan cara membuat model kelinci menggunakan teknik origami dengan
cermat” adalah...
A. Fakta
B. Konsep
C. Prosedur
D. Prinsip
19. Kemampuan berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah
logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan
ciri-ciri kemampuan anak berusia...
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
20. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan
kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ......
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis
LINK TRYOUT SOAL SJT UKPPPG GURU TERTENTU TAHUN 2024
LINK TRYOUT UKPPG GURU TERTENTU PILOTING TAHUN 2024
Tryout UKPPPG Guru Tertentu Piloting Tahun 2024
Tryout Soal PCK UKPPPG Guru Tahun 2024 Tertentu 2024
Tryout Soal SJT UKPPPG Guru Tertentu Tahun 2024
Tryout UKPPPG STJ & PCK Guru Tertentu Tahun 2024
Posting Komentar