IKLAN HEADER

 CONTOH JURNAL TOPIK 2  PILOTING PPG GURU TERTENTU TAHAP 1 2 3

susirahayu99.blogspot.com|| Contoh Jurnal Topik 2 Piloting PPG Guru Tertentu Tahap 1 2 3 ~ Sebagai tugas akhir pada kegiatan piloting PPG Guru Tertentu tahap 1 2 3peserta diharuskan membuat jurnal dan untuk diupload pada aplikasi PMM.



Berikut ini adalah Contoh Jurnal Topik 2 Piloting PPG Guru Tertentu Tahap 1 2 3. Untuk file microsoft word dapat anda unduh pada bagian bawah artikel ini. 


Contoh Jurnal Topik 2


JURNAL PEMBELAJARANKU – PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

AKSI NYATA : PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL, APA DAN BAGAIMANA MENERAPKANNYA?

Oleh

………………, S.Pd

MAHASISWA PPG GURU TERTENTU 2024

UNIVERSITAS NEGERI …….

TOPIK 2

PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL: APA DAN BAGAIMANA MENERAPKANNYA?

 

Tugas: Melakukan Aksi Nyata

 

·     Lihatlah Rencana Pembelajaran atau Modul Ajar yang telah dibuat dan diberikan umpan balik. Perbaiki Rencana Pembelajaran atau Modul Ajar tersebut sesuai dengan umpan balik yang diberikan.

·     Terapkan Rencana Pembelajaran atau Modul Ajar tersebut di kelas Bapak/Ibu masing-masing.

·     Mintalah rekan sejawat atau kepala sekolah Bapak/Ibu untuk mengobservasi kelas Bapak/Ibu dan kemudian mintalah umpan balik dari mereka atas pembelajaran tersebut.

·     Setelah selesai implementasi, buatlah refleksi atas penerapan rencana pembelajaran tersebut dengan menggunakan kerangka refleksi dari Driscoll (2007) berikut ini:

 

Tabel 5. Kerangka Refleksi

 

What/Apa? (Deskripsi dan kesadaran-diri)

 

So What/ Lalu Apa?

 

 

Now What/ Sekarang Apa?

 

KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA

Nama Guru                           :    ……….., S.Pd.           

Satuan Pendidikan               :    SMP Negeri ……………

Kelas / Fase                          :    VIII (Delapan) / D

Mata Pelajaran                     :    Ilmu Pengetahuan Sosial

Prediksi Alokasi Waktu        :    2 x 40 menit

Tahun Pelajaran                   :     2024 / 2025

 

CP (Capaian Pembelajaran)

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami dan memiliki kesadaran akan keberadaan diri dan keluarga serta lingkungan terdekatnya. Ia mampu menganalisis hubungan antara kondisi geografis daerah dengan karakteristik masyarakat serta memahami potensi sumber daya alamnya. Ia juga mampu menganalisis hubungan antara keragaman kondisi geografis nusantara terhadap pembentukan kemajemukan budaya. Ia mampu memahami bagaimana masyarakat saling berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Ia mampu menganalisis peran pemerintah dan masyarakat dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Peserta didik juga mampu memahami dan memiliki kesadaran terhadap perubahan sosial yang sedang terjadi di era kontemporer. Ia dapat menganalisis perkembangan ekonomi di era digital. Peserta didik memahami tantangan pembangunan dan potensi Indonesia menjadi negara maju. Ia menyadari perannya sebagai bagian dari Masyarakat Indonesia dan dunia di tengah isu-isu regional dan global yang sedang terjadi dan ikut memberikan kontribusi yang positif

Tujuan Pembelajaran

1.     Peserta didik mampu mengidentifikasi masalah perubahan kondisi geografis yang berpengaruh terhadap karakteristik masyarakat di daerahnya.

2.      Peserta didik mampu menjelaskan dampak perubahan musim yang berpengaruh terhadap hasil panen apel menurun di daerahnya.

Pemahaman Bermakna

Perubahan kondisi geografis/perubahan musim mempengaruhi karakteristik masyarakat dalam memanfaatkan potensi sumber daya alam di daerahnya.

Persiapan pembelajaran

1.     Menyiapkan link video dan artikel yang bisa diakses lewat gawai peserta didik  tentang kondisi geografis (mengenai  video dan artikel guru dapat menentukan sesuai daerah sekitar siswa)

2.     Menyiapkan artikel dan lembar kerja peserta didik (diprint dari perangkat ajar ini sesuai jumlah siswa).

3.     Menyiapkan asesmen dan presensi peserta didik.

4.     Menyiapkan alat dan bahan.

5.     Guru membagi peserta didik menjadi kelompok ( satu kelompok teridiri 5-6 kelompok)

Kegiatan Pembelajaran (2JP / 80 Menit)

Pendahuluan (10 menit)

·     Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam dan doa sebagai ucapan syukur serta presensi peserta didik.

·     Guru memulai pembelajaran dengan salam dan sapa yg hangat dan ramah kepada semua siswa

·     Guru mengajak siswa melakukan aktvitas relaksasi singkat dengan melakukan pernapasan dalam.

·     Guru melakukan apersepsi menanyakan pembelajaran yang sebelumnya dan motivasi serta menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·     Guru menjelaskan langkah-langkah pembelajaran yang akan dilakukan

 

Kegiatan Inti (65 Menit)

Orientasi Peserta didik pada Masalah

·     Peserta didik membentuk kelompok setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang.

·     Peserta didik mengamati video dan membaca artikel:

1.      Video: petani apel kota batu terancam gagal panen akibat cuaca. Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=v7Lcp2BDdz0

2.      Artikel: Petani Apel Kota Batu Terancam Gagal Panen Akibat Cuaca. Sumber: http://agropolitan.tv/petani-apel-kota-batu-terancam-gagalpanen-akibat-cuaca

 

PETANI APEL KOTA BATU TERANCAM GAGAL PANEN AKIBAT CUACA

Hujan yang mulai mengguyur kawasan Kota Batu selama beberapa hari terakhir, membuat petani apel di Kota Batu khawatir. Pasalnya, sebagian bunga buah apel yang mulai bermekaran di perkebunan mulai rontok diguyur hujan. Akibatnya, petani terancam tidak panen secara maksimal bahkan bisa gagal panen secara keseluruhan. Musim hujan mungkin menjadi petaka bagi para petani apel di sentra perkebunan apel Kota Batu khususnya di desa tulungrejo kecamatan bumiaji Kota Batu .

 

Hal ini dikarenakan turunnya hujan yang terus menerus melanda Kota Batu, yang  membuat bunga buah apel yang mulai bermekaran di perkebunan mulai rontok diguyur hujan. Bahkan,tanaman apel baik batang maupun buah juga rawan terserang penyakit dan hama seperti kutu sisik saat musim hujan datang. Adapun jenis apel yang mudah terserang penyakit tersebut ialah apel manalagi .

 

Para petani memprediksi hampir 50 persen lahan apel di desa tulungrejo bumiaji akan gagal panen di tahun ini.  Selain itu, ditengah kondisi seperti sekarang ini, harga apel juga sedang anjlok di kisaran harga 10-12 ribu per kilogram. hal ini juga membuat para petani apel terancam mengalami kerugian hingga ratusan juta. Hariyanto petani apel desa tulungrejo mengaku tahun ini kemungkinan petani apel akan gagal panen lagi, karena cuaca yang tidak bersahabat. Tahun lalu petani apel terpaksa merugi lantaran serangan angin kencang yang membuat hamper seluruh petani apel gagal panen.

 

Senada Utomo satu petani apel di desa tulungrejo, utomo mengatakan apabila tahun ini memang gagal panen , kerugian yang dialami petani bisa mencapai 50 hingga 75% . mengingat para petani juga tak hanya sekali mengalami kerugian yang mencapai 75 % .

 

Meski begitu, para petani tetap mencoba meminimalisir kerugian dengan melakukan penyemprotan desinfektan. selain itu juga melakukan pemilahan apel yang masih layak untuk diolah menjadi keripik apel untuk pohon yang sudah berbuah. dan yang tak layak, petani terpaksa menjadikan apel busuk sebagai pupuk kompos.

 

Mengorganisasikan Peserta didik untuk Belajar

·     Peserta didik diarahkan untuk berdiskusi dan berkaloborasi untuk  mencari data/bahan/sumber dalam memecahkan masalah.

·     Diskusi dilakukan dalam kelompok terdiri  5-6 orang

 

 

Membimbing Penyelidikan

·     Peserta didik secara berkelompok diarahkan untuk menganalisis data yang  diperoleh sebagai bahan pemecahan masalah dari video dan artikel yang mereka amati.

·     Peserta didik secara aktif melakukan diskusi.

 

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

·     Peserta didik membuat powerpoint hasil diskusi mengenai masalah yang ada di video dan artikel.

·     Peserta didik secara berkelompok membuat poster bertema “lindungi bumiku”

·     Peserta didik secara berkelompok menarik kesimpulan dari hasil analisisnya dan mempresentasikannya.

·     Presentasi dilakukan oleh perwakilan kelompok

 

Menganalisis dan Mengevaluasi Proses Pemecahan Masalah

·     Peserta didik meyimpulkan, menuliskan kesan dan kendala yang mereka alami selama proses pemecahan masalah secara individu tidak lagi dengan kelompok.

·     Peserta didik mendapatkan feedback dari guru ketika berinteraksi dengan guru dan teman-temannya

Penutup (10 menit)

·    Peserta didik dengan bimbingan guru melakukan refleksi pembelajaran.

·    Peserta didik menerima feedback atas hasil belajarnya.

 

 

Asesmen (rubrik terlampir)

·      Sikap: Observasi (Profil Pelajar Pancasila 3 dimensi  kreatif, Bergotong Royong, Bernalar Kritis )

·      Pengetahuan : Tes Tertulis (Penugasan analisis masalah berbentuk uraian)

·      Peforma: Penilaian Kinerja (Diskusi dan Presentasi)

·      Produk

Pertanyaan Pemantik

1.      Apa kondisi geografis?

2.      Apa yang menyebabkan  perubahan musim di daerahmu?

3.      Bagaimana sikapmu terhadap  perubahan musim di sekitar rumahmu?

4.      Apa dampak yang ditimbulkan dari perubahan musim?

5.      Apakah sebagian besar mata pencaharian masyarakat di daerahmu?

6.      Bagaimana jika perubahan musim merusak tanaman apel dan menurunkan hasil panen apel?

7.      Bagaimana cara mengurangi dampak perubahan musim di daerahmu?

 

Kegiatan Pengayaan dan Remidial

Pengayaan bagi peserta didik  berpencapain tinggi.

1.      Peserta didik diberikan kegiatan untuk membuat  mindmapping tentang materi kondisi geografis dan pengaruhnya terhadap kehidupan.

 

Remidial bagi peserta didik berpencapain rendah.

2.     Peserta didik mengulang kembali kegiatan diskusi materi kondisi geografis dan pengaruhnya terhadap kehidupan.Dilakukan secara mandiri tetapi dengan dampingan guru di luar jam pelajaran regular seperti sepulang sekolah

Refleksi Guru

1.        Apakah kesulitan guru saat melakukan pembelajaran hari ini ?

2.       Bagaimana cara guru mengatasi kesulitan pembelajaran hari ini ?

3.       Kalau belum mencapai tujuan pembelajaran apa cara yang dilakukan guru ?

4.       Apa hal  berbeda yang akan dilakukan guru pada saat pembelajaran berikutnya ?

Refleksi siswa

1.     Apakah ada kesulitan pada pembelajaran menemukan permasalahan  pengaruh kondisi geografis terhadap penurunan hasil panen apel dilingkungan daerah sekitarmu?

2.     Apakah kalian senang pembelajaran hari ini ?

3.  Apakah hal yang paling sulit ketika melakukan pembelajaran hari ini ?

4. Bagaimana cara kalian mengatasi kesulitan tersebut

 

 

 

 

Refleksi

 Nama :

 Kelas:

 No. Presensi:

 

1.      Apa hal baru yang sudah anda peroleh dalam kegiatan ini?

2.      Apa saja kesulitan yang muncul dalam kegiatan ini?

3.      Siapa saja yang membantu anda dalam kegiatan tersebut?

4.      Secara keseluruhan kegiatan mulai awal sampai akhir kegiatan pilihlah dengan melingkari ekspresi di bawah ini!

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Nama Anggota Kelompok :……………………………

 : ………………...…………                                                 : ………………...…………

 : ……………..……………                                                   : ………………...…………

  :…………………………..                                                   : ………………...…………

Kelas / No. Absen : …………........………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ayo Membaca

             KONDISI GEOGRAFIS INDONESIA

1. Letak Astronomis

Letak astronomis adalah letak suatu tempat dilihat dari posisi garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis imajiner yang membentang horisontal melingkari bumi sedangkan garis bujur merupakan garis imajiner yang melingkari bumi secara vertikal. Garis Lintang dan Bujur dibagi menjadi dua yaitu Garis Lintang Utara dan Garis Lintang Selatan yang dibatasi oleh garis ekuator(khatulistiwa) dan Garis Bujur Barat dan dan Bujur Timur yang dibatasi oleh Greenwich Mean Time. Letak Astronomis Indonesia adalah 6˚ LU (Lintang Utara) - 11˚ LS (Lintang Selatan) dan antara 95˚BT (Bujur Timur) - 141˚ BT (Bujur Timur). Jika dilihat dari posisi astronomis Indonesia terletak di kawasan iklim tropis dan berada di belahan timur bumi.

 

Indonesia berada di kawasan tropis, hal ini membuat Indonesia selalu disinari matahari sepanjang tahun. Di Indonesia hanya terjadi dua kali pergantian musim dalam setahun yaitu musim kemarau dan hujan. Negara-negara yang memiliki iklim tropis pada umumnya dilimpahi alam yang luar biasa. Curah hujan tinggi akan membuat tanah menjadi subur.flora dan fauna juga sangat beraneka ragam. Sedangkan pengaruh dari letak dilihat dari garis bujur, maka Indonesia memiliki perbedaan waktu yang dibagi menjadi tiga daerah waktu yaitu Indonesia bagian timur (WIT),Indonesia bagian tengah(WITA), dan Indonesia bagian barat(WIB).

 

2. Letak Geografis

Letak geografis Indonesia secara geografis, Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Pengaruh letak geografis Indonesia letak geografis memengaruhi berbagai kondisi, mulai dari wilayah, iklim, hingga kehidupan sosial dan budaya di Indonesia. Secara umum pengaruh letak geografis terhadap musim di Indonesia antara lain:

 

1. Adanya musim hujan dan musim kemarau Akibat letak geografisnya, Indonesia terjadi angin muson sebanyak dua kali setahun. Angin muson yang menyebabkan Indonesia memiliki dua musim, hujan (basah) dan kemarau (kering). Terdapat dua jenis angin muson yang melewati Indonesia setiap tahunnya, yaitu angin muson barat dan angin muson timur.

 

a. Angin muson barat bersifat basah yang bertiup dari Benua Asia ke Australia. Angin ini biasanya terjadi selama bulan Oktober hingga april. Karena sifatnya yang basah, angin muson barat menyebabkan sebagian besar wilayah Indonesia dilanda musim hujan.

b. Sementara angin muson timur bersifat kering yang bertiup dari Benua Australia ke Benua Asia. Angin ini bertiup melewati Indonesia mulai bulan April hingga Oktober. Karena sifatnya yang kering, angin muson timur menyebabkan sebagian besar wilayah Indonesia dilanda musim kemarau.

 

2. Memiliki wilayah yang strategis Karena letaknya yang diapit oleh dua benua dan dua Samudra besar, Indonesia disebut memiliki wilayah yang strategis. Wilayah Indonesia termasuk dalam jalur perlintasan internasional baik laut maupun udara. Hal ini mendukung perkembangan ekonomi Indonesia, terkhusus pada zona ekonomi eksklusif (ZEE) yang membentang sejauh 200 mil dari garis pantai Indonesia.

 

3. Memiliki kehidupan sosial dan budaya yang beragam Menurut e-book Geografi Regional Indonesia, letak geografis juga berpengaruh pada kondisi sosial dan budaya di Nusantara. Hal ini disebabkan Indonesia yang terletak di Benua Asia dan menerima pengaruh dari budaya benua tersebut. Kemudian seiring berjalannya waktu, kebudayaan yang memengaruhi wilayah Indonesia berkembang, mulai dari kebudayaan Eropa hingga Amerika.

Gambar Peta Indonesia

Sumber : https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5705288/4-keuntungan-letak-geografisindonesia-apa-saja

 

 

 

 

 

 

 

Keuntungan Letak Geografis Indonesia

1. Persimpangan lalu lintas dunia

Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra memungkinkan menjadikan

negara ini sebagai persimpangan lalu lintas dunia baik udara maupun laut. Indonesia

menjadi titik persilangan kegiatan perekonomian dunia, antara perdagangan negara-negara industry dan negara-negara di Asia, Afrika dan Eropa.

 

2. Memiliki tanah subur

Indonesia memiliki tanah yang subur karena mendapatkan banyak sinar matahari dan

curah hujan yang tinggi. Selain itu, Indonesia juga berada di kawasan cincin api pasifik

yang merupakan gugusan gunung berapi di Samudera Pasifik.

 

3. Banyak pengaruh budaya

Dilansir dalam situs Kementerian Luar Negeri, keuntungan dari letak geografisnya ialah Indonesia memiliki pengaruh berbagai kebudayaan dan peradaban dunia serta secara alami dipengaruhi oleh angin musim.

 

3. Perubahan iklim

Perubahan iklim yang sudah terjadi dan terus berlangsung ini merupakan  kenyataan yang harus dihadapi bumi kita. Penelitian WWF menunjukkan bahwa 33 % habitat di seluruh muka bumi terancam, bahkan beberapa tanaman dan spesies hewan telah menghadapi kepunahan. Beruang kutub misalnya, merupakan salah satu spesies yang terancam jika permukaan es samudera Artic terus mencair secara drastis. Bencana alam seperti banjir, badai dan kekeringan semakin sering terjadi. Di musim panas 2002/2003, Australia mengalami kekeringan terparah yang pernah di alami, diikuti kebakaran hutan terburuk sepanjang abad.

 

 

 

 

 

 

 

 

Ayo Berdiskusi

 

 

 

1) Bacalah ringkasan materi yang ada di LKPD.

2) Ikuti langkah-langkah yang ada di LKPD.

3) Amati video dan bacalah artikel

• Video: petani apel kota batu terancam gagal panen akibat cuaca. Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=v7Lcp2BDdz0

• Artikel: Petani Apel Kota Batu Terancam Gagal Panen Akibat Cuaca. Sumber:

http://agropolitan.tv/petani-apel-kota-batu-terancam-gagal-panen-akibat-cuaca

4) Buatlah kelompok diskusi dengan teman sekelas kalian. Anggota kelompok berjumlah   

    5-6 anggota.

5) Lakukan kegiatan diskusi bersama kelompok. 

6) Bersama kelompokmu pecahkan masalah dibawah ini,

a. Bagaimana menurut pendapatmu mengenai tayangan video!

b. Bagaimana menurut pendapatmu mengenai artikel!

c. Bagaimana mengatasi perubahan musim yang ada di daerahmu!

d. Menurut pendapat kelompokmu, bagaimana cara mengatasi dampak yang  di timbulkan

    oleh perubahan musim!

7) Tulislah hasil diskusi di HVS !

 

 

 

 

 

 

 

NO

MASALAH

HASIL DISKUSI

1

Bagaimana menurut pendapatmu mengenai tayangan video!

 

2

Bagaimana menurut pendapatmu mengenai artikel!

 

3

Bagaimana mengatasi perubahan musim yang ada di daerahmu!

 

4

Menurut pendapat kelompokmu, bagaimana cara mengatasi dampak yang di timbulkan oleh perubahan musim!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ayo Mengerjakan

 

 

MEMBUAT MEDIA PRESENTASI KARTON

Alat :  Karton

Bahan : Video, Artikel ,  hasil diskusi kelompok 

1 Bacalah ringkasan materi yang ada di LKPD.

2 Ikuti langkah-langkah yang ada di LKPD.

3 Buatlah Persentasi pada kertas karton

4 Salinlah hasil diskusi kalian ke kertas karton

5 Lengkapi Tampilan persentasi pad kertas karton dengan: 

a. Judul materi, 

b. Anggota kelompok, 

c. Ringkasan isi video dan artikel

d. Pembahasan video dan artikel

e. Solusi dan pemecahan masalah

f. Saran dan penutup

6. Buat sesuai dengan kreatifitas kelompok

7. Berilah gambar-gambar yang sesuai dengan materi yang di bahas kelompok.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ayo Persentasi dan pameran poster

 

 

 

 

 

 

 

1.      Bacalah ringkasan materi yang ada di LKPD.

2.      Ikuti langkah-langkah yang ada di LKPD.

3.      Presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas  Pilih salah satu anggota kelompok kalian sebagai perwakilan dalam menyampaikan hasil diskusi.  

4.      Nilailah anggota kelompok yang presentasi.

5.      Pajanglah hasil poster kelompok kalian di dinding kelas.

6.      Kelompok berkeliling untuk melihat dan memberikan apresiasi terhadap poster kelompok lain.

7.      Memberikan nilai dan catatan di kertas posit di  poster kelompok lain

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RUBRIK PENILAIAN KONDISI GEOGRAFIS

ASPEK

MULAI BERKEMBANG

BERKEMBANG

MAHIR

SANGAT MAHIR

1

2

3

4

Isi Pemecahan

masalah

Peserta didik

kurang mampu

merumuskan cara

mengidentifikasi

masalah perubahan

kondisi geografis

terhadap potensi

SDA.

Peserta didik

membuat sedikit

pemecahan masalah

Peserta didik

mampu merumuskan

cara

mengidentifikasi

masalah perubahan

kondisi geografis

terhadap potensi

SDA.

Peserta didik

membuat

pemecahan masalah

terlalu panjang.

Peserta didik

mampu merumuskan

cara

mengidentifikasi

masalah perubahan

kondisi geografis

terhadap potensi

SDA.

Peserta didik

membuat

pemecahan masalah

singkat, padat, dan

jelas.

Peserta didik

mampu merumuskan

cara

mengidentifikasi

masalah perubahan

kondisi geografis

terhadap potensi

SDA.

Peserta didik

membuat

pemecahan masalah

singkat, padat, dan

jelas.Dan diberikan

contoh-contoh

Penyampaian

Pesan

Pesan tidak dapat

ditangkap pembaca

Pesan

sulitditangkap

pembaca

Pesan cukup mudah

ditangkap pembaca

Pesan sangat mudah

ditangkap pembaca

Tampilan Kertas Karton hasil diskusi

Pesan tidak dapat

ditangkap jelas

dalam Kertas Karton.

Desain yang dibuat

tidak sesuai dengan

masalah perubahan

kondisi geografis

terhadap potensi

SDA

Pesan dapat

menjadi pusat

perhatian

Elemen tampilan kertas karton

yang digunakan

tidak terlalu sesuai

dengan masalah

perubahan kondisi

geografis terhadap

potensi SDA

Pesan dapat

menjadi pusat

perhatian

Elemen kertas karton yang digunakan

sesuai dengan

masalah perubahan

kondisi geografis

terhadap potensi

SDA

Pesan dapat

menjadi pusat

perhatian

Elemen kertas karton  yang digunakan

sesuai dengan

masalah perubahan

kondisi geografis

terhadap potensi

SDA. 

Gambar dan lain-lain

Poster

Pesan tidak dapat

ditangkap jelas

dalam poster.

Poster yang dibuat

tidak sesuai dengan

masalah perubahan kondisi geografis

terhadap potensi

SDA.

Pesan dapat

menjadi pusat

perhatian

unsur poster yang

digunakan tidak

terlalu sesuai dengan masalah

perubahan kondisi

geografis terhadap

potensi SDA

Pesan dapat

menjadi pusat

perhatian

unsur poster yang

digunakan sesuai

dengan masalah perubahan kondisi

geografis terhadap

potensi SDA

Pesan dapat

menjadi pusat

perhatian

unsur poster yang

digunakan sesuai

dengan masalah perubahan kondisi

geografis terhadap

potensi SDA

Komposisi gambar

dan warna seimbang

 

 

Nilai = Jumlah skor maksimal   x  100%

                       12

Keterangan :

1 Siswa mencapai tujuan pembelajaran jika skor diatas capaian

2 Siswa dengan skor di bawah capaian dilakukan perbaikan

 

 

 

 

 

 

UJI KOMPETENSI

 

Kerjakan soal di bawah ini!

1. Jelaskan  pengaruh letak geografis terhadap musim di Indonesia?

 

 

 

 

2. Perhatikan gambar di bawah ini:

 

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5705288/4-keuntunganletak-geografis-indonesia-apa-saja

Berdasarkan gambar tersebut jelaskan penyebab perubahan musim di daerahmu?

 

 

 

 

 

2. Bagaimana sikapmu terhadap perubahan musim di sekitar rumahmu?

 

 

 

 

3. Bagaimana  dampak yang ditimbulkan dari perubahan musim?

 

 

 

 

 

 

 

 

5.Apakah sebagian besar mata pencaharian masyarakat di daerahmu?

 

 

 

6. Bagaimana jika perubahan musim merusak tanaman apel dan menurunkan hasil panen  apel?

 

 

 

 

7. Bagaimana cara mengurangi dampak perubahan musim di daerahmu?

 

 

 

 

 

 

 

GLOSARIUM

Letak astronomis: merupakan letak suatu wilayah berdasarkan garis lintang dan      garis

bujur.

Letak geografis: posisi keberadaan sebuah wilayah berdasarkan letak dan bentuknya

dimuka bumi.

Tropis: kawasan di permukaan Bumi, yang secara geografis berada di sekitar ekuator,

yaitu yang dibatasi oleh dua garis lintang 23.5 derajat LS dan 23.5 derajat LU: Garis

Balik Utara (GBU, Tropic of Cancer) di utara dan Garis Balik Selatan (GBS, Tropic of

Capricorn) di selatan.

Iklim: rata-rata cuaca dimana cuaca merupakan keadaan atmosfer pada suatu saat di

waktu tertentu.

Garis Equator: garis khayal yang membagi bumi menjadi belahan bumi utara dan belahan

bumi selatan.

Cuaca: merupakan keadaan udara yang terjadi di suatu tempat dengan waktu yang

singkat.

Angin muson Timur: angin yang bertiup mulai bulan April sampai Oktober. Angin tersebut

bersifat kering. Karena membawa masa udara kering, dampaknya terjadi musim kemarau

atau panas.

Angin muson Barat: angin yang bergerak dari benua Asia ke Benua Australia. Angin

muson barat berlangsung dari bulan Oktober sampai April dan mengakibatkan musim

hujan di sebagian besar wilayah Indonesia.

 

 

 

 

 

DAFTAR LINK

Video petani apel kota batu terancam gagal panen akibat cuaca. Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=v7Lcp2BDdz0

Artikel Petani Apel Kota Batu Terancam Gagal Panen Akibat Cuaca.

http://agropolitan.tv/petani-apel-kota-batu-terancam-gagal-panen-akibat-cuaca

 

Mengenal Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya pada Musim. https://tirto.id/mengenal-letak-geografis-indonesia-dan-pengaruhnya-pada-musim-gaQd

 Poster https://www.pngwing.com/id/free-png-hyhch 

 

Mengetahui :

………….., September  2024

Kepala Sekolah,

Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

 

 

…………….., M.Si

……………….., S.Pd.

NIP. ……………………….

NIP. ………………..

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

UMPAN BALIK DARI REKAN SEJAWAT

 

 

 

 

 

 

 

KERANGKA REFLEKSI DARI DRISCOLL (2007)

What/Apa? (Deskripsi      dan kesadaran-diri)

So What/ Lalu Apa?

Now What/ Sekarang Apa?

Saya telah menerapkan Modul Ajar Kondisi Geografis Indonesia  pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahua Sosial fase D kelas 8 dengan Pembelajaran sosial emosional

 

Beberapa siswa menonton video di YouTube, sementara yang lain mengamati contoh poster/gambar dan membaca artikel.

 

Saya berusaha memenuhi kebutuhan murid sesuai dengan gaya belajar mereka, akan tetapi ada perbedaan dalam tingkat pemahaman.

 

Saya menyadari bahwa Pembelajaran sosial emosianal  efektif untuk memenuhi kebutuhan belajar yang berbeda, tetapi hal ini menyebabkan variasi dalam pemahaman pada pembelajaran ini

 

Dalam pemahaman konsep, siswa yang menonton video dan membuat poster/gambar lebih cepat, sementara yang membaca artikel membutuhkan lebih banyak waktu.

Saya akan mengintegrasikan diskusi kelompok untuk menyamakan persepsi dan  pemahaman serta  memastikan bahwa setiap siswa dapat mengaitkan informasi dari berbagai sumber. Selain itu, saya juga akan mengevaluasi pembelajaran sosial emosional  agar lebih seimbang dalam pembelajaran-pembelajaran yang masa yang akan datang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DOKUMENTASI

 

  

Dokumentasi Dengan Rekan sejawat

 

 

saya akan bercerita sedikit tentang penalaman berlatih keterampilan kesadaran diri. Saat melaksanakan latihan ini, saya merasa agak tenang dan fokus yang meningkat. saya menjadi lebih peka terhadap pikiran dan perasaan saya, tanpa menghakimi arus emosi. Latihan ini membantu saya untuk lebih tenang dan fokus dalam menghadapi situasi yang menantang.

     Berikut adalah contoh strategi dalam mengimplementasikan PSE dalam pembelajaran dikelas :

1. Pembukaan pembelajaran yang hangat

     - " salam dan sapa ", Guru memulai pembelajaran dengan salam dan sapa yg hangat dan ramah kepada semua siswa.

     - " Check in Emosi ", Guru mengajar siswa untuk berbagi perasaan mereka dengan singkat, misanya dengan dengan menggunakan " circle Teme" / " feeling thermometer"

     - Aktivitas relaksasi, guru mengajak siswa melakukan aktvitas relaksasi singkat seperti ; pernapasan dalam, pereganggan / mendengarkan musik yang menyenangkan.

2.  Kegiatan belajar yang menantang dan berpusat kepada peserta didik.

       a. Pembelajaran berbasis proyek

            - Guru memberikan proyek yang mennatang siswa untuk bekerja    sama, memecahkan masalah dan memggabungkan ketrampilan sosial.

       b. Diskusi kelompok

           Guru memfasilitasi diskusi kelompok yang mendorong siswa untuk berpendapat, mendengarkan, dan menghargai pendapat orang lain.

       c. Drama dan Role Playing

           Guru menggutamkan drama, untuk membantu memahami dan mempraktekkan ketrampilan sosial seperti komunikasi asertif, empati, dan resolusi konflik.

      d.  Mindfullness break

           Guru memberikan jeda singkat untuk melakukan latihan mindfullness seperti , pernapasan dalam, / meditasi singkat.

3. Penutupan yang optimistik

     # Refleksi, guru mengajak siswa untuk merefleksiksn pembelajaran hari itu dan berbagi apa yg mereka pelajari.

     # Apresiasi, guru memberikan apresiasi kepada siswa atas usaha dan partisipasi mereka dalam pembelajaran.

     # check out emosi, guru mengajak siswa untuk berbagi perasaan mereka dg singkat, misalnya dengan menggunakan feeling thermometer.

     # Kata - kata motivasi, guru memberikan kata - kata motivasi untuk mendorong siswa agar terus belajar dan berkembang.

Dengan menerapkan strategi ini, guru bisa menciptakan lingkungan belajar yang positif dan suportif, yang membantu siswa untuk mengembangkan ketrampilan sosial emosional mereka.

 

 LINK CONTOH JURNAL TOPIK 2  PILOTING PPG GURU TERTENTU TAHAP 1 2 3

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL