susirahayu99blogspot.com ~ 10 Soal seleksi akademik PPG PGSD materi Profesional mata pelajaran Bahasa Indonesia 3 - Sastra anak-anak meliputi semua jenis penulisan kreatif dan imajinatif yang khusus untuk dibaca dan menghibur anak-anak.
Sastra anak berkorelasi dengan dunia anak-anak dan bahasa yang digunakan sesuai dengan perkembangan intelektual dan emosional anak yang menempatkan anak-anak sebagai fokusnya.
Sastra anak sebagai sumber pembelajaran bahasa di sekolah dasar terdiri atas berbagai genre, yaitu: buku bergambar, fiksi realistik, fiksi sejarah, fantasi/fiksi ilmiah, sastra tradisional, puisi, dan biografi yang difiksikan.
Tujuan pembelajaran sastra anak di sekolah dasar antara lain: memberi kebahagiaan dan kesenangan, mengembangkan imajinasi, menambah pengetahuan, mengembangkan berpikir kreatif, mengembangkan karakter, mengembangkan apresiasi sastra, mengembangkan kesadaran bersastra, dan menginterpretasi bacaan sastra.
Strategi yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran sastra anak di sekolah dasar adalah sebagai berikut; bercerita, berbicara, bercakapcakap, mengungkapkan pengalaman, membacakan puisi, mengarang terikat dan bebas, menulis narasi, deskripsi, eksposisi dan argumentasi, menulis berdasarkan gambar/visual, mendramatisasikan karya sastra.
TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 4 , PROFESIONAL MATERI PEMBELAJARAN IPA
TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 3 , PROFESIONAL MATERI PEMBELAJARAN IPS
TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 2, PROFESIONAL MATERI PEMBELAJARAN PKN
TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 1, MATERI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK
KISI KISI SOAL SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD TAHUN 2022
TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 1
TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 2
PANDUAN UP-UKMPPG DALAM JABATAN BERBASIS DOMISILI TAHUN 2022
1. Pengertian apresiasi sastra secara umum adalah ...
A. Penilaian yang baik atau penghargaan terhadap karya sastra
B. Pengenalan melalui perasaan atau kepekaan batin, dan pemahaman serta pengakuan terhadap nilai-nilai keindahan karya sastra
C. Penafsiran kualitas serta pemberian nilai yang wajar berdasarkan pengamatan, dan pengalaman yang jelas, sadar, serta kritis
D. Kegiatan menggauli cipta sastra dengan sungguh-sungguh hingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan kepekaan perasaan yang baik
E. Mempelajari teori sastra
2. Pelajaran sastra di SD kelas tinggi, berfokus pada....
A. Teori sastra
B. Sejarah sastra
C. Periodesasi sastra
D. Psikosastra
E. Apresiasi sastra
3. Tujuan memberikan cerita anak/dongeng, tertera di bawah ini,
kecuali....
A. Memberikan hiburan
B. Mengembangkan imajinasi
C. Mengembangkan bahasa
D. Mengembangkan keinginan dan kebebasan
E. Mengembangkan pengetahuan
4. Pendekatan yang dapat diterapkan dalam mengapresiasi sastra anak reseptif, kecuali....
A. Pendekatan Emotif
B. Pendekatan Didaktis
C. Pendekatan Iconic
D. Pendekatan Analitis
E. Pendekatan Filosofis
5. Pelajaran sastra di SD kelas rendah, berfokus pada....
A. Angkatan sastra
B. Teori sastra
C. Sejarah sastra
D. Periodesasi sastra
E. Apresiasi sastra
6. Tujuan memberikan cerita biografi, tertera di bawah ini, kecuali....
A. Memberikan hiburan atau kesenangan
B. Mengembangkan keinginan dan kebebasan
C. Mengembangkan imajinasi
D. Mengembangkan bahasa
E. Mengembangkan pengetahuan sejarah dan kepahlawanan
7. Jalan-jalan ke pasar baru
Jangan lupa beli celana
Kalau punya teman baru
Jangan lupa teman lama
Puisi di atas berbentuk :
A. Pantun
B. Gurindam
C. Syair
D. Puisi bebas
E. Epik
8. Puisi di atas tergolong genre :
A. Puisi baru
B. Puisi modern
C. Puisi lama
D. Pujangga Baru
E. Puisi kontenporer
9. Deklamasi dan membaca cerpen, tergolong jenis membaca...
A. Perpustakaan
B. Indah
C. Dalam hati
D. Nyaring
E. Pemahaman
10. Manfaat yang diperoleh dari membaca karya sastra adalah ...
A. Memperoleh kenikmanatan
B. Mendapatkan pelajaran
C. Mendidik nilai-nilai kehidupan
D. Memperoleh kenikmatan, pelajaran, dan mendidik nilai-nilai kehidupan
E. Memperoleh kebebasan
Posting Komentar