latihan soal kompetensi teknis P3K PGSD tahun 2024
1. dalam penyusunan rencana pembelajaran pendidik menyiapkan bahan ajar berupa buku, media cetak, elektronik dan berasal dari alam sekitar, hal ini merupakan bagian dari komponen RPP berupa…
media pembelajaran
sumber belajar
materi belajar
komponen pembelajaran
kelengkapan pembelajaran
2. Salah satu faktor yang dapat menentukan perwujudan bakat adalah faktor dalam diri anak, yaitu keadaan berkaitan dengan….
dukungan keluarga
minat anak
dukungan masyarakat
minat orang tua
dukungan guru
3. salah satu dari tiga komponen dalam penulisan pembahasan pada setiap penelitian yang harus diuraikan, sehingga pada akhirnya guru mendapatkan hasil penelitian adalah…
memaparkan jurnal untuk mendukung hasil penelitian
menyajikan uraian perihal hasil penelitian hasil analisis statistik
menampilkan aspek-aspek dari variabel yang dianalisis
melakukan kajian terhadap teori yang digunakan
membuat ringkasan hasil penelitian
4. menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai dengan karakteristik sebagai berikut yaitu…
terpenuhinya kebutuhan fisik
dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya
meningkatkan harga diri
terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman
5. Guna mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik maka pendidik perlu menggunakan…
model pembelajaran
metode pembelajaran
strategi pembelajaran
sasaran pembelajaran
perencanaan pembelajaran
6. Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat melalui hal-hal berikut yaitu orang yang…
tingkat intelegensinya tinggi Pasti kreatif
tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif
kreatif Harus Memiliki tingkat intelegensi yang tinggi
Kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensi yang tinggi
7. Pada suatu hari dalam perjalanan menumpang mobil angkot. dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melakukan interaksi. Karena penasaran saya Mencoba memperhatikan apa yang mereka lakukan. ternyata mereka adalah siswa-siswa tunarungu yang sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak menggunakan bahasa. mereka menggunakan jari-jari tangan untuk berkomunikasi titik Dengan demikian mereka menggunakan bahasa isyarat dari ilustrasi di atas bahasa termasuk komunikasi….
verbal
nonverbal
inverbal
sistematik
8. Pembelajaran apresiasi sastra secara produktif di bawah ini dapat mengaktualisasikan potensi peserta didik sekaligus kreativitasnya yaitu…
mendengarkan cerita dari guru
membaca puisi anak-anak
menulis puisi bertema keindahan alam
menyimak pembacaan puisi teman
9. Salah satu manfaat media dalam pembelajaran menyimak adalah…
memungkinkan adanya keberagaman persepsi
mengontrol kecepatan mengajar guru dalam menyampaikan materi simakan
menumbuhkan individualisme siswa dalam menyimak bahasa
membangkitkan motivasi belajar siswa untuk berkonsentrasi dalam menyimak
10. 4 aspek pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia Apabila disusun secara hirarkis akan tersusun sebagai berikut…
menulis, membaca, menyimak, berbicara
membaca, menyimak, berbicara, menulis
menyimak, berbicara, membaca, menulis
berbicara, membaca, menulis, menyimak
11. Jumlah dua bilangan sama dengan 20. jika hasil kali dua bilangan itu sama dengan 75 maka bilangan-bilangan tersebut adalah…
4 dan 16
5 dan 15
6 dan 14
8 dan 12
12. Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran memiliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali…
Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
teknologi sebagai ilmu pengetahuan
teknologi sebagai bahan dan alat bantu pembelajaran
teknologi sebagai alat pengembangan produk
13. Salah satu kegiatan pembelajaran berbicara yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengoptimalkan potensi otak belahan kanan adalah…
mencatat cerita yang telah dibaca sebelum tampil di depan kelas untuk menceritakan kembali secara lisan
menghafalkan cerita yang telah dibaca dengan membacanya berulang-ulang sebelum tampil di depan kelas untuk menceritakan kembali secara lisan
mendiskusikan dengan teman cerita yang telah dibaca sebelum tampil di depan kelas untuk menceritakan kembali secara lisan
membuat skema cerita yang akan diceritakan di papan tulis
14. guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. kompetensi guru menurut undang-undang guru dan dosen meliputi…
kompetensi pedagogik kompetensi kepribadian Kompetensi sosial, Kompetensi profesional dan kompetensi personal
kompetensi pembelajaran kompetensi kepribadian Kompetensi sosial dan kompetensi personal
Kompetensi pedagogi, kompetensi kepribadian Kompetensi sosial, dan kompetensi profesional
kompetensi pedagogi, kompetensi personal Kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian
15. Nunik bertopi lebar yang terbuat dari anyaman daun pandan makna imbuhan ber pada kata bertopi sama artinya dengan kata berimbuhan ber pada kalimat…
selesai salat Idul Fitri semua orang bersalaman
bercak merah pada pipi Ani telah menghilang
Ayah selalu berdasi bila pergi ke kantor
Nani berlari ketika turun hujan
16. Contoh kreativitas yang biasanya ditemukan pada anak SD adalah…
Adi dapat menyusun puzzle yang terdiri dari 8 keping
Chika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan kelas
Toni mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk lain
Desi mampu menyebutkan nama binatang dalam bahasa Inggris
17. Perbandingan uang Ali dan Budi adalah 3 :2 sedangkan perbandingan uang Budi dan Cici adalah sama dengan 3: 5. maka perbandingan uang Ali Budi dan Cici adalah…
3:2: 5
3:3:5
9 :6:10
6:4:15
9:6:15
18. Salah satu peran hukum dalam menanamkan aturan dan disiplin adalah untuk mendidik anak dengan cara memberikan hukuman…
setiap kali anak melakukan kesalahan
disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi
dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu
19. Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198…
9 dan 1386
18 dan 1386
18 dan 1368
9 dan 1368
15 dan 1368
20. Di bawah ini yang bukan termasuk gejala alam biotik yaitu…
Metamorfosis
fotosintesis
penyerbukan
erosi
respirasi
21. Dua buah dadu dilempar bersama-sama sebanyak 216 kali. frekuensi harapan munculnya mata dadu berjumlah 5 adalah…
24
30
36
26
144
22. Metode demonstrasi paling sesuai digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran berikut…
membaca puisi dengan lafal dan intonasi sesuai dengan isi puisi
menjelaskan pokok-pokok pikiran dalam teks bacaan sesuai isi bacaan
menyebutkan watak-watak tokoh cerita sesuai dengan cerita yang dibaca
membaca intensif untuk memahami isi bacaan
23. Jika jarak antara dua kutub magnet yang dijauhkan maka gaya magnet yang ditimbulkan akan…
tetap
menjadi nol
bertambah
berkurang
24. pengalaman yang banyak diperoleh siswa melalui metode eksperimen adalah…
melakukan pembuktian
melakukan proses penemuan sesuatu
melakukan pembuktian membanding-bandingkan hasil eksperimen
melakukan pembuktian, membandingkan hasil eksperimen, mendiskusikan, menemukan konsep
25. Balok abcd, efgh mempunyai panjang rusuk AB 4 cm, BC 3 cm, bidang afh memotong balok menjadi dua bagian dengan perbandingan volumenya…
1 : 3
2: 3
1:5
1:6
26. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga dan kelompok masyarakat bangsa serta mendukung aturan sosial bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai satu hal yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan ….
pre konvensional
konvensional
post konvensional
interkonvensional
semua jawaban benar
27. Upaya membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial antara lain terletak pada upaya guru…
memberikan contoh pentingnya bersikap toleran
melatih siswa membuat keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang tepat
melatih Bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
mendiskusikan Bagaimana mengatasi permasalahan sosial di sekitar kita
semua jawaban benar
28. Di bawah ini yang merupakan ciri dari penilaian kelas adalah…
penentuan tujuan tes penyusunan kisi-kisi tes, penulisan soal, penelaah soal, perakitan soal, dan analisis soal
penyusunan kisi-kisi tes penulisan kartu soal, penelaahan soal, perakitan soal, penyajian tes scoring, pelaporan hasil tes
belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan acuan norma, menggunakan berbagai teknik dan Instrumen penilaian
belajar tuntas, penilaian otentik, berkesinambungan berdasarkan aturan kriteria, menggunakan berbagai teknik dan Instrumen penilaian
semua jawaban benar
29. Prinsip ilmiah dalam pengembangan silabus artinya…
cakupan indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus harus disesuaikan dengan tingkatan perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik
cakupan indikator materi pembelajaran pembelajaran sumber belajar dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi
adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran sumber belajar dan serta teknik dan Instrumen penilaian
keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan
30. Model pembelajaran Project best Cooperative Learning merupakan model pembelajaran yang dipandang menarik karena memiliki format instruksional yang inovatif dimana peserta didik dapat memilih berbagai aspek tugas. model Project base Cooperative Learning merupakan model gabungan yang dilaksanakan melalui pengembangan penerapan…
masalah
kelompok
Project
kooperatif
penugasan
31. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal yaitu dengan alur sebagai berikut…
1 memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon 2 menyiapkan kondisi psikologis peserta didik 3 respon peserta didik untuk merespon 4 reaksi guru terhadap respon peserta didik
1 reaksi guru terhadap respon peserta didik; 2 penyiapan kondisi psikologis peserta didik; penyiapan kondisi psikologis peserta didik; tiga memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 4 respon peserta didik untuk merespon
1. memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 2. respon peserta didik untuk merespon; 3 Reaksi guru terhadap respon peserta didik; 4. penyiapan kondisi psikologis peserta didik
1. penyiapan kondisi psikologis peserta didik; 2. Memberikan pertanyaan dan atau tugas sebagai undangan kepada peserta didik untuk merespon; 3 titik respon peserta didik untuk merespon; 4. reaksi guru terhadap respon peserta didik.
Semua jawaban benar
32. Guru dalam pemanfaatan hasil analisis untuk menentukan ketuntasan belajar antara lain sebagai berikut…
menentukan kriteria keberhasilan belajar
mengklasifikasikan siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kriteria keberhasilan yang diharapkan
merencanakan pengajaran remidi
semua jawaban benar
33. Untuk sekolah di daerah yang sulit atau belum bisa mengakses internet karena belum teraliri listrik dan keterbatasan fasilitas penunjang lainnya bahan ajar non cetak yang efektif digunakan untuk menunjang proses pendidikan di sekolah adalah…
Modul elektronik atau BSE
program radio pembelajaran
PowerPoint presentasi
program video pembelajaran
ebook atau buku elektronik
34. Bahan pembelajaran cetak berupa lembar kerja siswa merupakan bahan ajar sederhana karena komponen didominasi oleh…
analisis kompetensi
soal-soal dan latihan
penugasan
soal-soal latihan dan tes kemampuan
paparan materi
35. Salah satu prinsip merancang program remedial bagi peserta didik tampak pada kegiatan guru…
membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa yang remedial
menggunakan rancangan pembelajaran yang telah diserap dengan memperhatikan temuan, analisis evaluasi belajar siswa
menggunakan rancangan pembelajaran yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada
merancang tes ulangan saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
semua jawaban benar
36. Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi belajar siswa dan agar proses pembelajaran berlangsung efektif maka guru perlu mengacu pada…
metode pembelajaran
pendekatan pembelajaran
strategi pembelajaran
gaya pembelajaran
semua benar
37. dalam pembelajaran Berikut yang termasuk empat ragam sumber belajar adalah…
alat peraga, guru, buku paket pelajaran dan lkpd
guru, media pembelajaran buku dan lingkungan belajar
kepala sekolah guru, guru BK dan instruktur
instruktur, buku, jobsheet dan peralatan praktik
guru, instruktur, jobsheet dan bengkel
38. untuk memudahkan penetapan materi pembelajaran dapat mengacu rumusan…
kompetensi dasar
standar kompetensi
indikator
metode pembelajaran
semua benar
39. materi yang diajarkan oleh guru hendaknya cukup memadai dalam membantu peserta didik menguasai kompetensi. hal ini merupakan salah satu prinsip dalam menentukan materi pembelajaran yaitu…
adequacy
Konsistensi
relevansi
sistematis
kompresif
40. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas komunikasi pembelajaran adalah…
komunikator komunikan materi ajar pesan dan strategi penyampaian
siswa, karakteristik komunikan, materi ajar, strategi penyampaian, dan media pembelajaran
komunikator guru, materi strategi penyampaian dan media pembelajaran
guru, siswa, materi metode penyampaian dan media pembelajaran
komunikator-komunikan materi ajar, strategi penyampaian dan tujuan pembelajaran
41. Berikut ini adalah beberapa prinsip penyusunan RPP kecuali…
memperhatikan perbedaan individu peserta didik
mendorong partisipasi aktif peserta didik
mengembangkan budaya membaca dan menulis
memberikan umpan balik dan tindak lanjut
beragam dan terpadu
42.Di bawah ini merupakan pengidentifikasian materi pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar:
1.potensi peserta didik, karakter kristik mata pelajaran relevansi dan karakteristik daerah
2. tingkat perkembangan fisik intelektual emosional sosial dan spiritual peserta didik
3. kebermanfaatan bagi peserta didik struktur keilmuan aktualitas kedalaman dan keleluasaan materi pembelajaran
4. kemampuan guru dan ketersediaan referensi
5 titik relevansi dengan kebutuhan peserta didik tuntutan lingkungan dan alokasi waktu
6. dana yang tersedia
dalam mengidentifikasi materi pembelajaran yang diampu guru harus memperhatikan antara lain nomor…
1,2,3,4
2,3,5,6
1,2,3,5
1,2,4,5
3,4,5,6
43. Definisi media berikut yang relevan untuk mengimplementasi pendidikan student learning adalah..
sarana fisik untuk menyampaikan isi/materi pembelajaran
teknologi yang dapat mentransformasi pesan, Sehingga peserta didik berminat dan menarik mengikuti pembelajaran yang bervariasi
teknologi membawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran
teknologi membawa pesan dapat dimanfaatkan untuk kekurangan pembelajaran sehingga memudahkan guru dalam memanipulasi gambar suara video dan animasi
segala sesuatu yang dapat menyalurkan pesan dari guru ke siswa sehingga mampu merangsang pikiran, perasaan perhatian dan minat siswa untuk terjadi proses pembelajaran
44. Standar penilaian pendidikan diatur dalam…
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006
permen Diknas nomor 23 tahun 2006
Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007
Permendiknas nomor 20 tahun 2007
Permendiknas nomor 41 tahun 2007
45. Kegiatan guru dalam melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik atau tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam; belajar dari aneka sumber, menggunakan beragam pendekatan pembelajaran media pembelajaran, dan sumber belajar lainnya; memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik antara peserta didik dengan guru, lingkungan dan sumber belajar lainnya; melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran dan memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium Thomas studio atau lapangan disebut kegiatan…
elaborasi
eksplorasi
konfirmasi
browsing
semua benar
46. Prinsip memadai dalam pengembangan silabus maksudnya…
cakupan indikator materi pembelajaran kegiatan pembelajaran sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar
adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar indikator materi pembelajaran kegiatan pembelajaran sumber belajar dan teknik dan Instrumen penilaian
komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi
cakupan indikator, materi pelajaran, sumber belajar dan sistem penilaian dan memperhatikan perkembangan ilmu tema teknologi dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi
keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasikan keragaman peserta didik, pendidik serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan kebutuhan masyarakat yang mana
47. Perhatikan pernyataan berikut ini…
mendata siswa yang memiliki kecerdasan baris
menganalisis soal yang paling banyak salah dan paling banyak benar dijawab oleh siswa
menganalisis latar belakang, sosial, ekonomi dan budaya orang tua mereka
mengevaluasi sistem PBM, secara menyeluruh berdasarkan atas dasar analisis penilaian belajar
pernyataan di atas yang merupakan langkah guru Mengukur prestasi hasil analisis evaluasi belajar adalah…
1 dan 2
1 dan 3
2 dan 4
3 dan 4
semua benar
48. Tujuan penyampaian tujuan pembelajaran dalam bahan ajar cetak di bagian pendahuluan adalah…
agar soal-soal evaluasi segera dapat ditulis oleh guru
Karena Guru merupakan satu-satunya sumber belajar
karena tujuan pembelajaran tidak terlalu penting bagi siswa dan guru
agar siswa dapat memahami kemampuan yang harus dikuasai Setelah pembelajaran
penyampaian materi tidak terganggu oleh hadirnya tujuan pembelajaran
49. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketentuan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut….
memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan pengerjaan soal-soalnya memiliki kesulitan tinggi
semua jawaban benar
50. Yang bukan merupakan komponen RPP adalah…
Identitas guru mata pelajaran
standar kompetensi
kompetensi dasar
indikator pencapaian kompetensi
tujuan pembelajaran
Posting Komentar