IKLAN HEADER

Peraturan memiliki pengertian yang lebih luas daripada norma. Peraturan adalah tatanan, petunjuk atau ketentuan yang dibuat untuk mengatur.  Peraturan biasanya dibuat secara tertulis dan memiliki sanksi jika dilanggar.  Sanksi berupa teguran  atau hukuman baik hukuman kurungan atau penjara maupun denda.  Sanksi kurungan atau denda diputuskan melalui pengadilan.


Sebagai negara yang berdaulat, Indonesia memiliki konstitusi.   Konstitusi adalah  segala ketentuan dan aturan mengenai ketatanegaraan.  Undang-undang dasar 1945 ( UUD 1945) adalah konstitusi negara Indonesia.  UUD 1945 merupakan sumber hukum tertinggi di Indonesia.  UUD 1945 memuat aturan-aturan bernegara dan bermasyarakat.  Pelanggaran terhadap undang-undang negara akan mendapatkan hukuman. 




Undang-undang negara dibuat untuk kepentingan seluruh warga negara.  undang-undang negara yang berisi aturan-aturan bernegara dan bermasyarakat itu diberlakukan agar kehidupan berlangsung tertib, teratur, serta bermanfaat bagi seluruh warga negara.  Contohnya aturan berlalu lintas di jalan raya.  Coba bayangkan jika tidak ada aturan di jalan raya.  Lalu lintas di jalan pasti berlangsung kacau balau dan berpotensi menimbulkan keonaran atau keributan.   Orang akan bertindak semaunya sendiri.  Orang yang kuat Menindas orang yang lemah.  Suasana seperti itu sangat tidak nyaman,  bahkan sangat membahayakan.



  Aturan yang ditaati akan memberikan manfaat antara lain sebagai berikut:  

1 Turut menciptakan lingkungan yang tertib dan teratur.

Dengan mematuhi aturan seseorang turut menciptakan lingkungan yang tertib dan teratur.  tidak ada orang yang bertindak sesuka hati sendiri.   Tidak ada orang yang  berperilaku sewenang-wenang kepada orang lain.  semua orang akan merasa nyaman jika tinggal di tengah-tengah masyarakat yang kondusif dan disiplin.


 2.   Menjaga keamanan Diri sendiri dan orang lain

Kesadaran seseorang sangat diperlukan untuk menaati  aturan.  Kesabaran setiap orang dibutuhkan demi tegaknya peraturan.  semua orang harus yakin bahwa peraturan harus dipatuhi itu memiliki tujuan yang sangat penting,  termasuk menyangkut masalah keselamatan.  Tidak hanya keselamatan diri sendiri, tapi juga keselamatan orang lain.  contohnya dengan mematuhi aturan berlalu lintas seseorang turut mencegah adanya kecelakaan yang tidak hanya  menyangkut keselamatan dirinya sendiri tapi juga keselamatan orang lain.


3.  Membuat bahagia

Suasana lingkungan yang tertib  teratur dan nyaman akan terjadi jika  semua orang mematuhi peraturan.  Lingkungan yang tertib,  teratur, dan nyaman akan menciptakan tenang dan tentram.   Rasa tenang dan tentram akan menumbuhkan rasa  bahagia pada  diri setiap orang..


  1.  Peraturan adalah………..
  2.  Pelanggaran terhadap undang-undang negara akan………..
  3. Undang-undang negara  yang berisi aturan aturan bernegara dan bermasyarakat diberlakukan agar kehidupan berlangsung……..
  4.  Jika tidak ada aturan Lalu lintas di jalan  akan berlangsung………
  5.  Ada 3  manfaat mematuhi aturan yaitu…..
Jawaban
1. Tatanan, petunjuk atau ketentuan yang dibuat untuk mengatur.
2. Sanksi / hukuman. 
3. Tertib, teratur, serta bermanfaat bagi seluruh warga negara

4. Kacau balau dan berpotensi menimbulkan keonaran atau keributan

5. 1.Turut menciptakan lingkungan yang tertib dan teratur;  2.   Menjaga keamanan Diri sendiri dan orang lain dan; 3.  Membuat bahagia


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL