IKLAN HEADER

 6 Fakta Menarik Satelit Merah Putih 2, Teknologi Hingga Tujuan


Satelit Merah Putih 2 yang berhasil meluncur ke orbit pada dini hari tadi memiliki berbagai fitur dan target pasar yang spesifik. Apa sajakah itu? Peluncuran ini berlangsung di Cape Canaveral, Florida, AS, pada Selasa (20/2) pukul 15.11 waktu setempat atau Rabu (21/2) pukul 03.11 WIB.


“Alhamdulillah, Satelit Merah Putih 2 telah sukses diluncurkan hari ini dengan mulus. Ini merupakan tonggak penting bagi TelkomGroup terutama dalam mendukung tercapainya pemerataan akses konektivitas di seluruh Indonesia termasuk di daerah 3T,” ujar Direktur Utama Utama Telkom Ririek Adriansyah dari Florida, seperti dikutip dari rilis resminya.


Apa sajakah hal unik dari satelit ini? Berikut fakta-faktanya:


Berkolaborasi dengan SpaceX


Satelit Merah Putih 2 menggunakan kendaraan peluncur satelit roket Falcon 9 milik SpaceX, perusahaan milik orang terkaya dunia versi Forbes Elon Musk.


Roket ini merupakan jenis wahana ulang alik yang bisa digunakan kembali karena bisa mendarat dengan kontrol yang akurat dan tidak terbuang sia-sia ke laut setelah dipakai.


Sebagai hasilnya, peluncuran Satelit Merah Putih 2 menjadi misi ke-300 untuk roket tersebut.


Teknologi dan cakupan Satelit Merah Putih 2 merupakan satelit ke-11 sekaligus satelit pertama TelkomGroup yang menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) atau yang juga dikenal dengan broadband satelit.


Satelit ini diluncurkan dengan roket Falcon 9 dan akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT).


Dengan kapasitas hingga 32 Gbps, Satelit Merah Putih 2 membawa transponder aktif frekuensi C-band dan Ku-band, yang akan menjangkau seluruh area Indonesia.


Direktur Utama Telkomsat Lukman Hakim Abd Rauf menyatakan teknologi HTS merupakan teknologi dengan desain cakupan area di bumi yang berukuran kecil tapi banyak (multi-spots beam).


Dengan demikian, satelit dapat menghasilkan kekuatan pancar satelit yang besar di suatu area yang diliputi beam tersebut. Kekuatan pancar satelit ini sejajar dengan besarnya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL