IKLAN HEADER

Materi dan soal prakarya kelas 9 SMP Komoditas ikan konsumsi "Ikan air tawar". Komoditas Ikan konsumsi. Budi daya pembesaran ikan konsumsi dilakukan untuk mendapatkan ikan siap panen, atau ukuran yang diinginkan konsumen. Budi daya pembesaran dilakukan untuk memenuhi permintaan ikan konsumsi yang semakin meningkat. Kebutuhan ikan untuk konsumsi berasal dari ikan air tawar, payau, dan laut. Apakah kamu suka makan ikan? Jenis ikan apa yang biasa kamu konsumsi?

Sebelum kegiatan budi daya dilakukan kamu perlu tahu karakteristik ikan yang akan dibudidayakan. Berikut penjelasan deskriptif ikan konsumsi air tawar, payau dan laut yang dapat dibudidayakan

1. Ikan Air Tawar
Budi daya pembesaran ikan air tawar didominasi oleh ikan mas, lele, patin, nila, dan gurami. Selain jenis-jenis ikan yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia, juga banyak dikembangkan jenis ikan lain seperti belut dan nilem. Ikan konsumsi air tawar apa yang ada  di daerahmu?

a. Ikan mas
Ikan mas (Cyprinus carpio L)  merupakan jenis ikan konsumsi yang sangat dikenal hampir di seluruh Indonesia Penyebaran ikan mas yang begitu luas ke berbagai tempat didukung oleh cara pembudi dayaan yang relatif mudah dan sifatnya yang tahan terhadap perubahan kondisi lingkungan. Nama ikan mas mempunyai sebutan berbeda di tiap daerah, seperti ikan mas, tombro, masmasan (Jawa Tengah dan Jawa Timur), ikan rayo atau ikan ameh (Sumatra Barat).





Ikan mas berbadan agak memanjang, pipih  dan  lunak.  Ikan  ini  menyukai  habitat perairan yang tidak terlalu dalam dan deras, seperti di pinggiran sungai atau danau. Ikan ini hidup pada ketinggian sampai  600 meter dpl (di atas permukaan laut). Pakan ikan mas antara lain,  tumbuhan air, dan binatang renik. Pakan utamanya tumbuhan yang tumbuh di dasar perairan. 

Pemijahan ikan mas dapat dilakukan sepanjang tahun dan tidak tergantung musim. Pembenihan ikan mas biasa dilakukan selama 2-3 minggu untuk benih siap didederkan. Pembesaran ikan mas dilakukan saat benih sudah berukuran 5 cm – 8 cm yang berasal dari hasil pendederan. Pembesaran ikan mas dilakukan 3 cm – 4 cm bulan sesuai ukuran ikan yang menjadi tujuan panen. Selama pembesaran, ikan diberi pakan tambahan berupa pellet. Pemberian pakan dilakukan pagi, siang dan sore, sedikit demi sedikit agar pakan tidak tenggelam  ke dasar perairan/kolam.

b. Nila
Nila (Oreochromis nilotica) merupakan  salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan ini memiliki berbagai keunggulan, dengan varietas unggul yang dihasilkan antara lain, nila merah, nila gift, nila gesit, dan nila nirwana. Nila dapat dibudidayakan di berbagai wadah  seperti kolam air tenang, kolam air deras dan sawah.
Ikan Nila
Ikan Nila
Bentuk badan ikan nila pipih ke samping, warna tubuh umumnya putih kehitaman dan merah sehingga dikenal sebagai nila hitam dan nila merah. Nila dapat dibudidayakan di dataran rendah sampai pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (dpl). Pakan nila berupa plankton dan tumbuh-tumbuhan lunak seperti hydrilla dan ganggang sutera. Nila dapat diberi makanan tambahan berupa pakan buatan.

Untuk pembesaran, sebaiknya dilakukan selama 4 bulan - 5 bulan sampai ukuran ikan mencapai 8 cm - 12 cm. Padat penebaran benih di kolam terpal antara 15 - 20 ekor/m , dengan kedalaman air 80 cm - 100 cm. Nila diberi pellet sebanyak 2% - 4% dari bobot biomassa ikan dan diberikan 3 - 5 kali perhari. 

c. Lele
Lele (Clarias sp) mempunyai bentuk  tubuh memanjang, berkulit licin dengan kepala pipih, mulutnya berada di ujung (terminal) dengan empat pasang sungut, sirip ekor dan perut membundar. Lele mempunyai senjata yang sangat ampuh dan berbisa, berupa sepasang patil yang berada di sebelah depan sirip dada Selain sebagai senjata, patil juga dapat
dipergunakan untuk melompat dari kolam atau berjalan di atas tanah (walking catfi sh).
Ikan Lele
Ikan Lele
Lele dapat hidup  di semua perairan air tawar, di sungai yang airnya tidak terlalu deras seperti danau, waduk, rawa, serta genangan kecil. Lele mempunyai alat pernapasan tambahan yang disebut labirin, terletak di bagian depan rongga insang. Alat ini  memungkinkan untuk  mengambil oksigen langsung dari udara, sehingga lele dapat tahan hidup di perairan yang airnya mengandung sedikit oksigen. 

Pakan ikan lele berupa pakan alami dan buatan. Pakan alami seperti cacing, kutu-kutu air, jentik-jentik (larva), dan siput kecil. Lele termasuk jenis karnivora (pemakan daging), pakan buatan yang baik adalah yang banyak mengandung protein hewani. Lele hidup dengan baik di dataran rendah sampai daerah perbukitan yang tidak terlalu tinggi. Pertumbuhan lele agak lambat apabila suhu tempat hidupnya terlalu dingin. Lele dipanen pada umur 3 bulan - 4 bulan dengan berat rata-rata 200 gram/ekor.

d. Patin
Patin (Pangasius. sp) termasuk kelompok    ikan catfi sh, yang dapat hidup di perairan dengan kandungan oksigen relatif rendah. Patin sangat responsif terhadap pakan buatan serta memiliki pertumbuhan yang cepat, sehingga termasuk jenis ikan yang berukuran besar. Warna tubuh ikan patin bagian punggung keabu-abuan atau kebiru-biruan dan bagian perut putih keperak-perakan, ukuran kepala relatif kecil dengan mulut terletak di ujung agak ke bawah . 

Ikan Patin
Ikan Patin 
Pada mulut patin terdapat dua pasang sungut  pendek yang berfungsi sebagai peraba. Pada sirip punggung terdapat 1 jari-jari keras yang berubah menjadi patil  yang besar dan bergerigi. Pada sirip dada juga terdapat 1 jari-jari  keras yang juga berubah menjadi patil.

Patin adalah jenis ikan omnivor (pemakan segala) dan cenderung menjadi karnivor (pemakan daging). Di alam, patin makan ikanikan kecil, cacing,  serangga, biji-bijian, tumbuh-tumbuhan, rumput-rumputan, dan udang kecil. Dalam pemeliharaan, patin dapat diberi pakan buatan.

e. Gurami
Gurami (Osphyrenemus gouramy) di kalangan pecinta menu  masakan dikenal sebagai ‘ikan mewah’ dengan harga jual tinggi dan citarasa yang tinggi. Daging ikan gurami renyah dengan sedikit duri

ikan gurami
ikan gurami
Gurami banyak dibudidayakan di pulau Jawa,  Kalimantan, dan Sumatra. Sebutan ikan gurami beragam di setiap daerah yakni gurame atau gurami di Jawa, kalau atau kaloi (Sumatra) dan kala atau kalui (Kalimantan).

Gurami berkembang dengan baik di daerah dataran rendah, ketinggian lokasi yang cocok untuk budi daya mulai dari 0 - 800 m dpl, dan suhu 24 C. Gurami peka terhadap suhu rendah, sehingga tidak produktif dibudidayakan di daerah suhu rendah. Gurami memijah pada umur 2-3 tahun, produktivitas telur meningkat di musim kemarau. Telur gurami akan menetas dalam selang waktu 10 hari. Gurami menyukai perairan yang jernih, tenang, dan tidak banyak mengandung lumpur.

Gurami termasuk jenis ikan omnivora (pemakan tumbuhan dan daging). Tumbuhan yang biasa dimakan yaitu azolla, kangkung, dan daun talas, dengan pakan buatan tambahan berupa pellet. Pemberian pakan dilakukan sebanyak-banyaknya. Pembesaran ikan gurami menggunakan benih dengan berat minimum 100 g/ekor. 

Pembesaran dilakukan sampai berat ikan gurami minimal 500 gram, atau lebih sesuai keinginan konsumen. Waktu yang diperlukan untuk mencapai 500 g/ekor yaitu sekitar 6 bulan, sedangkan untuk mencapai berat 1  kg/ekor membutuhkan waktu sekitar 9 bulan.

soal latihan 
1. Berikut ini adalah jenis ikan yang mendomininasi budidaya ikan air tawar, kecuali...
a. ikan mas, 
b. lele, 
c. patin, 
d. tongkol

2. Nama ikan mas mempunyai sebutan berbeda di tiap daerah, untuk daerah Sumatera Barat ikan mas disebut dengan....
a. ikan mas-masan
b. ikan tombro
c. ikan rayo atau ikan ameh
d. ikan rayo atau ikan tombro

3. Ikan mas ini dapat hidup pada ketinggian sampai .... meter dpl
a. 700
b. 600
c. 500
d. 600

4. Berikut ini yang bukan tempat untuk membudidayan ikan Nila adalah...
a. kolam renang
b. kolam air tenang, 
c. kolam air deras 
d. sawah.

5. Waktu yang diperlukan untuk pembesaran ikan nila sebaiknya dilakukan selama kurang lebih...... bulan
a. 4 - 5 
b. 5 - 6
c. 6 - 7
d. 7- 8

6. Pakan ikan lele berupa pakan alami dan buatan. yang bukan termasuk dala jenis pakan alami adalah...
a. cacing, 
b. kutu-kutu air, 
c. pelet
d. jentik-jentik (larva)

7. Nama latin dari ikan patin adalah...
a. Pangasius. ps
b. Pangesius. sp
c. Pangasius. sp
d. Pangosius. sp

8.Pada mulut patin terdapat dua pasang sungut  pendek yang berfungsi sebagai ....
a. perasa
b. senjata
c. jenis kelamin
d. peraba

9. Jenis ikan air tawar di kalangan pecinta menu  masakan dikenal sebagai ‘ikan mewah’ dengan harga jual tinggi dan citarasa yang tinggi adalah...
a. Ikan tuna
b. Ikan Gurami
c. Ikan lele
d. Ikan Nila

10. waktu yang diperlukan pada budidaya ikan gurami agar untuk mencapai berat 1  kg/ekor ... bulan.
a. 9
b. 10
c. 11
d. 12

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL