IKLAN HEADER

 LATIHAN SOAL MOOC PPPK GURU 

susirahayu99.blogspot.com|| Latihan soal MOOC PPPK Guru~berikut ini adalah latihan soal mooc untuk anda peserta diklat mooc pppk guru

1.    Adaptasi dalam Bussiness Process pemerintahan menjadi penting karena alasan berikut:

a.       Persaingan untuk mendapatkan keuntungan ekonomis

b.       Mempertahankan dan meningkatkan kinerja

c.       Bertahan hidup ditengah persaingan dengan pihak lain

d.       Perintah dan mandat dari undang-undang terkait



2.       Berikut adalah ciri-ciri penerapan budaya adaptif, kecuali…

a.       Menanfaatkan peluang-peluang yang berubah-ubah

b.       Memperhatikan kepentingan-kepentingan yang diperlukan antara lain mitra, masyarakat dan sebaginya.

c.       Mendoron jiwa kewirausahaan

d.       Konsisiten dengan keputusan yang sudah diambil sejak awal



3.       Pemimpin sebenarnya dalam organisasi adaptif adalah pimpinan yang manpu membawa sesuatu pada organisasi yang dipimpinnya yaitu:

a.       Perubahan teknis

b.       Perubahan misi

c.       Kemakmuran

d.       Perubahan adaptif



4.       Menghadapi volatility adalah dengan cara menegaskan:

a.       Misi

b.       Visi

c.       Revisi

d.       Remisi



5.       Kebijakan adaptif dikonseptualisasi oleh elemen kapabilitas systemdynamic governance berikut:

a.       Thinking ahead

b.       Thingking along

c.       Thingking again

d.       Thingking across



6.       Berikut ini adalah beberapa indikatoe yang menunjukkan sebuah organisasi yang berkarakter adaptif, kecuali:

a.       Agilitas

b.       Satus quo

c.       Fleksibilitas

d.       Responsive



7.       Negara bukan menjadi satu-satunya penyelengara pemerintahan dan pelayanan publik. Hal tersebut merupakan salah satu prinsip konsep…

a.       Governance

b.       Goverment

c.       Welfare state

d.       New public service



8.       Berikut ini  adalah konsep yang mengandung prinsipprinsip governance, kecuali

a.       Triple helix

b.       Penta helix

c.       Quadruple helix

d.       Collaboration



9. Yang tidak termasuk nilai-nilai anti korupsi adalah…

a. Jujur

b. Peduli

c. Simpati

d. Mandiri



10. Budaya mutu merupakan…

a. Perubahan efektif dan masukan dari pelanggan scara aktif diminta serta digunakan untuk meningkatkan kualitas secara berkesinambungan

b. Perilaku inovatif dan masukan dari pelanggan secara aktif diminta serta digunakan untuk meningkatkan kualitas secara berkesinambungan

c. Perilaku sesuai dengan slogan dan masukan dari pelanggan secara aktif diminta serta digunakan untuk meningkatkan kualitas secara berkesinambungan

d. Perilaku yang harmonis dan masukan dari pelanggan secara aktif diminta serta digunakan untuk meningkatkan kualitas secara berkesinambungan.



11. Pelayanan publik yang bermutu akan menciptakan…

a. Meningkatkan kesejahteraan

b. Penghargaan publik kepada pemerintah

c. Pemerataan pembagunan

d. Kepercayaan publik kepada pemerintahan



12. Dalam reformasi birokrasi ada 8 area perubahan yang harus dilakukan oleh seluruh KementerianLembaga dan Pemerintahan pusat dan daerah di Indonesia antara lain adalah…

a. Manajemen organisasi

b. Manajemen perubahan

c. Manajemen bisnis

d. Manajemen keuangan



13. Berdasarkan udang-undang ASN, kode etik dan kode perilaku ASN yakni sebagai berikut, Kecuali :

a. Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggungawab dan berintegritas tinggi

b. Melayani dengan siakp hormat, sopan dan tanpa tekanan

c. Melaksanakan tugasnya dengan cermat dan disiplin

d. Melaksanakan tugasnya sesuai dengan perintah atasan atau pejabat yang berwenang meskipun bertentangan dengan peraturan perundang-undangan



14. Loyalitas tertinggi setiap orang diberikan kepada Negara merupakan pencerminan dari ideologi yang dinamakan…

a. Marxisme

b. Nasionalisme

c. Sosialisme

d. Otoritasisme



15. Sejarah awala kebangkitan nasionalisme di Indonesia ditandai dengan berdirinya…

a. Sareket Islam

b. Budi Utomo

c. Taman siswa

d. Indiche Partij



16. Fungsi akuntabilitas untuk mencegah korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan menurut Bovens (2014) disebut sebagai…

a. Peran demokrasi

b. Peran konstitusional

c. Peran belajar

d. Peran evaluasi



17 Pergerakan nasional yang memperjuangkan cita-cita Indonesia merdeka melaksanakan dengan taktik koperasi, artinya…
a. Menolak Kerjasama dengan pemerintahan Belanda
b. Melakukan kerjasama dengan pemerintahan Belanda
c. Melakukan aksi Gerakan politik di bawah tanah
d. Mendirikan koperasi untuk memperkuat koperasi Indonesia



18. Tujuan utama dari akuntabilitas adalah…
a. Untuk meningkatkan citra positif pimpinan
b. Untuk memperbaiki kinerja dalam memberikan layanan
c. Untuk memenuhi kewajiban yang dimandatkan peraturan perundang-undangan
d. Untuk meminimalisir tuntutan dari masyarakat




19. Berikut unsur penting dalam pelayanan publik, kecuali…
a. Bentuk layanan
b. Organisasi penyelenggaraan pelayanan publik
c. Penerimaan layanan
d. Kepuasan pelanggan




20. Di Australia, WoG dimotori oleh Australian Public Services (APS) dalam laporan berjudul…
a. Joint Up Government
b. Integrated Government
c. Good Government
d. Connecting Government




21. Salah satu negara pioneer dalam mengenalkan joined government yang berhasil memodernisasi proses-proses penyelenggaran pemerintahan adalah…
a. Amerika serikat
b. Inggris
c. Perancis
d. Australia





22. Saat ini masih terdapat instansu pemerintah yang melakukan promosi bagi pegawai dengan praktek spoil system. Berikut ini merupakan bentuk dari spoil system, kecuali…
a. Memilih berdasarkan afisiliasi politik
b. Memberikan promosi tanpa indikator jelas
c. Menggunakan tools assessment tertentu
d. Kurang jelasnya akese informasi mengenai promosi





23. Berikut ini yang bukan merupakan strategi manajemen ASN menerjemahkan konsep sistem merit adalah…
a. Open recruitment
b. Talent management
c. Fair assessment
d. Spoil system




24. Kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai peraturan perundang-undangan bagi setiap warganegara dan penduduk atas barang dan jasa, dan/atau pelayanan administratif untuk mencapai kepuasan pelanggan disebut juga dengan…
a. Kebijakan publik
b. Standar pelayanan
c. Pelayanan publik
d. Standar operasional prosedur




25. Pengelolaan ASN untuk menghasil pegawai ASN yang professional, memiliki nilai dasar, etika profesi, bebas daru intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme disebut dengan…
a. Manajemen ASN
b. Seleksi ASN
c. Profesi ASN
d. Perjanjian kerja ASN



26.  Dalam UU No 31 tahun 1999 Jo UU No 21 tahun 2001, dijelaskan bentuk-bentuk / jenis korupsi. Seorang yang memberikan sejumlah uang kepada pejabat yang berwenang agar nantinya mendapatkan proyek, dikategorikan…
a. Kerugian Keuangan Negara
b. Perbuatan curang
c. Penyuapan
d. Gratifikasi 



27. Berikut adalah proses kolaboratif , kecuali
a. Face to face dialogue
b. Trust building
c. Win-win solution
d. Commitment to procces




28. Definisi WOG adalah…
a.Pendekatan penyelenggaraan pemerintahan yang menyatukan upaya-upaya kolaboratif dari keseluruhan sektor dalam ruangan lingkup koordinasi yang lebih luas guna mencapai tujuan-tujuan pembangunan kebijakan
b.Pendekatan yang menjadikan pemerintah bukan merupakan satu-satunya aktor dalam penyelenggaraan publik
c.Pendekatan dalam studi birokrasi yang mengedepankan efesiensi
d.Pendekatan penyelenggaraan pemerintah yang mengedepankan kinerja dan pengembangan kompetensi pegawai




29. Salah satu penguatan infrastruktur backbone untuk percepatan digital di Indonesia adalah…
a. Perluasan kabel serat optik di darat dan laut
b. Perluasan akses dan infrastruktur digital
c. Intergrasi pusat data nasional
d. Persiapan kebutuhan SDM



30. Yang dimaksud dengan affordance dalam konteks digital adalah…
a. Hambatan dalam akses internet
b. Kemudahan fitur e-commerce
c. Kemudahan pada perangkat dan akses internet
d. Hambatan dalam perangkat dan akses internet



31. Kompetensi terkait nilai dan tata urutan perlaku didunis digital yang positif dan baik menurut kominfo terkait dengan…
a. Digital skills
b. Digital culture
c. Digital ethics
d. Digital safety



32. Kensep kesenjangan digital dapa awalnya meliputi hal-hal berikut ini, kecuali…
a. Kemampuan memiliki perangkat
b. Kemampuan mengoperasikan perangkan
c. Kemampuan berbagi pesan digital 
d. Kemampuan mendapatkan akses dan perangkat



33. Kegagalan dalam mengoperasikan teknologi adalah salah satu ciri dari…
a. Digital immigrant
b. Digital savvy
c. Digital native
d. Digital outlaw




34. Beberapa istilah bari terkait perkembangan ICT terkait model pembelajaran adalah sebagai berikut, kecuali…
a. Webschool
b. E- learning
c. Distance learning
d. User generated content




35. Pengamalan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam lingkup literasi digital dalam lanskap digital adalah…
a. Non-diskriminatif dalam berinteraksi didunia digital
b. Menumbuhkan cinta kepada Indonesia dengan stop hate speech
c. Memiliki pemahaman multi-perspektif terkait keyakinan  user
d. Menerapkan etiket dan perlaku baik sebagai warga digital




36. Produksi konten yang berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika setidaknya memenuhi karakteristik;
a. Terlihar dalam komunitas digital atau kampanye digital yang diperoleh jejaring program maupun target sasaran yang beragam.
b. Cinta kasih, keselarasan, harmoni dalam keberagaman, demokrasi dan kekeluargan.
c. Pernyertaan sikap yang memodifikasi aktivitas digital.
d. Jumlah komunitas digital dan atau aktivitas digital yang diinisiasi, dikelola dan dipimpin cukup signifikan.




37. Akuntabilitas memiliki 5 tingkatan yang berbeda, tingkatan terendaj akuntabilitas yaitu…
a. Akuntabilitas personal
b. Akuntabilitas kelompok
c. Akuntabilitas sakeholder
d. Akuntabilitas organisasi




38. Berikut merupakan contoh stakeholder (Pihak Terkait) eksternal dalam penyelenggaraan pelayanan publik, kecuali…
a. Pembayaran pajak
b. Penguna layanan
c. Petugas administrasi perizinan
d. Masyarakat umum




39. Salah satu citi pribadi yang akuntabel adalah…
a. Menjadikan dirinya sebagai bagian dari solusi bukan dan masalah
b. Mecari keuntungan pribadi dari setiap kegiatan yang dilakukan
c. Mencari perhatian pimpinan untuk memperoleh kesempatan promosi jabatan
d. Melakukan Tindakan indisipiner tanpa diketaui




40. Fungsi akuntabilitas untuk mencegah korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan menurut Bovens(2014) disebut sebagai…
a. Peran demokrasi
b. Peran konstitusional
c. Peran belajar
d. Peran evaluatif



41. Rencana pembangunan jangka panjang (RPJP-D), menengah (Rencana pembangunan jangka menengah/RPJM-D) dan tahunan (rencana kerja pemerintaj/RKP-D), merupakan contoh alat akuntabilitas di Indonesia pada aspek…
a. Perencanaan strategis
b. Alokasi anggaran
c. Kontrak kinerja
d. Laporan kinerja




42. Dalam menciptakan lingkungan kerha yang akuntabel, diperlukan integrasi institusi dengan tujuan sebagai berikut, kecuali…
a. Meningkatkan kepercayaan publik atau stakeholders
b. Meningkatkan kualitas kerja individu maupun institusi
c. Menciptakan lingkungan kerja yang hipokrasi
d. Meminimalisir praktek korupsi, kolusi dan nepotisme





43. Akuntabilitas merupakan kontrak antara dua belah pihak yang memiliki ciri sebagai berikut, kecuali…
a. Akuntabilitas eksternal
b. Akuntabilitas interaksi
c. Hubungan kekuasaan struktural
d. Hubungan internal





44. Pelopor pergerakan kaum Wanita pertama di Indonesia adalah…
a. Dewi sartika
b. Christina Martha Tiahahu
c. Cut Nyak Dien
d. R.A Kartini




1

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL