IKLAN HEADER

Susirahayu99.blogspot.com~ Kisi-kisi soal resmi Seleksi akademik PPG dalam Jabatan tahun 2022 PGSD dan seluruh mapel  - Kisi-kisi soal sangat diperlukan bagi seseorang khususnya yang akan mengikuti ujian. Hadirnya kisi-kisi soal akan memberikan batasan ruang lingkup pembuatan master soal. Selain itu kisi-kisi soal juga menjadi hal penting yang perlu diketahui oleh peserta PPG dalam jabatan.

Kisi-kisi soal bagi peserta PPG dalam jabatan menjadi pembatas ruang lingkup materi yang dipelajari sehingga pada tahap persiapan ujian atau belajar tidak keluar dari kisi-kisi yang telah ditetapkan. 

KISI -KISI SOAL PPG DALAM JABATAN TAHUN 2022 PGSD
KISI -KISI SOAL PPG DALAM JABATAN TAHUN 2022 PGSD

Dapat dibayangkan bila anda tidak mengetahui kisi-kisi soal, tentunya akan merepotkan sekali. Bahkan acapkali muncul dalam benak akankah materi yang saya pelajari ini akan sesuai dengan soal yang muncul pada saat ujian ppg dalam jabatan nantinya. Pertanyaan tersebut sering muncul dalam hati peserta dan sangatlah menganggu konsentrasi dalam berpikir. 

TRYOUT 1 SELEKSI AKADEMIK PGSD 

Kisi-kisi soal secara umum berisi 2 buah item yaitu capaian pembelajaran dan Indikator Esensial. Capaian pembelajaran dapat diartikan adalah target yang ingin dicapai pada saat seseorang melakukan pembelajaran. Sedangkan Indikator esensial memiliki makna sebuah indikator yang bersifat penting dan wajib dilalui.

TRYOUT 2 SELEKSI AKADEMIK PGSD 

Berikut ini adalah kisi-kisi soal PPG dalam Jabatan Tahun 2022 yang dijelaskan secara rinci:

TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 3 , PROFESIONAL MATERI PEMBELAJARAN IPS

TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 2, PROFESIONAL MATERI PEMBELAJARAN PKN

TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 1, MATERI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

KISI KISI SOAL SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD TAHUN 2022

TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 1

TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 2

PANDUAN UP-UKMPPG DALAM JABATAN BERBASIS DOMISILI TAHUN 2022

Kompetensi Pedagogik

Capaian Pembelajaran

Menguasai teori aplikasi pedagogik (techno-pedagogical content knowledge (TPACK)) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang SD yang bersifat mendidik;

Indikator Esensial

  • Menjelaskan ruang lingkup dan tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia 
  • Mengidentifikasi peranan penting pembelajaran Bahasa Indonesia di 

Capaian Pembelajaran

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD, meliputi: 1) merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan KD. 2) menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran Bahasa Indonesia; dan 3) menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku;

Indikator Esensial

  • Merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran berdasarkan KD Bahasa Indonesai
  •  Menganalisis penggunaan metode, media dan sumber belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SD
  •  Menggunakan pendekatan, metode, media, bahan ajar, evaluasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SD 
  •  Merancang langkah-langkah pembelajaran Bahasa Indonesia SD

Capaian Pembelajaran

Mampu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self-regulated learner) pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia di SD;

Indikator Esensial

Melaksanakan pembelajaran BI SD dengan pendekatan yang tepat

Capaian Pembelajaran

Mampu menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi: 1) melaksanakan penilaian otentik- holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan 2) menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;

Indikator Esensial

  • Merancang instrumen penilaian dalam pembeajaran BI 
  •  Melaksanakan penilaian dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SD

Capaian Pembelajaran

Teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang studi yang mendidik;

Indikator Esensial

  • Menganalisis bahan ajar berupa masalah matematika untuk pembelajaran dengan pendekatan berbasis konstruktivisme 
  • Menganalisis karakteristik suatu kasus pembelajaran matematika 
  • Menyusun soal yang mengukur kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi

Capaian Pembelajaran

Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, dan piranti lunak Komputer

Indikator Esensial

Menjelaskan penggunaan alat peraga untuk menemukan konsep matematika SD

Capaian Pembelajaran

Menguasai teori aplikasi pedagogik (techno-pedagogical content knowledge (TPACK) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, model dan prinsip- prinsip pembelajaran IPA yang bersifat mendidik.

Indikator Esensial

Disajikan kasus, peserta diminta menentukan model pembelajaran atau pengelolaan kelas atau penggunaan media dalam membelajarkan IPA

Capaian Pembelajaran

Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi: melaksanakan penilaian otentik- holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Indikator Esensial

  • Membuat rubrik untuk menilai praktikum IPA 
  • Membuat soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi IPA

Capaian Pembelajaran

Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah

Indikator Esensial

Disajikan kasus, peserta diminta menentukan rumusan masalah, dan pemecahannya sesuai dengan permasalahan yang dihadapi di kelas.

Capaian Pembelajaran

Teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip- prinsip pembelajaran bidang studi yang mendidik;

Indikator Esensial

Menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran IPS yang mendidik sesuai dengan karakteristik anak SD

Capaian Pembelajaran

Menguasai konsep umum, prinsip, metode, dan teknik penelitian kependidikan;

Indikator Esensial

Menerapkan metode dan teknik penelitian tindakan reflektif terhadap pembelajaran IPS

Capaian Pembelajaran

Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran mata pelajaran yang diampu, meliputi: merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan; 1) Menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran; dan 2) Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku;

Indikator Esensial

Menentukan media pembelajaran IPS yang sesuai dengan karakteristik anak SD

Capaian Pembelajaran

Mampu menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi: 1) Melaksanakan penilaian otentik- holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan 2) Menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran;

Indikator Esensial

Mampu menyusun soal evaluasi IPS yang dapat mengukur kemampuan ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Capaian Pembelajaran

Menguasai teori dan aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori bel-ajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang studi yang mendidik;

Indikator Esensial

Mampu menerapkan prinsip-prinsip belajar dan pembelajaran yang mendidik dalam pembelajaran PPKn di kelas

Capaian Pembelajaran

Mampu merencanakan pembel-ajaran yang mendidik sesuai de-ngan karakteristik pembelajaran mata pelajaran yang diampu, me-liputi: merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembel-ajaran berdasarkan standar kom-petensi lulusan; menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran; dan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku;

Indikator Esensial

Mampu merumuskan indikator hasil belajar PKn dari satu KD di dalam kurikulum PKn

Capaian Pembelajaran

Mampu melaksanakan pembel-ajaran yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pe-dagogik untuk memfasilitasi pe- ngembangan karakter dan poten-si diri siswa sebagai pembelajar mandiri (selfregulated learner)

Indikator Esensial

Mampu menilai kelebihan dan kelemahan pembelajaran PPKn dengan model kooperatif

Capaian Pembelajaran

Mampu melaksanakan penilaian otentik- holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Indikator Esensial

Mampu membandingkan penilaian produk dari penilaian kinerja dalam pembelajaran PPKn

Capaian Pembelajaran

Mampu merancang dan melak-sanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah

Indikator Esensial

Mampu menguraikan kegiatan refleksi ketika melakukan PTK dalam pembelajaran PPKn

Capaian Pembelajaran

Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa Indonesia

Indikator Esensial

  • Menganalisis sifat bahasa 
  • Menganalisis fungsi bahasa 
  • Mengidentifikasi pemerolehan bahasa

Capaian Pembelajaran

Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan 

Indikator Esensial

  • Megidentifikasi fonem BI 
  • Mengidentifikasi suku kata 
  • Mengidentifikasi morfem bahasa Indonesia 
  • Menganalisis penggunaan imbuhan dan kata dasar 
  • Mengidentifikasi jenis dan bentuk kata 
  • Menganalisis frase, dan kalimat yang efektif 
  • Mengidentifikasi makna kata 
  • Menganalisis penggunaan ejaan dan tanda baca

Capaian Pembelajaran

Memiliki keterampilan berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)

Indikator Esensial

  • Mengidentifikasi jenis keterampilan bahasa Indonesia 
  • Menyusun paragraf yang padu 
  • Menyimpulkan isi bacaan

Capaian Pembelajaran

Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif

Indikator Esensial

  • Menerapkan pendekatan analitis dalam mengapresiasi puisi anak-anak secara reseptif 
  • Menerapkan pendekatan analitis dalam mengapresiasi cerita anak-anak secara reseptif

Capaian Pembelajaran

Menguasai konsep teoretis materi pelajaran yang diampu secara mendalam;

Indikator Esensial

  • Menentukan hasil operasi pada bilangan pecahan 
  • Menentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat 
  • Menentukan ukuran pada segitiga atau segiempat dengan menerapkan kesebangunan 
  • Menentukan ukuran yang berkaitan dengan bangun ruang

Capaian Pembelajaran

Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika

Indikator Esensial

  • Menentukan kesimpulan logis dari suatu argumen 
  • Menentukan bentuk sederhana dari suatu identitas trigonometri 
  • Menganalisis data statistik secara deskriptif

Capaian Pembelajaran

Mampu mengguna-kan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. Penerapan-nya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator Esensial

  • Menentukan rumus dari suatu pola bilangan 
  • Memecahkan masalah yang berkaitan dengan grafik fungsi aljabar 
  • Memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan Jarak, waktu dan kecepatan Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan debit 
  • Pemecahan masalah matematika sehari-hari yang berkaitan faktor, FPB, KPK

Capaian Pembelajaran

Menguasai konsep teoretis materi pelajaran IPS yang diampu secara mendalam;

Indikator Esensial

  • Mengembangkan peran konsep Ilmu-ilmu social dalam materi 
  • IPS Menerapkan nilai-nilai yang dikembangkan IPS dalam kehidupan sehari-hari 
  • Menerapkan berbagai keterampilan dasar dalam IPS 
  • Menguraikan berbagai pendekatan dalam IPS

Capaian Pembelajaran

Mampu Megembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS

Indikator Esensial

  • Menggunakan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS 
  • Menyusun fakta, konsep, dan generalisasi dalam IPS

Capaian Pembelajaran

Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global

Indikator Esensial

  • Menganalisis konsep ruang dan waktu dalam dinamika kehidupan global 
  • Menganalisis adanya saling ketergantungan antara manusia dengan lingkungan dalam dinamika kehidupan global 
  • Menganalisis permasalahan sosial secara kritis dan kreatif melaui berbagai pelibatan sosial

Capaian Pembelajaran

Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global

Indikator Esensial

  • Menganalisis fenomena interaksi perkembangan Iptek dan perkembangan masyarakat, dalam kehidupan global 
  • Mengaplikasikan sikap peka, tanggap dan adaptif terhadap lingkungan sekitar untuk mengembangkan kehidupan yang sejahtera dan harmonis dalam kebhinekaan 
  • Mengevaluasi dampak positif dan negatif perkembangan Iptek terhadap kehidupan masyarakat

Capaian Pembelajaran

Mampu melakukan observasi gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung

Indikator Esensial

  • Menganalisis kegiatan ilmiah untuk menentukan rumusan masalah, tujuan, hipotesis, atau variabel penelitian 
  • Menganalisis perubahan yang terjadi di alam akibat pelapukan, perkaratan

Capaian Pembelajaran

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum- hukum ilmu pengetahuan alam dalamberbagai situasi kehidupan sehari- hari,

Indikator Esensial

  • Membedakan fungsi bagian rangka manusia 
  • Menganalisis proses pernapasan pada manusia (organ dan struktur organ pernapasan, proses pengangkutan udara) 
  • Menentukan cara pemisahan materi (filtrasi, kristalisasi, sublimasi,atau kromatografi) 
  • Menyimpulkan kelebihan teknik perkembangbiakan tumbuhan atau hewan 
  • Menentukan gelombang yang terjadi pada peristiwa resonansi bunyi 
  • Menerapkan konsep kalor pada kehidupan sehari- hari 
  • Memahami cacat mata dan cara mengatasinya 
  • Menerapkan konsep kelistrikan pada rangkaian seri, paralel, campuran seri paralel. 
  • Menerapkan konsep gaya dan gerak pada kehidupan sehari-hari

Capaian Pembelajaran

Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan fungsional antarkonsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA

Indikator Esensial

Mengaitkan konsep sains dengan teknologi, lingkungan dan masyarakat

Capaian Pembelajaran

Mampu menguasai konsep teoretis materi pelajaran PKn yang diampu secara mendalam meliputi bidang/aspek Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika

Indikator Esensial

  • Mampu memberi contoh penerapan fungsi Pancasila sebagai dasar negara RI 
  • Mampu menjelaskan hubungan sila I Pancasila dengan kehidupan beragama di Indonesia 
  • Mampu membandingkan prinsip negara hukum formal dan negara hukum material 
  • Mampu mengkritisi kelemahan penegakan HAM di Indonesia 
  • Mampu menerapkan prinsip-prinsip nasionalisme dan integrasi nasional dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia 
  • Mampu membandingkan sistem pemerintahan negara federal dan sistem pemerintahan dengan azas desentralisasi
  • Mampu mengidentifikasi faktor-faktor penyebab melemahnya kerukunan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara di Indonesia dalam kehidupan masyarakat yang multikultur 
  • Mampu menerapkan prinsip dan nilai-nilai pascamodern abad globalisasi untuk memajukan kehidupan masyarakat Indonesia yang multikultur

Capaian Pembelajaran

Mampu memilih dan meng gunakan fakta dan peris-tiwa sosial kewarganegara an sebagai laboratorium PPKn di masyarakat untuk pengembangan materi PPKn

Indikator Esensial

Mampu memilih dengan argumentasi yang benar fakta dan peristiwa sosial kewarganegaraan yang dapat dijadikan pengembangan materi PKn

Capaian Pembelajaran

Mampu mengidentifikasi dan memecahkan masalah -masalah dalam memba-ngun kepribadian nasional dan demokrasi konstitusi-onal Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.

Indikator Esensial

Mampu mengkritisi kelemahan utama pengem- bangan sistem demokrasi konstitusional di Indonesia

Capaian Pembelajaran

Mampu menyusun usulan kebijakan publik untuk perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hu-kum secara adil dan benar

Indikator Esensial

Mampu menilai kelemahan usulan kebijakan publik untuk perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil

Capaian Pembelajaran

Mampu berperilaku baik sesuai prinsip, nilai, mo ral, dan norma kewarga-negaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

Indikator Esensial

Mampu memberikan argumen nilai yang kuat tentang pentingnya perilaku demokratis dalam konteks kewarganegaraan

Bagi anda yang memerlukan Kisi-kisi soal PPG dalam Jabtan tahun 2022 PGSD dapat anda unduh pada link di bawah ini

KISI-KISI RESMI PPG DALAM JABATAN TAHUN 2022 PGSD 

KISI-KISI RESMI PPG DALAM JABATAN TAHUN 2022 SELURUH MAPEL


Semoga informasi yang saya bagikan berkaitan dengan Kisi-kisi soal resmi Seleksi akademik PPG dalam Jabatan tahun 2022 PGSD dan seluruh mapel dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL