IKLAN HEADER

 Download Pedoman  OSN dan O2SN Jenang SD/MI Tahun 2023 

Susirahayu99.blogspot.com||  Download Pedoman OSN dan O2SN Jenang SD/MI Tahun 2023  ~ Dalam upaya mengambangkan talenta dan prestasi peserta didik jenjang SD/sederajat di bidang sains, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), menyelenggarakan ajang talenta Olimpiade Sains Nasional (OSN) bagi  peserta didik Sekolah Dasar dan/atau yang sederajat tahun 2023.


DOWNLOAD PEDOMAN  OSN DAN O2SN JENJANG SD/MI TAHUN 2023
DOWNLOAD PEDOMAN  OSN DAN O2SN JENJANG SD/MI TAHUN 2023


Ajang OSN merupakan salah satu wujud dari implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggara Pendidikan dan sekaligus merupakan cara mengidentifikasi talenta di bidang sains melalui pendekatan kompetisi. Telah lebih dari 2 (dua) dekade OSN diselenggarakan. 



Pada 3 (tiga) tahun terakhir, karena kondisi pandemi, OSN diselengarakan secara daring. Antuasiasme siswa SD untuk tetap berprestasi di tengah situasi pandemi terlihat tetap terjaga. 


Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika dan Ilmu  Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. 



Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini. Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. 


Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan



OSN telah menjadi wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreatif, dan berkemampuan berpikir kritis, sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri.


Pada tahun ini OSN SD pada beberapa tahapan dilakukan tetap secara daring, dan yang terbaik akan diundang untuk berkompetisi secara luring pada tingkat nasional. Pedoman ini disusun untuk menjadi acuan para peserta didik dalam mengikuti OSN tahun ini.


Disamping itu dengan pedoman ini, guru, kepala sekolah/pengawas, pemerintah daerah dan orang tua dapat ikut membimbing dan mendorong peserta didik untuk meraih prestasi. 


Dalam kebijakan dan program Manajemen Talenta Nasional (MTN) dan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi bagian dari melaksanakan tugas pengembangan talenta bidang olahraga. 



Dalam hal ini, peran yang dilaksanakan oleh Kemendikbudristek adalah menyiapkan bibit-bibit talenta olahraga yang bersumber dari peserta didik yang memiliki minat dan bakat di bidang olahraga. 


Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) kemudian bertugas melakukan identifikasi, pengembangan, dan aktualisasi untuk menghasilkan peserta didik berprestasi di bidang olahraga. Salah satu yang dilakukan adalah memprogramkan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) setiap tahun pada semua jenjang pendidikan. 


Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, untuk pulih sepenuhnya dari keterpurukan karena pandemi, setelah adaptasi terobosan pelaksanaan O2SN di masa pandemi, pada tahun ini BPTI kembali akan melakukan ajang talenta O2SN dalam berbagai cabang, untuk jenjang SD/MI atau yang sederajat, secara luring bertahap dan secara hibrid.



Pelaksanaan melalui mekanisme luring secara bertahap diharapkan dapat  menjadi berita baik untuk anak-anak Indonesia yang sudah merindukan untuk dapat berinteraksi dan berekspresi seutuhnya, sekaligus menjalin persahabatan antar talenta emas bangsa. 



O2SN-SD dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional. Cabang olahraga yang dilombakan/dipertandingan meliputi :  

1. Atletik; 

2. Renang;

3. Bulutangkis; 

4. Pencak Silat, dan 

5. Karate, dan 

6. Senam. 


O2SN bagian integral dalam membangun generasi emas Indonesia. 

Pedoman ini disusun untuk memberikan gambaran kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan panitia dalam melaksanakan tugas dan koordinasi serta pengambilan kebijakan lebih lanjut, baik yang bersifat teknis maupun administratif. 


Dengan demikian, diharapkan semua pihak yang terkait dalam penyelenggaraan O2SN dapat memahaminya sehingga ajang ini dapat terselenggara dengan lancar dan baik.


Bagi Anda yang memerlukan Pedoman OSN dan O2SN Jenang SD/MI Tahun 2023 dapat anda unduh pada link di bawah ini

DOWNLOAD PEDOMAN  OSN  JENJANG SD/MI TAHUN 2023 

DOWNLOAD PEDOMAN  O2SN JENJANG SD/MI TAHUN 2023 


Semoga informasi berkaitan dengan  Pedoman OSN dan O2SN Jenang SD/MI Tahun 2023 dapat memberikan manfaat bagi kita semua.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL