IKLAN HEADER

susirahayu99blogspot.com ~ 10 Soal seleksi akademik PPG PGSD materi Pedagogi 2  . Peserta didik dalam suatu kelas atau sekolah memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan yang ada perlu dikelola secara baik. 


Namun jika perbedaan tersebut tidak dikelola secara baik, maka akan menimbulkan permasalahan-permasalahan  dalam pembelajaran. Karakteristik peserta didik banyak ragam yaitu: etnik, kultural, status sosial, minat, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi, perkembangan sosial dan perkembangan moral dan spiritual, dan perkembangan motorik. 

TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 4 , PROFESIONAL MATERI PEMBELAJARAN IPA

TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 3 , PROFESIONAL MATERI PEMBELAJARAN IPS

TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 2, PROFESIONAL MATERI PEMBELAJARAN PKN

TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 1, MATERI PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

KISI KISI SOAL SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD TAHUN 2022

TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 1

TRYOUT SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD BAGIAN 2

PANDUAN UP-UKMPPG DALAM JABATAN BERBASIS DOMISILI TAHUN 2022

1. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf  operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja.  Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan:

A. Media gambar

B. Media benda nyata 

C. Media grafis

D. Media poster

E. Media cetak

 

2. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:

A. Status Sosial

B. Moral

C. Etnik

D. Minat

E. Motivasi 


3. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran  menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatiakan karakteristik peserta didik terutama:

A. Minat

B. Motivasi

C. Etnik

D. Kultural

E. Status social 


4. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan  topik  Tata Surya  melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:

A. Kemampuan awalnya 

B. Motivasi belajarnya

C. Perkembangan sosialnya

D. Perkembangan emosinya

E. Perkembangan motoriknya 


5. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media,  kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena  pertimbangan:

A. Etnik peserta didik 

B. Gaya belajar peserta didik 

C. Gender peserta didik 

D. Minat peserta didik 

E. Kultural peserta didik 

 

6. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik

terutama:

A. Etnik

B. Minat

C. Gender

D. Status social

E. Kultural

 

7. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek: 

A. Motivasi

B. Kultural

C. Sosial

D. Status sosial

E. Etnik 


8. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan: 

A. Akibat perbuatan

B. Persetujuan orang lain

C. Kontrak/imbal jasa

D. Ketertiban sosial

E. Hati nurani  


9. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual,  auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu:  

A. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.

B. Menggunakan program audio dan modul.

C. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.

D. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

E. Menggunakan modul dan powerpoint.

 

10.  Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan

dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan

peserta didiknya untuk melakukan kegiatan:

A. Meronce membuat kalung

B. Menendang bola 

C. Memasang puzzle 

D. Mewarnai pola

E. Menjiplak huruf 

10 SOAL DAN KUNCI JAWABAN SELEKSI AKADEMIK  PPG PGSD MATERI  PEDAGOGI 2

10 SOAL DAN KUNCI JAWABAN SELEKSI AKADEMIK  PPG PGSD MATERI  PEDAGOGI

30 SOAL DAN KUNCI JAWABAN  SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD MATERI PROFESIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA 4

10 SOAL DAN KUNCI JAWABAN  SELEKSI AKADEMIK PPG PGSD MATERI PROFESIONAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA 3



Semoga 10 Soal seleksi akademik PPG PGSD materi Pedagogi 2 dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama

IKLAN BAWAH JUDUL