IKLAN HEADER

 Harga Emas Turun, Paladium Mencapai Level Terendah dalam 5 Tahun

susirahayu99.blogspot.com ||  Harga Emas Turun, Paladium Mencapai Level Terendah dalam 5 Tahun ~ Harga emas mengalami pelemahan dalam penutupan perdagangan Kamis (8/2/2024), terdampak oleh penguatan dolar dan imbal hasil obligasi AS karena harapan penurunan suku bunga lebih awal dari Federal Reserve AS berkurang.


Harga Emas Turun, Paladium Mencapai Level Terendah dalam 5 Tahun
 Harga Emas Turun, Paladium Mencapai Level Terendah dalam 5 Tahun

Sementara itu, paladium terus mengalami penurunan karena prospek permintaan jangka panjang yang suram. Harga emas di pasar spot turun 0,13% menjadi US$2,031.58 per ounce. Sementara itu, harga emas berjangka AS ditutup 0,2% lebih rendah pada level US$2,047.9 per ounce.

Link 450 dan File Aksi Nyata PMM untuk semua jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB

"Faktanya, ekonomi AS masih cukup kuat, yang berarti The Fed memiliki sedikit keleluasaan untuk mulai menurunkan suku bunga saat ini," kata Bart Melek, kepala strategi komoditas di TD Securities seperti yang dikutip oleh Reuters. "Untuk emas menguat, kita harus melihat bukti bahwa pertumbuhan ekonomi melambat secara signifikan dan inflasi cenderung lebih rendah secara berkelanjutan," tambah Melek.


Beberapa pejabat The Fed pada hari Rabu memberikan berbagai alasan mengapa mereka tidak merasa terlalu mendesak untuk segera memulai pelonggaran kebijakan di Amerika, atau mengambil langkah cepat setelah hal tersebut dilakukan.


Pedagang sekarang memperkirakan sekitar 61% kemungkinan penurunan suku bunga oleh The Fed pada bulan Mei, menurut alat CME Fedwatch. Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya opportunity untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.


Paladium spot turun 1,3% menjadi US$882,85 per ounce, setelah mencapai $856,38, terendah dalam lima tahun, di awal sesi. Harga paladium turun di bawah harga logam sejenisnya, platinum, untuk pertama kalinya sejak April 2018 pada hari Kamis, karena meningkatnya kekhawatiran terhadap permintaan dan pertaruhan pada pasokan yang stabil membebani logam tersebut. Platinum dan paladium digunakan oleh pembuat mobil dalam konverter katalitik untuk membersihkan asap knalpot mobil.


"Peralihan baru dalam logam yang digunakan dalam autokatalis oleh produsen mobil tidak mungkin terjadi dalam waktu dekat karena mobil diproduksi dalam siklus yang lebih panjang. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa paladium diperdagangkan dengan harga lebih rendah dibandingkan platinum," kata analis UBS Giovanni Staunovo.


Sementara itu, harga perak naik 1,6% menjadi US$22,55 per ounce dan harga platinum naik 0,6% menjadi US$884,91.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL