IKLAN HEADER

   latihan soal kompetensi teknis P3K PGSD tahun 2024

1. dalam penyusunan rencana pembelajaran pendidik menyiapkan bahan ajar berupa buku, media cetak, elektronik dan berasal dari alam sekitar, hal ini merupakan bagian dari komponen RPP berupa…

  1.  media pembelajaran

  2.  sumber belajar

  3.  materi belajar

  4.  komponen pembelajaran

  5.  kelengkapan pembelajaran 

2. Salah satu faktor yang dapat menentukan perwujudan bakat adalah faktor dalam diri anak, yaitu keadaan berkaitan dengan….

  1.  dukungan keluarga

  2.  minat anak

  3.  dukungan masyarakat

  4.  minat orang tua

  5.  dukungan guru 

3.  salah satu dari tiga komponen dalam penulisan pembahasan pada setiap penelitian yang harus diuraikan, sehingga pada akhirnya guru mendapatkan hasil penelitian adalah…

  1.  memaparkan jurnal untuk mendukung hasil penelitian

  2.  menyajikan uraian perihal hasil penelitian hasil analisis statistik

  3.  menampilkan aspek-aspek dari variabel yang dianalisis

  4.  melakukan kajian terhadap teori yang digunakan

  5.  membuat ringkasan hasil penelitian 

4.  menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai dengan karakteristik sebagai berikut yaitu…

  1.  terpenuhinya kebutuhan fisik

  2.  dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya

  3.  meningkatkan harga diri

  4.  terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman 

5. Guna mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik maka pendidik perlu menggunakan…

  1.  model pembelajaran

  2.  metode pembelajaran

  3.  strategi pembelajaran

  4.  sasaran pembelajaran

  5.  perencanaan pembelajaran 

6. Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat melalui hal-hal berikut yaitu orang yang…

  1.  tingkat intelegensinya tinggi Pasti kreatif

  2.  tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif

  3.  kreatif Harus Memiliki tingkat intelegensi yang tinggi

  4.  Kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensi yang tinggi 

7.  Pada suatu hari dalam perjalanan menumpang mobil angkot. dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melakukan interaksi. Karena penasaran saya Mencoba memperhatikan apa yang mereka lakukan. ternyata mereka adalah siswa-siswa tunarungu yang sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak menggunakan bahasa. mereka menggunakan jari-jari tangan untuk berkomunikasi titik Dengan demikian mereka menggunakan bahasa isyarat dari ilustrasi di atas bahasa termasuk komunikasi….

  1.  verbal

  2.  nonverbal

  3.  inverbal

  4.  sistematik 

8.  Pembelajaran apresiasi sastra secara produktif di bawah ini dapat mengaktualisasikan potensi peserta didik sekaligus kreativitasnya yaitu…

  1.  mendengarkan cerita dari guru

  2.  membaca puisi anak-anak

  3.  menulis puisi bertema keindahan alam

  4.  menyimak pembacaan puisi teman 

9.  Salah satu manfaat media dalam pembelajaran menyimak adalah…

  1.  memungkinkan adanya keberagaman persepsi

  2.  mengontrol kecepatan mengajar guru dalam menyampaikan materi simakan

  3.  menumbuhkan individualisme siswa dalam menyimak bahasa

  4.  membangkitkan motivasi belajar siswa untuk berkonsentrasi dalam menyimak 

10. 4 aspek pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia Apabila disusun secara hirarkis akan tersusun sebagai berikut…

  1.  menulis, membaca, menyimak, berbicara

  2.  membaca, menyimak, berbicara, menulis

  3.  menyimak, berbicara, membaca, menulis

  4.  berbicara, membaca, menulis, menyimak 

11. Jumlah dua bilangan sama dengan 20.  jika hasil kali dua bilangan itu sama dengan 75 maka bilangan-bilangan tersebut adalah…

  1.  4 dan 16

  2.  5 dan 15

  3.  6 dan 14

  4.  8 dan 12

12. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali…

  1.  Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran

  2.  teknologi sebagai ilmu pengetahuan

  3.  teknologi sebagai bahan dan alat bantu pembelajaran

  4.  teknologi sebagai alat pengembangan produk

13. Salah satu kegiatan pembelajaran berbicara yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan potensi otak belahan kanan adalah…

  1.  mencatat cerita yang telah dibaca sebelum tampil di depan kelas untuk menceritakan kembali secara lisan

  2.  menghafalkan cerita yang telah dibaca dengan membacanya berulang-ulang sebelum tampil di depan kelas untuk menceritakan kembali secara lisan

  3.  mendiskusikan dengan teman cerita yang telah dibaca sebelum tampil di depan kelas untuk menceritakan kembali secara lisan

  4.  membuat skema cerita yang akan diceritakan di papan tulis 

14.   guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. kompetensi guru menurut undang-undang guru dan dosen meliputi…

  1. kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian Kompetensi sosial, Kompetensi profesional dan kompetensi personal

  2.  kompetensi pembelajaran kompetensi kepribadian Kompetensi sosial dan kompetensi personal

  3.  Kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian Kompetensi sosial, dan kompetensi  profesional 

  4.  kompetensi pedagogi, kompetensi personal Kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian 

15. Nunik bertopi lebar yang terbuat dari anyaman daun pandan makna imbuhan ber pada kata bertopi sama artinya dengan kata berimbuhan ber pada kalimat…

  1.  selesai salat Idul Fitri semua orang bersalaman

  2.  bercak merah pada  pipi Ani telah menghilang

  3.  Ayah selalu berdasi bila pergi ke kantor

  4.  Nani berlari ketika turun hujan

16. Contoh kreativitas yang biasanya ditemukan pada anak SD adalah…

  1.  Adi dapat menyusun puzzle yang terdiri dari 8 keping

  2.    Chika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan kelas

  3. Toni mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk lain

  4.  Desi mampu menyebutkan nama binatang dalam bahasa Inggris 

17. Perbandingan uang Ali dan Budi adalah 3 :2 sedangkan perbandingan uang Budi dan Cici adalah sama dengan 3:   5.  maka perbandingan uang Ali Budi dan Cici adalah… 

  1.  3:2: 5

  2. 3:3:5

  3. 9 :6:10

  4. 6:4:15

  5. 9:6:15

18. Salah satu peran hukum dalam menanamkan aturan dan disiplin adalah untuk mendidik anak dengan cara memberikan hukuman…

  1.  setiap kali anak melakukan kesalahan

  2.  disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu

  3.  fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi

  4.  dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu 

19. Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198…

  1.  9 dan 1386

  2.  18 dan 1386

  3.  18 dan 1368

  4.  9 dan 1368

  5.  15 dan 1368

20. Di bawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik yaitu…

  1. Metamorfosis

  2.  fotosintesis

  3.  penyerbukan

  4.  erosi

  5.  respirasi 

21.  Dua buah dadu dilempar bersama-sama sebanyak 216 kali. frekuensi harapan munculnya mata dadu berjumlah 5 adalah…

  1.  24

  2.  30

  3.  36

  4.  26

  5.  144 

22. Metode demonstrasi paling sesuai digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran berikut…

  1.  membaca puisi dengan lafal dan intonasi sesuai dengan isi puisi

  2.  menjelaskan pokok-pokok pikiran dalam teks bacaan sesuai isi bacaan

  3.  menyebutkan watak-watak tokoh cerita sesuai dengan cerita yang dibaca

  4.  membaca intensif untuk memahami isi bacaan

23. Jika jarak antara dua kutub magnet yang dijauhkan maka gaya magnet yang ditimbulkan akan…

  1.  tetap

  2.  menjadi nol

  3.  bertambah

  4.  berkurang 

24.  pengalaman yang banyak diperoleh siswa melalui metode eksperimen adalah…

  1.  melakukan pembuktian

  2.  melakukan proses penemuan sesuatu

  3.  melakukan pembuktian membanding-bandingkan hasil eksperimen

  4.  melakukan pembuktian, membandingkan hasil eksperimen, mendiskusikan, menemukan konsep

25. Balok abcd,  efgh  mempunyai panjang rusuk AB 4 cm,  BC 3 cm,  bidang afh memotong balok menjadi dua bagian dengan perbandingan volumenya…

  1.  1 : 3

  2.  2: 3

  3. 1:5

  4. 1:6

26. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga dan kelompok masyarakat bangsa serta mendukung aturan sosial  bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai satu hal yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan …. 

  1. pre konvensional

  2.  konvensional

  3.  post konvensional

  4.  interkonvensional

  5.  semua jawaban benar 


27.  Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terletak pada upaya guru…

  1.  memberikan contoh pentingnya bersikap toleran

  2.  melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat

  3.  melatih Bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar

  4.  mendiskusikan Bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar kita

  5.  semua jawaban benar 

28. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah…

  1.  penentuan tujuan tes penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaah soal, perakitan soal, dan analisis soal

  2.  penyusunan kisi-kisi tes penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes scoring, pelaporan hasil tes

  3.  belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan Instrumen penilaian

  4.  belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan aturan kriteria, menggunakan berbagai teknik dan Instrumen penilaian

  5.  semua jawaban benar 

29. Prinsip ilmiah dalam pengembangan silabus artinya…

  1.  cakupan indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran sumber belajar, dan sistem penilaian cukup  untuk menunjang 

  2. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus harus disesuaikan dengan tingkatan perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik

  3.  cakupan indikator materi pembelajaran pembelajaran sumber belajar dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi

  4.  adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran sumber belajar dan serta teknik dan Instrumen penilaian

  5.  keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan 

30. Model pembelajaran Project best Cooperative Learning merupakan model pembelajaran yang dipandang menarik karena memiliki format instruksional yang inovatif dimana peserta didik dapat memilih berbagai aspek tugas. model Project base Cooperative Learning merupakan model gabungan yang dilaksanakan melalui pengembangan penerapan…

  1.  masalah

  2.  kelompok

  3.  Project

  4.  kooperatif

  5.  penugasan 

31. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal yaitu dengan alur sebagai berikut…

  1.  1 memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon 2 menyiapkan kondisi psikologis peserta didik 3 respon peserta didik untuk merespon 4 reaksi guru terhadap respon peserta didik

  2.  1 reaksi guru terhadap respon peserta didik; 2 penyiapan kondisi psikologis peserta didik; penyiapan kondisi psikologis peserta didik; tiga memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4 respon peserta didik untuk merespon

  3.  1. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2. respon peserta didik untuk merespon;  3 Reaksi guru terhadap respon peserta didik; 4. penyiapan kondisi psikologis peserta didik

  4.  1.  penyiapan kondisi psikologis peserta didik; 2. Memberikan pertanyaan dan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3 titik respon peserta didik untuk merespon; 4. reaksi guru terhadap respon peserta didik.

  5. Semua jawaban benar 

32. Guru dalam pemanfaatan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut…

  1.  menentukan kriteria keberhasilan belajar

  2. mengklasifikasikan siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya

  3.  mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan

  4.  merencanakan pengajaran remidi

  5.  semua jawaban benar 

33. Untuk sekolah di daerah yang sulit atau belum bisa mengakses internet karena belum teraliri listrik dan keterbatasan fasilitas penunjang lainnya bahan ajar non cetak yang efektif digunakan untuk menunjang proses pendidikan di sekolah adalah…

  1. Modul elektronik atau BSE

  2.  program radio pembelajaran

  3.  PowerPoint presentasi

  4.  program video pembelajaran

  5.  ebook atau buku elektronik 

34. Bahan pembelajaran cetak berupa lembar kerja siswa merupakan bahan ajar sederhana karena komponen didominasi oleh…

  1.  analisis kompetensi

  2.  soal-soal dan latihan

  3.  penugasan

  4.  soal-soal latihan dan tes kemampuan

  5.  paparan materi 

35. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak pada kegiatan guru…

  1.  membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa yang remedial

  2.  menggunakan rancangan pembelajaran yang telah diserap dengan memperhatikan temuan, analisis evaluasi belajar siswa

  3.  menggunakan rancangan pembelajaran yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada

  4.  merancang tes ulangan saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi

  5.  semua jawaban benar 

36. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif maka guru perlu mengacu pada…

  1.  metode  pembelajaran

  2.  pendekatan pembelajaran

  3.  strategi pembelajaran

  4.  gaya pembelajaran

  5.  semua benar 

37.  dalam pembelajaran Berikut yang termasuk empat ragam sumber belajar adalah…

  1.  alat peraga, guru, buku paket pelajaran dan lkpd

  2.  guru, media pembelajaran buku dan lingkungan belajar

  3.  kepala sekolah guru, guru BK dan instruktur

  4.  instruktur, buku, jobsheet dan peralatan praktik

  5.  guru, instruktur, jobsheet dan bengkel 

38.  untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran dapat mengacu rumusan…

  1.  kompetensi dasar

  2.  standar kompetensi

  3.  indikator

  4.  metode pembelajaran

  5.  semua benar 

39.  materi yang diajarkan oleh guru hendaknya cukup memadai dalam membantu peserta didik menguasai kompetensi. hal ini merupakan salah satu prinsip dalam menentukan materi pembelajaran yaitu…

  1.  adequacy 

  2. Konsistensi

  3.  relevansi

  4.  sistematis

  5.  kompresif 

40. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas komunikasi pembelajaran adalah…

  1.  komunikator komunikan materi ajar pesan dan strategi penyampaian

  2.  siswa, karakteristik komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan media pembelajaran

  3.  komunikator guru, materi strategi penyampaian dan media pembelajaran

  4.  guru, siswa, materi metode penyampaian dan media pembelajaran

  5.  komunikator-komunikan materi ajar, strategi penyampaian dan tujuan pembelajaran 

41. Berikut ini adalah beberapa prinsip penyusunan RPP kecuali…

  1.  memperhatikan perbedaan individu peserta didik

  2.  mendorong partisipasi aktif peserta didik

  3.  mengembangkan budaya membaca dan menulis

  4.  memberikan umpan balik dan tindak lanjut

  5.  beragam dan terpadu 

42.Di bawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar:

 1.potensi peserta didik, karakter kristik mata pelajaran relevansi dan karakteristik daerah

 2.  tingkat perkembangan fisik intelektual emosional sosial dan spiritual peserta didik

 3.  kebermanfaatan bagi peserta didik struktur keilmuan aktualitas kedalaman dan keleluasaan materi pembelajaran

 4. kemampuan guru dan ketersediaan referensi

 5 titik relevansi dengan kebutuhan peserta didik tuntutan lingkungan dan alokasi waktu

  6. dana yang tersedia

 dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu guru harus memperhatikan antara lain nomor…

  1.  1,2,3,4

  2.  2,3,5,6

  3.  1,2,3,5

  4.  1,2,4,5

  5.  3,4,5,6  

43. Definisi media berikut yang relevan untuk mengimplementasi pendidikan student learning adalah..

  1.  sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran

  2.  teknologi yang dapat mentransformasi pesan, Sehingga peserta didik berminat dan menarik mengikuti pembelajaran yang bervariasi

  3.  teknologi membawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran

  4.  teknologi membawa pesan dapat dimanfaatkan untuk kekurangan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam memanipulasi gambar suara video dan animasi

  5.  segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses pembelajaran

44. Standar penilaian pendidikan diatur dalam…

  1.  Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006

  2.  permen Diknas nomor 23 tahun 2006

  3.  Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007

  4.  Permendiknas nomor 20 tahun 2007

  5.  Permendiknas nomor 41 tahun 2007 

45. Kegiatan guru dalam melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik atau tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber, menggunakan beragam pendekatan pembelajaran media pembelajaran, dan sumber belajar lainnya; memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik antara peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium Thomas studio atau lapangan disebut kegiatan…

  1.  elaborasi

  2.  eksplorasi

  3.  konfirmasi 

  4. browsing

  5.  semua benar 

46. Prinsip memadai dalam pengembangan silabus maksudnya…


  1.  cakupan indikator materi pembelajaran kegiatan pembelajaran sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar

  2.  adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar indikator materi pembelajaran kegiatan pembelajaran sumber belajar dan teknik dan Instrumen penilaian

  3.  komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi

  4.  cakupan indikator, materi pelajaran, sumber belajar dan sistem penilaian dan memperhatikan perkembangan ilmu tema teknologi dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi

  5.  keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasikan keragaman peserta didik, pendidik serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan kebutuhan masyarakat yang mana 

47. Perhatikan pernyataan berikut ini…

  1.  mendata siswa yang memiliki kecerdasan baris  

  2.  menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling banyak benar dijawab oleh siswa

  3.  menganalisis latar belakang, sosial, ekonomi dan budaya orang tua mereka

  4.  mengevaluasi sistem PBM, secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis penilaian belajar

 pernyataan di atas yang merupakan langkah guru Mengukur prestasi hasil analisis evaluasi belajar adalah…

  1.  1 dan 2

  2.  1 dan 3

  3.  2 dan 4

  4.  3 dan 4

  5.  semua benar 

48. Tujuan penyampaian tujuan pembelajaran dalam bahan ajar cetak di bagian pendahuluan adalah…

  1.  agar soal-soal evaluasi segera dapat ditulis oleh guru

  2.  Karena Guru merupakan satu-satunya sumber belajar

  3.  karena tujuan pembelajaran tidak terlalu penting bagi siswa dan guru

  4.  agar siswa dapat memahami kemampuan yang harus dikuasai Setelah pembelajaran

  5.  penyampaian materi tidak terganggu oleh hadirnya tujuan pembelajaran

49. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketentuan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut….

  1.  memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

  2.  memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi

  3.  memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai

  4.  diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan  pengerjaan soal-soalnya memiliki kesulitan tinggi

  5.  semua jawaban benar 

50. Yang bukan merupakan komponen RPP adalah…

  1.  Identitas guru mata pelajaran

  2.  standar kompetensi

  3.  kompetensi dasar

  4.  indikator pencapaian kompetensi

  5.  tujuan pembelajaran 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL